Home / Admin Sekolah / Guru Honorer / Kenaikan Pangkat / Kurikulum

Jumat, 30 September 2022 - 10:53 WIB

Selain Jadi Guru, Sarjana Pendidikan Bisa Jadi ini, Loh!

Sarjana Pendidikan – Sarjana Pendidikan, disingkat S.Pd., merupakan gelar sarjana di bidang pendidikan yang diberikan kepada lulusan universitas, sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan, atau sekolah tinggi ilmu pendidikan di Indonesia.

Sering kali kita mengira bahwa Sarjana Pendidikan hanya akan menjadi guru, tapi kenyataannya tidak. Selain menjadi guru ada loh pekerjaan yang bisa kita jadikan opsi lain untuk menggunakan apa yang telah kita pelajari selama kuliah. Apa saja itu? Mari kita simak penjelasan di bawah ini

Media Influencer

Saat ini di Indonesia sudah banyak influencer di bidang pendidikan terutama di untuk konten Bahasa Inggris. Selain konten itu, ada konten-konten lain seperti tips-tips belajar, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan masih banyak lagi hal lain di yang bisa dijadikan konten.

Baca juga:   Pendidikan Karakter Peserta Didik di Era Digital
Jurnalis

Dengan ilmu yang diperoleh seorang Sarjana Pendididkan jurusan bahasa bisa melamar untuk menjadi seorang wartawan

Sastrawan

Sarjana Pendidikan bisa menggunakan ilmu yang didapatkan untuk menulis, baik itu buku yang sesuai dengan minatnya atau pun menulis buku untuk mata pelajaran.

Peneliti bidang pendidikan

Berbagai teori pendidikan yang saat ini beredar lahir dari penelitian yang dilakukan dalam lingkungan budaya yang sedikit berbeda dengan Indonesia. Oleh karena itu, perlu beberapa adaptasi dan penyesuaian. Hal ini memberikan peluang untuk bisa mendapatkan teori pendidikan yang sesuai dengan budaya Indonesia, yang tentu saja sangat bermanfaat buat pengembangan pendidikan di Indonesia.

Konsultan pendidikan

Ilmu pendidikan yang telah didapatkan memungkinkan sarjana pendidikan untuk terjun sebagai konsultan pendidikan. Namun, akan lebih baik jika kita sudah terjun ke dunia sekolah dan manajemennya untuk bisa menjadi konsultan pendidikan. Selain itu, sebagai konsultan pendidikan kita juga bisa menjadi narasumber terkait dengan metode-metode baru yang bisa dipakai.

Baca juga:   Menjadi Guru Kreatif Demi Menunjang Pendidikan yang Lebih Modern

Nah, itu dia beberapa profesi yang bisa dijadikan opsi selain guru oleh Sarjana Pendidikan. Semoga kita bisa memanfaatkan ilmu yang telah kita dapatkan untuk memberi yang terbaik kepada dunia pendidikan di Indonesia.

Tingkatkan diri dengan mendaftar sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(IWF)

Share :

Baca Juga

Admin Sekolah

Mengenal LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan)

Kenaikan Pangkat

Angka Kredit Guru PNS Berdasarkan Golongan Dan Unsurnya

Kenaikan Pangkat

Digitalisasi untuk Atasi Hambatan Pendidikan

Guru Honorer

Pentingnya Pembelajaran Social Emotional Learning (SEL) bagi Anak

Admin Sekolah

Dana BOS Kemenag Tahap 2 Siap Dicairkan

Kurikulum

Begini Tahapan dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka

Kenaikan Pangkat

Pentingnya Inovasi Digital Untuk Pengembangan Pendidikan

Guru Honorer

Keuntungan Peserta PPPK Lulus Passing Grade
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.