Home / Media Pembelajaran

Jumat, 18 Maret 2022 - 17:38 WIB

Membuat Presensi Otomatis dengan Google Form dan Spreadsheet

Membuat presensi otomatis dengan Google Form dan SpreadsheetProses membuat presensi otomatis dengan Google Form dan Spreadsheet dapat dilakukan dalam waktu singkat secara online. Apalagi pengguna tidak perlu menginstal aplikasi tambahan di perangkatnya untuk mengakses tools tersebut berikut ulasan lengkapnya.

Tahapan Membuat Presensi di Google Form dan Melihat Rekamannya

Google Form dan Spreadsheet saling berhubungan untuk membuat presensi online sekaligus merekam hasilnya secara otomatis. Presensi menggunakan kedua tools ini lebih mudah dipantau karena akan diupdate setiap hari ketika ada orang yang mengisinya. Berikut tahapan membuat presensi di G-Form.

Membuat File Google Form Baru

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah login ke dalam akun Google menggunakan alamat Gmail. Lalu, kunjungi laman Google Form untuk membuat proyek presensi yang terbaru. Lalu, pada kolom Google Form yang berisikan judul dan deskripsi presensi.

Baca juga:   Mengenal Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Selanjutnya buatlah pertanyaan berhubungan dengan informasi kehadiran yang ingin didapatkan dari target. Anda bisa menggunakan fitur di Google Form untuk menambah pertanyaan, mengganti opsi jawaban, serta menambahkan media.

Membagikan Presensi di Google Form

Tahapan membuat presensi otomatis dengan Google Form dan Spreadsheet berikutnya adalah membagikan file tersebut. Caranya pilihan kirim yang ada di bagian pojok kanan atas dan ketuk pada ikon tautan.

Lalu, beri tanda centang pada opsi perpendek URL dan klik salin. Selanjutnya, Anda bisa langsung membuka media sosial seperti WhatSaPP misalnya untuk membagikan Google Form presensi. Caranya cukup tempelkan link yang sebelumnya disalin dan ketuk opsi bagikan.

Baca juga:   Memanfaatkan Google Workspace for Education dalam Pembelajaran kekinian

Melihat Rekapan Presensi

Terakhir, saatnya untuk melihat rekaman berkala untuk mengetahui hasil pengisian dari Google Form tersebut. Klik fitur respons yang ada di bagian atas dan ketuk pada ikon spreadsheet berwarna hijau di samping fitur titik tiga.

Lalu, ketuk nama file dan tandai opsi buat spreadsheet baru agar mendapatkan rekapan terbaru. Selanjutnya, secara otomatis akan terbuka tab baru berupa laman spreadsheet berisi informasi seputar responden dari Google Form tersebut.

Saat ini membuat presensi otomatis dengan Google Form dan Spreadsheet yang cukup mudah bisa digunakan untuk membantu kebutuhan digital. Presensi ini bisa dijadikan sebagai daftar hadir untuk acara yang diselenggarakan secara online, seperti seminar misalnya.

 

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Sangat Mudah! Berikut 6 Aplikasi Game Matematika Terbaik

Media Pembelajaran

3 Rekomendasi Aplikasi Membuat Teka-Teki Silang (TTS) Online Terbaik Untuk Media Pembelajaran
Webinar

Kenaikan Pangkat

Membuat CBT Lebih Mudah dari pada Google Form, Guru wajib Coba Moodle
video pembelajaran

Media Pembelajaran

Mendesain Slide Presentasi yang Baik dan Menarik

Karya Inovatif

Puzzlemaker Cara Mudah Membuat Teka-teki Silang untuk Pembelajaran
kiat-kiat sukses

Kenaikan Pangkat

Rekomendasi Media Pembelajaran yang Menarik

Admin Sekolah

Memahami Cara Penggunaan Platform Rapor Pendidikan Indonesia

Media Pembelajaran

Panduan Lengkap Liveworksheets untuk Hadirkan Kelas Online Lebih Interaktif
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.