Home / Media Pembelajaran

Rabu, 23 Maret 2022 - 19:07 WIB

Belajar Menyenangkan dengan Aplikasi Edpuzzle

Belajar Menyenangkan dengan Edpuzzle – Guru mempunyai tugas penting dalam mengajar. Seorang guru harus mampu membangun suasana belajar yang baik dan menyenangkan agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Sehingga seorang guru harus bisa berpikir lebih kreatif lagi membangun media-media yang ada sebagai sarana belajar muridnya.

Sebuah penelitian menemukan bahwa penyerapan akan lebih bermanfaat jika dilakukan lebih atraktif dan tidak terikat hanya lewat text book. Media-media pembelajaran yang bersifat interaktif saat ini sangat beragam. Salah satunya adalah edpuzzle. EdPuzzle adalah aplikasi belajar yang memiliki fitur-fitur menarik

Definisi Edpuzzle dan Fitur-Fitur menarik di dalamnya

Edpuzzle adalah sebuah aplikasi yang menyediakan berbagai macam video sebagai media pembelajaran. Video-video yang mengandung materi pembelajaran sendiri diambil dari vimeo, youtube, khan academy bahkan video yang dibuat oleh guru itu sendiri.

Penggunaan Edpuzzle sendiri sudah banyak diterapkan di sekolah-sekolah saat ini. Dari pengalaman guru-guru yang telah menggunakan platform aplikasi ini mengatakan bahwa suasana belajar menjadi lebih hidup dan metode pembelajaran yang interaktif pun dapat dilaksanakan.

Sebagai sarana pembelajaran, aplikasi Edpuzzle juga dilengkapi dengan fitur-fitur menarik yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Beberapa fitur menarik yang ada di edpuzzle adalah:

  1. Dapat melihat keaktifan siswa

Salah satu fitur yang terdapat dalam EdPuzzle adalah reinforce accountability, artinya guru dapat memantau seberapa banyak video yang digunakan sebagai materi pembelajaran diakses oleh siswanya dan sejauh mana siswa dapat memahami materi yang disampaikan lewat video. Hal ini dapat menunjukan seberapa aktif siswa dalam mata pelajaran tersebut.

  1. Memiliki banyak pilihan bidang studi
Baca juga:   Aplikasi Zipgrade: Cara Otomatis Mengetahui Hasil Pencapaian Peserta Didik

Jika telah memiliki akun EdPuzzle, siswa dapat melihat video dari berbagai macam bidang studi pelajaran. Seperti sains, sejarah, hingga matematika.

  1. Dapat digunakan diberbagai perangkat

Aplikasi EdPuzzle dapat dipergunakan dalam berbagai macam perangkat, sehingga memudahkan siswa untuk mengakses dimanapun dan kapan pun.

  1. Terintegrasi dengan google classroom

Aplikasi ini sudah memiliki fitur tambahan yang memungkinkan untuk terintegrasi langsung dengan google classroom. Tentu saja ini akan memudahkan guru dalam melacak aktivitas murid.

Cara Kerja Edpuzzle

Dengan menggunakan Edpuzzle, Anda dapat membuat video pelajaran apa saja dengan 3 langkah mudah, yaitu :
1. Temukan video di YouTube, unggah video Anda sendiri atau gunakan kembali video pelajaran yang sudah dibuat oleh guru lain.
2. Kemudian, edit video tentang pelajaran Anda. Rekam suara Anda untuk mempersonalisasikannya dan Anda juga bisa meminta siswa Anda untuk menyematkan pertanyaan dalam video tersebut.
3. Berikan videonya kepada siswa Anda dan Anda juga bisa memeriksa kemajuan siswa secara langsung saat mereka belajar

Cara Mengoperasikan Edpuzzle

Ketika Anda akan login ke aplikasi Edpuzzle ini, Anda akan diminta untuk masuk sebagai guru “i’m teacher” dan sebagai siswa “i’m student”.  Nah, mempermudah cara penggunaan Edpuzzle sebagai guru dan siswa. Berikut ini akan ada cara-caranya.

Cara menggunakan Edpuzzle sebagai guru. Inilah beberapa cara mengoperasikannya :

1. Bukalah aplikasi EdPuzzle, kemudian pilih akun guru. Dan klik “Sign Up” untuk mendaftarkan akun Anda.
2. Kembali lagi ke halaman awal EdPuzzle. Terus, login atau masuk kembali menggunakan akun yang sudah dibuat tadi.
3. Pilih opsi “My Classes” dibagian atas, lalu klik opsi “Add Class” untuk membuat kelas, beri nama kelas sesuai keinginan Anda. Jangan lupa undang siswa Anda untuk bergabung di Kelas yang sudah Anda buat.
4.  Untuk mencari konten video, Anda tinggal klik tombol “Search” dibagian atas.  Cari video di saluran yang ditawarkan dibagian kiri (contohnya: EdPuzzle, YouTube, Vimeo)
5. Setelah mencari konten video, Anda dapat mengedit video yang telah Anda pilih dengan klik tombol “Use It”. Edit video Anda dengan menggunakan fitur dibagian atas video. Jangan lupa, simpan project video Anda dengan klik tombol “Save” dan pilih “My Content” ditengah atas bagian
beranda.  Pilih video Anda yang baru saja diedit dan berikan kepada siswa Anda di kelas dengan mengklik tombol “Assign/Share” dibagian atas.

Baca juga:   Belajar Sambil Bermain Menggunakan Puzzlemaker

Cara menggunakan Edpuzzle sebagai siswa.  Inilah beberapa cara mengoperasikannya 

jika guru Anda memiliki kode kelas, Anda harus memasukkannya terlebih dahulu sebelum akun Anda dapat dibuat. Mendaftar menggunakan kode kelas :
Klik tombol biru “Sign Up” dibagian kanan atas beranda dan pilih opsi “I’m a student”. Pilih “Sign Up with Edpuzzle”.Masukkan kode kelas yang disediakan oleh guru Anda. Kemudian, isi nama pengguna dan kata sandi Anda, lalu klik “Join Class”.

Dengan menggunakan aplikasi EdPuzzle yang erat kaitannya dengan sistem digitalisasi di bidang pendidikan, siswa dan guru diharapkan mampu berperan aktif dalam metode pembelajaran yang lebih interaktif.

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Lebih Praktis! Berikut 5 Kelebihan CBT Menggunakan Platform Moodle
Orang Tua

Media Pembelajaran

Manfaat Blog dan Cara Menerapkan Pada Pembelajaran Tambahan

Media Pembelajaran

3 Rekomendasi Aplikasi Membuat Teka-Teki Silang (TTS) Online Terbaik Untuk Media Pembelajaran

Media Pembelajaran

Definisi, Prinsip, Fungsi dan Cara Memilih Bahan Ajar
kelebihan dan kekurangan quizizz

Karya Inovatif

Memanfaatkan Google Workspace for Education dalam Pembelajaran kekinian
gunakan media pembelajaran interaktif agar materi pembelajaran tersampaikan secara efektif

Media Pembelajaran

5 Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software

Media Pembelajaran

Strategi Pengembangan e-Learning untuk Wujudkan Digitalisasi Pendidikan

Karya Inovatif

Kelebihan media pembelajaran powerpoint dalam pembelajaran