Home / Kesiswaan

Rabu, 16 Maret 2022 - 10:31 WIB

Pendaftaran SBMPTN 2022 Segera Dibuka : Cek Syarat, Jadwal, dan Biayanya

Pendaftaran SBMPTN 2022–  SBMPTN atau dikenal juga dengan istilah UTBK adalah salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui sistem tes atau ujian. Jadi, hasil tes yang menentukan siswa lolos tidaknya SBMPTN. Untuk SBMPTN tahun 2022 ini bisa diikuti oleh siswa lulusan pendidikan menengah atas (SMA/SMK/MA) dan lulusan paket C 2020, 2021, 2022 dengan batas maksimal usia dua puluh lima (25) tahun per 1 Juli 2022.

SBMPTN tahun 2022 dilaksanakan melalui metode tes. Metode tes yang digunakan adalah ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Jenis soal SBMPTN tahun 2022 terdiri dari tes potensi skolastik (TPS), tes kemampuan bahasa inggris, dan tes potensi akademik (TPA). Metode UTBK ini dilakukan oleh LTMPT. LTMPT adalah lembaga tes masuk perguruan tinggi.

LTMPT merupakan lembaga pendidikan di bawah Kemendikbudristek yang bertugas dalam menyelenggarakan tes masuk perguruan tinggi bagi seluruh calon mahasiswa. Nah, untuk kamu yang ingin mendaftar SBMPTN perlu dipersiapkan dari sekarang ya. Bisa dengan mengikuti pelatihan (try out) atau belajar mandiri tentang soal-soal SBMPTN agar kamu bisa lolos jalur ini dan masuk perguruan tinggi idaman kamu.

Untuk kamu para siswa yang akan mendaftar SBMPTN sebaiknya harus sering mencari informasi SBMPTN agar selalu update dan tidak ketinggalan informasi. Pendaftaran UTBK ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh para peserta. Adapun tahapan pendaftaran yang harus dilalui dan dilakukan oleh siswa adalah sebagai berikut :

  • Registrasi akun LTMPT menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  • Login menggunakan akun LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id.
  • Memilih Menu Verifikasi dan Validasi Data untuk mengisi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.

Selanjutnya, calon peserta UTBK SBMPTN 2022 setidaknya harus mengetahui apa saja persyaratannya, jadwal pelaksanaan SBMPTN dan biaya pendaftaran SBMPTN. Nah, di bawah ini ada penjelasan mengenai syarat SBMPTN, Jadwal SBMPTN, hingga biaya pendaftaran SBMPTN. Yuk mari disimak!

Syarat SBMPTN Tahun 2022

Berikut ini beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta SBMPTN tahun 2022. Persyaratan ini perlu diperhatikan oleh siswa agar sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Persyaratan-persyaratan UTBK SBMPTN tahun 2022 yaitu sebagai berikut :

Baca juga:   Ini Dia Jenis-Jenis Penyesuaian Diri yang Perlu Kamu Ketahui

Syarat Peserta UTBK

  1. Memiliki akun LTMPT yang sudah disimpan permanen. Untuk yang belum membuat akun LTMPT bisa dengan mengakses https://portal.ltmpt.ac.id
  2. Siswa SMA/MA/SMK kelas 12 pada tahun 2022 atau peserta didik lulusan Paket C 2022 yang berusia maksimal 25 tahun per 1 Juli 2022. Itu artinya siswa kelas 12 lulusan tahun 2022 kali ini bisa mendaftar SBMPTN.
  3. Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2020 dan 2021 atau lulusan Paket C tahun 2020 dan 2021 yang berusia maksimal 25 tahun per 1 Juli 2022
  4. Persyaratan peserta :
    • Pertama, peserta yang memilih Program Studi (prodi) Saintek akan mengikuti TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Saintek.
    • Kedua, Peserta yang memilih prodi Soshum akan mengikuti TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Soshum.
    • Ketiga, Peserta yang memilih prodi campuran (Saintek dan Soshum) akan mengikuti TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek, dan TKA Soshum.
  1. Hasil UTBK 2022 hanya berlaku untuk penerimaan tahun 2022.
  2. Membayar biaya UTBK sebagai syarat pendaftaran SBMPTN. Untuk biaya UTBK dibedakan berdasaran kelompok ujian.

Syarat Peserta SBMPTN 2022

  1. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulusan tahun 2020 dan 2021 harus sudah memiliki ijazah. Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  2. Mengikuti dan memiliki nilai UTBK 2022
  3. Memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi
  4. Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio

Jadwal SBMPTN Tahun 2022

Kamu siswa kelas 12 atau kamu lulusan tahun 2020/2021 yang berencana mengikuti UTBK SBMPTN 2022? Nah, kamu sudah membuat akun LTMPT belum nih? Jika belum segera membuat ya, karena itu menjadi syarat yang utama. Kemudian kamu juga harus mengetahui jadwal dari UTBK SBMPTN agar paham dengan timeline yang sudah ditentukan. Di bawah ini jadwal pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022 :

Pertama, pembuatan akun di portal LTMPT dijadwalkan tanggal 14 Februari hingga 17 Maret 2022. Artinya masih ada waktu untuk membuat akun dan kemudian simpan permanen. Ini penting dan wajib dilakukan oleh siswa agar bisa mendaftar UTBK SBMPTN 2022.

Kedua, sosialisasi UTBK SBMPTN yang dilaksanakan mulai 1 Desember 2021 sampai 15 April 2022. Kamu bisa terus update informasi melalui akun resmi LTMPT baik melalui web maupun akun sosial medianya.

Baca juga:   Cara Menentukan Visi dan Misi Satuan Pendidikan sesuai Kurikulum Operasional

Ketiga, pendaftaran UTBK SBMPTN dimulai dari tanggal 23 Maret sampai 15 April. Wah sebentar lagi berarti pendaftaran akan segera dibuka ya. Persiapkan dirimu.

Keempat, pelaksanaan UTBK :

  • Gelombang pertama akan dilaksanakan pada tanggal 17 Mei sampai 23 Mei 2022.
  • Gelombang kedua akan dilaksanakan pada tanggal 28 Mei sampai 3 Juni 2022.

Kelima, pengumuman hasil SBMPTN akan diumumkan pada tanggal 23 Juni 2022 secara serentak.

Keenam, masa unduh sertifikat UTBK dimulai tanggal 25 Juni sampai 31 Juli 2022.

Nah, demikian beberapa serangkaian jadwal UTBK SBMPTN 2022. Jadwal ini merupakan timeline yang sudah diumumkan secara resmi. Dalam pelaksanaanya bisa sesuai jadwal bisa juga berubah. Untuk itu para siswa calon peserta SBMPTN harus selalu update informasi mengenai SBMPTN agar tidak ketinggalan informasi.

Biaya Pendaftaran SBMPTN Tahun 2022

Pelaksanaan UTBK SBMPTN sama seperti sebelumnya yakni membutuhkan biaya. Biaya di sini dikelompokkan berdasarkan kelompok ujian. Jadi, besar biaya antara peserta satu dengan yang lain bisa saja sama dan bisa saja berbeda. Berikut pembagian besaran biaya pendaftaran SBMPTN 2022.

Pertama, untuk kelompok ujian Saintek atau kelompok ujian Soshum peserta membayar biaya UTBK sebagai syarat pendaftaran SBMPTN sebesar Rp 200.000.

Kedua, untuk kelompok ujian Campuran (Saintek dan Soshum) peserta membayar biaya UTBK sebagai syarat pendaftaran SBMPTN sebesar Rp 300.000.

Pembayaran pendaftaran UTBK SBMPTN bisa melalui Bank Mandiri, bank BNI, Bank BRI, dan Bank BTN. Siswa dipersilakan memilih 2 program studi (prodi) pada satu PTN atau masing-masing 1 prodi pada 2 PTN.

Demikian tadi penjelasan mengenai pendaftaran SBMPTN yang meliputi syarat, jadwal dan biaya pendaftaran. Apabila, kamu termasuk calon peserta SBMPTN tahun ini segera untuk mempersiapkan diri ya agar pelaksanaannya berjalan lancar dan sesuai dengan harapan kamu. Semoga artikel ini membantu kamu untuk lebih mengetahui SBMPTN 2022.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik dengan cara klik pada link INI

 

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Tantrum di Kelas? Simak 6 Tips Mencegahnya

Kesiswaan

Menyusun Program Penguatan Karakter saat Kebijakan PTM Berlangsung

Kesiswaan

Belajar Sambil Bermain Menggunakan Puzzlemaker

Guru Honorer

Tips Bagi Guru SD Agar Menguasai Kelas Ketika Kegiatan Belajar Mengajar atau Menguasai Kelas

Karya Inovatif

Kenali Hubungan Kepribadian, Karakter, Dan Perilaku Dalam Lingkup Pendidikan

Kesiswaan

3 Strategi Masuk ke Perguruan Tinggi Idaman

Kesiswaan

Penanaman Karakter Cinta Tanah Air pada Siswa

Kesiswaan

Terapkan Kegiatan Ini untuk Proyek P5 Jenjang SD
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.