Home / Kurikulum

Selasa, 19 April 2022 - 08:28 WIB

Kabar Terbaru, Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka Diperpanjang!

Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)– Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) resmi diperpanjang. Pilihan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) merupakan salah satu kebijakan Kemendikbudristek untuk satuan pendidikan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di sekolah. Sekolah diberikan pilihan jika sudah siap menggunakan kurikulum merdeka maka bisa langsung menerapkannya di sekolah. Namun, jika belum siap maka masih diberikan waktu untuk mempelajari kurikulum merdeka terlebih dulu.

Pilihan impelementasi kurikulum merdeka yang di tawarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) memberikan keleluasaan kepada satuan Pendidikan untuk menentukan pilihan berdasarkan Angket Kesiapan Implementasi Kurikulum Merdeka.

Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka secara mandiri dimulai pada 11 Februari 2022 dan mendapatkan antusiasme yang tinggi dari satuan pendidikan. Hampir setiap satuan Pendidikan merespon dengan baik adanya kebijakan baru mengenai implementasi kurikulum merdeka. Pendaftaran awal implementasi kurikulum merdeka dibuka mulai tanggal 11 Februari sampai dengan 31 Maret 2022.

Namun, Kemendikbudristek resmi mengumumkan bahwa Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) diperpanjang hingga 30 April 2022. Oleh sebab itu, masih ada banyak waktu untuk satuan pendidikan melakukan pendaftaran IKM.

Satuan Pendidikan dapat menentukan pilihan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada Tahun Ajaran 2022/2023 sebagai berikut:

  1. Mandiri Belajar, yaitu menerapkan beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka, dengan tetap menggunakan Kurikulum 2013 atau Kurikulum 2013 yang disederhanakan.
  2. Mandiri Berubah, yaitu menerapkan Kurikulum Merdeka menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan.
  3. Mandiri Berbagi, yaitu menerapkan Kurikulum Merdeka dengan mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar.
Baca juga:   Kurikulum Baru Merdeka Belajar

Dalam rangka memberikan kesempatan lebih luas kepada Satuan Pendidikan untuk melakukan pendaftaran atau mempertimbangkan kembali pilihan IKM pada tahun ajaran 2022/2023, maka Kemendikbudristek dan Kemenag melakukan perpanjangan masa pendaftaran sampai dengan 30 April 2022.

Perpanjangan waktu ini bisa digunakan oleh satuan pendidikan untuk melakukan pertimbangkan dengan matang mengenai pilihan IKM. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya satuan pendidikan yang memilih akan menggunakan mandiri belajar, mandiri berubah, dan mandiri berbagi. Jadi, pastikan betul bahwa setiap satuan pendidikan sudah mempelajari secara mendalam mengenai Kurikulum Merdeka di Platform Merdeka Mengajar. Pastikan juga bahwa satuan pendidikan sudah mendiskusikan pilihan IKM dengan segenap warga satuan pendidikan.

Kemudian, bagaimana caranya mendaftarkan Sekolah, Madrasah, SKB, atau PKBM anda untuk mengikuti Implementasi Kurikulum Merdeka?

Yuk! Ikuti tutorial Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka ini.

Ada tiga tahapan yang harus dilakukan satuan pendidikan dalam melakukan pendaftaran IKM, penjelasannya adalah sebagai berikut :

  1. Memilih akun pendaftaran bagi kepala sekolah dan kepala madrasah.
  2. Menyaksikan video mengenai kurikulum merdeka.
  3. Menyelesaikan kuesioner.
Baca juga:   Yuk Intip, Sejarah Kurikulum Yang Pernah Diterapkan di Indonesia

Untuk lebih jelasnya cara melakukan pendaftaran Impelementasi Kurikulum Merdeka (IKM) maupun perubahan pilihan dapat di akses melalui https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id. Nah pada laman tersebut yang Anda bisa lakukan adalah :

Pertama, Klik tombol daftar sekarang yang ada di bagian bawah.

Kedua, Log In dengan Akun SIMPKB atau SIMPATIKA.

Ketiga, Mengikuti dua langkah pendaftaran selanjutnya. Daftarkan sekolah Anda dengan klik check list pada informasi pendaftaran. Pada langkah pertama, Anda akan menyaksikan video kurikulum merdeka. Dan diminta menjawab beberapa pertanyaan pada video tersebut. Pada langkah kedua, melakukan pengisian kuesioner.

Keempat. Setelah mengisi kuesioner hingga selesai, maka Anda bisa mengunduh hasil pengisian kuesioner tersebut dalam format Pdf. Anda juga akan mendapatkan rekomendasi berdasarkan hasil pengisian kuesioner yang sudah Anda isi sebelumnya.

Bagi satuan pendidikan yang sudah menuntaskan proses registrasi dan ingin melakukan perubahan pilihan IKM dapat dilakukan mulai Senin, 4 April 2022 hingga 30 April 2022 (pukul 23.59 WIB). Perubahan dilakukan maksimal 2 (dua) kali.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(Gesti)

 

Share :

Baca Juga

Kurikulum

Penjelasan Lengkap tentang Kurikulum Baru 2022 untuk Pemulihan Pendidikan Pasca Pandemi

Kurikulum

Prinsip Projek untuk Menguatkan Profil Pelajar Pancasila
Orang Tua

Kesiswaan

Tidak Sulit, Berikut Strategi Mudah Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional
Sekolah

Kesiswaan

Mengenal Sekolah Luar Biasa dan Sekolah Inklusi

Kurikulum

Pendidikan Inklusif : Pengertian, Tujuan dan Keuntungan

Kurikulum

Bukan Teori, Ini 5 Langkah Teknis Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) 2022 Bagi Guru di Sekolah

Kesiswaan

Cara Mudah Membuat RPP kurikulum Merdeka

Karya Inovatif

Strategi Penyusunan Buku Diktat
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.