Home / Karya Inovatif

Rabu, 17 Agustus 2022 - 21:55 WIB

Sangat Mudah! Berikut Situs Download Buku Guru dan Siswa Terbaik

Saat ini, teknologi informasi semakin berkembang. Perkembangan ini memudahkan semua sistem pendidikan di Indonesia. Dulu, peserta didik hanya mengandalkan buku konvensional saat belajar. Tidak jarang, siswa kesulitan membelinya mengingat harganya yang lumayan tinggi. Namun, itu semua tidak berlaku di era modern ini. Ini karena ada inovasi baru, yaitu hadirnya situs-situs untuk mengunduh buku guru dan siswa secara gratis.

Sekarang, ada banyak sekali website sebagai wadah belajar. Website-website tersebut menawarkan buku berbasis elektronik. Adanya inovasi ini tentu sangat berpengaruh baik pada sistem pembelajaran apalagi text book yang tersedia sudah disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Kali ini, gurubelajar.id akan merekomendasikan daftar situs terbaik untuk mendownload buku pelajaran. Yang pasti, website di bawah ini mencakup semua kurikulum baik itu KTSP, kurikulum 2013, tematik, dan kurikulum merdeka. Langsung saja, check it out!

BSE Kemendikbud

Situs terbaik pertama yang menyediakan buku-buku elektronik gratis untuk guru dan siswa adalah BSE Kemendikbud. Situs ini memang diciptakan khusus untuk mempermudah pembelajaran serta memperkuat budaya literasi anak bangsa.

Selain itu, tujuan inovasi buku elektronik ini adalah untuk meringankan beban biaya buku yang mana harganya cukup tinggi. Hal ini mengacu pada sebuah prinsip bahwa pendidikan untuk semua kalangan. Artinya, siswa yang mulanya tidak bisa membeli buku pelajaran bisa mendapatkannya dengan mudah tanpa biaya sepeserpun.

Wadah ini akan membantu guru dan siswa dalam mengakses bahan pembelajaran dengan cepat dan mudah. Di sini, tersedia sekitar 1.300 buku (bahan ajar) mulai dari jenjang SD hingga SMA dan sederajat. Semua buku itu bisa diunduh secara gratis.

Semua bahan ajar di BSE tersedia dalam format PDF. Anda bisa membaca atau langsung mendownloadnya kapan saja. Lalu, bagaimana cara mengaksesnya? Caranya, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kemendikbud, yaitu http://bse.kemdikbud.go.id/ . Setelah itu, Anda bisa langsung daftar, login, dan memilih buku sesuai kebutuhan.

Situs ini menampilkan tiga kanal, antara lain:

  1. Beranda

Beranda merupakan halaman utama sebuah situs. Di kanal ini, Anda akan melihat daftar contoh buku yang bisa dibaca atau diunduh.

  1. Kurikulum

Pada kanal ini terbagi menjadi dua subkanal, yaitu kurikulum KTSP dan K13. Karena sekarang menteri pendidikan meluncurkan kurikulum baru, maka BSE Kemendikbud juga memfasilitasi buku-buku yang sesuai dengan komponen kurikulum terbaru, yaitu kurikulum merdeka. Kanal ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan buku sesuai kurikulum yang diterapkan di lembaga. Jadi, Anda tidak usah risau terkait pembaharuan kurikulum sekarang.

  1. Software
Baca juga:   Inilah 5 Manfaat Belajar Matematika Sejak Dini Bagi Anak

Kanal ini adalah laman pengunduhan. Anda bisa browsing atau mencari buku yang dibutuhkan. Setelah ketemu, Anda bisa memilih untuk membaca (read only) atau mengunduhnya tanpa biaya.

Buku Sekolah Digital

Situs selanjutnya adalah Buku Sekolah Digital yang biasa dikenal dengan sebutan BSD. Developer resmi aplikasi ini adalah PT. Mahoni Edukasi Digital. Tujuan diciptakannya BSD yakni untuk membantu para guru, siswa, dan orangtua mendapatkan buku-buku bermutu yang berbasis elektronik. Yang pasti, semua buku tersebut sangat mudah pengunduhan dan penggunaannya.

Koleksi buku guru dan siswa di situs ini mencapai 2000 lebih yang mencakup semua mata pelajaran di setiap jenjang. Anda tinggal mengetikkan nama buku yang hendak dicari di menu penelusuran sesuai level dan kelas. Menariknya, Buku Sekolah Digital tidak hanya menyediakan buku pelajaran tetapi juga beragam fasilitas yang menunjang proses belajar mengajar, misalnya komik, video, wawasan umum, dan masih banyak lagi.

Untuk mengakses situs keluaran Mahoni Edukasi Digital ini, Nada bisa mengunjungi https://bsd.pendidikan.id/ . Jika melalui komputer atau laptop, Anda bisa langsung searching, baca, dan unduh buku. Namun, jika melalui android, Anda harus instal dulu aplikasinya untuk menikmati semua fitur yang ada. Apapun itu, kualitas buku di situs ini sangat bagus dan patut diacungi jempol.

Bukusekolah.id

Bukusekolah.id juga hadir untuk menyebarkan ratusan bahkan ribuan buku guru dan siswa. Layanan ini sengaja diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan belajar terlebih saat masa pandemi berlangsung pada tahun 2020 yang lalu. Dengan hadirnya Bukusekolah.id, guru, siswa, dan orangtua bisa melaksanakan proses belajar tanpa suatu kendala.

Bukusekolah.id secara tidak langsung membantu suksesnya program Kemendikbud terkait BSE (Buku Sekopah Elektronik). Situs ini memudahkan semua guru dan peserta didik dalam memperoleh buku digital untuk kegiatan belajar mengajar. Bahkan, pengguna bisa request buku yang diinginkan. Selain menyajikan buku sekolah, layanan terbaik ini juga menyediakan banyak buku pelengkap seperti majalah pendidikan, komik, dan bahan ajar lain. Tersedia pula banyak artikel pendidikan yang akan menguatkan semangat belajar anak-anak Indonesia.

Situs ini tidak usah diragukan lagi kualitas dan kelengkapannya. Anda bisa langsung membuktikan dan mengaksesnya baik melalui web atau aplikasi yang bisa Anda download gratis di GPlaystore. Untuk versi web, Anda bisa mengunjungi https://bukusekolah.id/

Baca juga:   Sistematika penulisan makalah best practice untuk kenaikan pangkat

Annibuku

Layanan Annibuku hampir sama dengan Bukusekolah.id. Situs ini adalah cerminan dari situs BSE Kemendikbud di mana semua buku BSE mulai dari tingkat SD hingga SMA tersedia secara gratis. Guru dan siswa bisa mendownload buku sesuai kurikulum, baik KTSP, K13, bahkan kurikulum merdeka.

Selain itu, banyak sekali bahan pembelajaran lain yang akan memudahkan guru dalam menjalankan tugas, seperti bank soal, buku paket, artikel pendidikan, kata mutiara, dan lainnya. Semua itu bisa Anda dapatkan secara gratis di annibuku.com

Cara mengaksesnya juga sangat mudah seperti situs lainnya. Anda cukup mengunjungi website resmi Annibuku dan langsung melakukan pencarian. Setelah menemukan bukun yang diharapkan, Anda bisa segera mengunduhnya. Usahakan buku tersebut sudah sesuai dengan kurikulum lembaga Anda.

Google Books

Siapa yang tidak kenal dengan mesin pencari raksasa ini? Ya, Google semakin hari semakin berkembang untuk memajukan kehidupan anak manusia. Hampir setiap tahun selalu menciptakan inovasi terbaru. Salah satunya yakni dengan meluncurkan situs download buku berkualitas.

Layanan ini bernama Google Books. Tujuannya yaitu untuk mendorong para pengguna agar lebih kritis dan meningkatkan minat baca khususnya para pendidik dan pelajar. Layanan ini menawarkan beragam buku mulai dari buku pelajaran sekolah, kuliah, bisnis, hingga bacaan-bacaan fiksi. Lalu, bagaimana cara menggunakannya?

Well, pada dasarnya, prinsip Google Books tidak berbeda dengan layanan Google Search Engine biasa. Anda hanya memerlukan kata kunci dan menuliskannya di menu penelusuran seperti nama penulis, judul buku, related topic, atau tahun terbit. Anda bisa mengaksesnya versi web atau aplikasi jika memakai smartphone. Untuk mengunduhnya, Anda tidak dikenakan biaya. Namun, ada pula buku-buku yang berbayar.

Itulah lima situs download buku guru dan siswa yang paling bagus dan berkualitas tanpa mengeluarkan uang. Tidak usah mengulur waktu, Anda bisa mengunjungi salah satu situs di atas atau bahkan semuanya sekarang juga. Selamat mencoba dan selamat bermetamorfosa menjadi generasi penerus bangsa yang gemar membaca.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(RAW)

Share :

Baca Juga

Guru Honorer

Pentingnya Pembelajaran Social Emotional Learning (SEL) bagi Anak

Karya Inovatif

Kenali Hubungan Kepribadian, Karakter, Dan Perilaku Dalam Lingkup Pendidikan

Karya Inovatif

Manfaat makalah best practice untuk kenaikan pangkat

Karya Inovatif

Sistematika Makalah Best Practice dan Cara Menulisnya

Karya Inovatif

Keren! Inilah 5 Manfaat Menggunakan Moodle untuk CBT (Computer Based Test) Online

Karya Inovatif

Karya Inovatif untuk Kenaikan Pangkat Guru

Guru Honorer

Ragam jenis karya buku dan angka kredit untuk kenaikan pangkat

Guru Honorer

Inilah 5 Manfaat Belajar Matematika Sejak Dini Bagi Anak
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.