Home / Karya Inovatif

Jumat, 19 Agustus 2022 - 18:39 WIB

Mengenal Microsite sebagai Salah Satu Penunjang Pendidik dalam Melaksanakan Pembelajaran

Microsite – Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang sifatnya turun temurun dari generasi ke generasi yang terus mengalami prubahan dari zaman ke zaman yang sifatnya semakin kearah yang lebih maju. Seorang pendidik harus mengikuti arah kemajuan pendidikan tersebut supaya generasi kedepan semakin bisa bersaing kearah pendidikan yang lebih baik.

Seorang pendidik di era di gital sekarang apapun perkembangannya pendidikan dituntut untuk mengikuti alur dan proses perkembangan tersebut. Seorang pendidik harus mempunyai kualifikasi yang mumpuni dalam  perkembangan teknologi. Salah satu website yang belum banyak dimanfaatkan oleh pendidik yaitu pembuatan mini website (microsite)

Penggunaan microsite diperlukan saat ini untuk beberapa keperluan tidak hanya keperluan bisnis, namun pada lingkup pendidikan dapat berpengaruh cukup besar. Salah satunya ialah menyertakan tautan ke akun media sosial pendidik sebagai platform untuk menyebarkan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dengan cara ini, pendidik tidak perlu membuang waktu menyebarkan setiap tautan yang akan diberikan kepada peserta didik. High Tech Teacher Indonesia (HTTID) bersama S.id memperkenalkan fitur yang memberikan dampak percepatan teknologi dalam pendidikan.

Baca juga:   Model Pembelajaran VAK (Visualization,Auditory dan Kinestetic) dalam Mengembangkan Ketrampilan Membaca, Menulis, dan Berhitung Siswa Sekolah Dasar

S.id adalah sebuah platform bagi orang orang untuk menunjukan keahliannya dalam pembuatan microsite dan pemendek tautan terpendek dengan kode s.id/. Ada beberapa fitur yang dapat digunakan oleh siapa saja, baik profesional maupun masyarakat umum, yaitu microsite dan link shortener. Fitur baru ini berbeda dengan link shortener sebelumnya dalam perkembangan dilakukan pembaruan yang mengikuti kebutuhan pengguna. Untuk bersaing dengan produk sejenis S.id punya keunggulan, dalam link microsite terdapat beberapa komponen, yaitu: link, teks, gambar, video, link sosial media. Semua komponen ini dapat digunakan oleh guru untuk membuat pelajaran interaktif yang menarik yang mengajarkan teknologi baru kepada siswa.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan seorang pendidik dalam mendesain sebuat microsite pembelajaran.

1. Kunjungi situs S.id

Buka situs web S.id atau link berikut ini https://s.id/ melalui device.

Baca juga:   Guru wajib tau pentingnya refleksi pembelajaran

2. Isi formulir dan verifikasi akun

Isi semua format yang ada di dalam situs tersebut seperti nama, email, password, dan gender, dan ikuti arahannya. Jika berhasil, akan menuju halaman utama.

3. Membuat microsite

Untuk membuat proyek baru klik menu samping “microsite” dan klik create new. Pilih tema sesuai keingingan, dan jika ingin menambahkan judul, tautan, foto, ataupun video dipersilahkan

4. Bagikan tautan microsite

Pada menu microsite, klik salin atau copy

5. Buka aplikasi media sosial

Klik edit pada profil media sosial, lalu tempel atau paste

6. Selesai

Dengan paparan diatas pendidik jadi tau bagaimana membuat pembelajaran di kelas lebih interaktif dengan menggunakan S.id.

Tertarik untuk mendesain wicrosite pembelajaran anda agar lebih menarik? Mari ikuti segera pelatihan dari e-guru.id dengan judul “Pelatihan Pembuatan Mini Website (Microsite) Yang Menarik Dengan Sekali Klik Untuk Guru”

(fas/rtq)

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Panduan Membuat Makalah Best practice dan Manfaatnya bagi Guru
Kiat-kiat menjadi siswa berprestasi

Karya Inovatif

Strategi Menyusun Karya Ilmiah bagi Guru PNS

Karya Inovatif

Kelebihan media pembelajaran powerpoint dalam pembelajaran

Karya Inovatif

Guru Wajib Paham Gaya Belajar Siswa
Webinar

Karya Inovatif

Guru Perlu Mengikuti Webinar yang Bermanfaat Demi Keberlangsungan Kariernya
metode pembelajaran

Karya Inovatif

Dibuka Kembali Lomba Karya Tulis Inovasi Pembelajaran Guru 2022, Catat Jadwal Pelaksanaanya!
cara membuat laporan best practice guru

Karya Inovatif

Sistematika penulisan makalah best practice untuk kenaikan pangkat
kelebihan dan kekurangan quizizz

Karya Inovatif

Memanfaatkan Google Workspace for Education dalam Pembelajaran kekinian