Home / Karya Inovatif / Kenaikan Pangkat

Senin, 15 Agustus 2022 - 10:38 WIB

Collaborative Learning Secara Daring? Cari tahu Di Sini!

Collaborative learning adalah sebuah strategi pembelajaran dengan menetapkan beberapa siswa dengan individu yang berbeda bekerja secara kelompok untuk mencapai suatu tujuan sehingga terjadi proses kerjsama dan ketergantungan yang fungsional.

Collaborative Learning tetap dapat guru terapkan walau secara daring. Pada saat luring, pembelajaran kolaboratif biasa terjadi antara satu siswa dengan siswa lain dalam ruang kelas yang sama. Maka akan berbeda ketika daring, pembelajaran kolaboratif dapat terjadi lewat jaringan komunikasi internet, sehingga pembelajaran dapat terhubung antar sekolah, wilayah dan lebih luas lagi. Kolaborasi merupakan salah satu tuntutan kompetensi abad 21. Kompetensi abad 21 mencakup beberapa kemampuan, di antara lain, komputasi, komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis dan pemecahan masalah, kreativitas dan kasih sayang atau yang biasa disebut 6C (computational, communication, collaboration, critical thinking and problem solving, creativity, compassion).

Di abad 21, teknologi berkembang sangat cepat, manusia menggunakan teknologi hampir pada setiap aspek kehidupan, tidak terkecuali pendidikan. Siswa sebagai penerus masa depan perlu terbiasa dengan teknologi.

Baca juga:   Memanfaatkan Google Workspace for Education dalam Pembelajaran kekinian

Canva, Platform Digital mendukung collaborative learning

Anda, sebagai guru pasti bertanya tanya, apa sekiranya pembelajaran yang kolaboratif dan juga melibatkan teknologi?Anda harus berkenalan dengan yang satu ini

Canva merupakan platform digital untuk mendesain secara gratis. Canva sendiri sudah populer dan banyak orang menggunakannya untuk berbagai tujuan, salah satunya pendidikan. Kira kira apa alasannya?

  • Bersifat Digital Sehingga Praktis

Canva merupakan platform digital yang dapat diakses secara bebas dan gratis oleh seluruh pengguna internet yang memiliki akun. Pembuatan akun pada platform canva juga terbilang mudah, cukup mendaftarkan email dan pengguna sudah dapat mengakses berbagai template dan fitur secara gratis

  • Memiliki banyak fitur (poster digital, presentasi, edit video)

Di Canva, pengguna dapat  mendesain berbagai macam grafis, seperti poster, foto, flyer, presentasi, video dan lain lain. penggunaannya juga mudah dan desain dapat di download ke banyak format

  • Berbasis web
Baca juga:   Guru Wajib Paham Gaya Belajar Siswa

Canva sendiri merupakan alat desain berbentuk web, sehingga pengguna tidak perlu repot untuk mengupdate nya. Hal itu juga mengartikan bahwa pengguna tidak perlu khawatir akan penyimpanan yang penuh karena memori dari canva.

  • Canva kolaborasi

Selain penggunaannya yang mudah, canva juga memiliki fitur kolaborasi. Fitur ini memungkinkan beberapa orang untuk mendesain secara bersamaan dengan perubahan real time. Canva juga memiliki fitur percakapan sehingga, antar orang dapat berdiskusi terkait desain yang akan dibuat

Melihat manfaat canva pada penjelasan diatas, sebagai guru, akan baik apabila mengadopsi canva dalam pembelajaran. 

Apa anda ingin mengembangkan kemampuan anda dalam menggunakan Canva? Mari ikuti segera pelatihan dari e-guru.id dengan judul “Mengembangkan Dimensi Kreatif dan Gotong Royong pada Peserta Didik Melalui Presentasi Interaktif dengan Canva”

Daftar ke link berikut, sebelum ketinggalan!

DAFTAR PELATIHAN 

(sfn/rtq)

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Kenali Hubungan Kepribadian, Karakter, Dan Perilaku Dalam Lingkup Pendidikan

Kenaikan Pangkat

Manfaat Belajar Tambahan Bagi Siswa

Guru Honorer

RUU Sisdiknas Terus Mengupayakan Kesejahteraan Pendidik di Indonesia

Karya Inovatif

Guru Wajib Paham Gaya Belajar Siswa

Karya Inovatif

Tutorial Membuat Jurnal Pendidikan Harian

Admin Sekolah

Artikel ilmiah mudah dipublish? Simak berikut ini

Kenaikan Pangkat

Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri

Kenaikan Pangkat

Peran dan Pembelajaran Digitalisasi Sekolah untuk Pendidikan Siswa
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.