Home / Kenaikan Pangkat

Senin, 29 Agustus 2022 - 13:11 WIB

10 Kompetensi Profesional Guru yang Wajib Diketahui

Ilustrasi seleksi cpns

Ilustrasi seleksi cpns

Kompetensi guru adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh guru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya yaitu mendidik, menilai, melatih dan mengevaluasi siswa.

Kompetensi profesional adalah salah satu kompetensi yang harus seorang guru miliki. Kompetensi profesional guru merupakan keterampilan dan kemampuan guru dalam melaksanakan profesi keguruannya, tugas, dan juga profesinya.

Pekerjaan yang bersifat profesional yaitu pekerjaan yang hanya bisa dilaksanakan oleh mereka yang  khusus dipersiapkan untuk melakukan hal tersebut dan bukan pekerjaan yang dilakukan oleh mereka yang tidak mendapatkan pekerjaan lain.

Pengertian guru profesional yaitu orang yang mempunyai kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan, sehingga ia bisa melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan kemapuan yang maksimal.

Selain itu, guru yang profesional yaitu orang terdidik dan terlatih dengan baik, serta mempunyai pengalaman yang kaya pada bidangnya. Terdidik dan terlatih bukan hanya mendapatkan pendidikan formal saja, namun harus menguasai landasan-landasan pendidikan dengan baik.

Kompetensi Profesional Guru

Ada 10 kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh seorang guru. Kompetensi tersebut adalah:

Menguasai Bahan Ajar

Bahan ajar adalah segala sesuatu yang disusun secara sistematis dan digunakan dalam proses belajar siswa secara mandiri. Bahan ajar dirancang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Dengan menggunakan bahan ajar, guru bisa mengajarkan materi kepada siswa dengan lebih runtut. Selain itu, adanya bahan ajar bisa membuat semua kompetensi yang telah ditentukan sebelumnya bisa tercapai dengan baik.

Ada beberapa jenis bahan ajar, ada yang berbentuk cetak dan noncetak. Bahan ajar cetak yang biasa digunakan seperti buku, modul, handout, brosur, dan lembar kerja siswa.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peran seorang guru dalam menyusun dan merancang bahan ajar sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Selain itu, penguasaan bahan ajar juga menjadi salah satu kompetensi yang harus guru miliki apabila ingin menjadi guru profesional.

Menguasai Landasan-landasan Kependidikan

Landasan pendidikan yaitu asumsi-asumsi yang menjadi dasar pijakan atau titik tolak dalam praktik pendidikan atau studi pendidikan. Karena pendidikan merupakan suatu proses membimbing, dan mendewasakan seseorang, maka sudah seharusnya pendidikan melibatkan hasil seperti pembentukan sifat dan kepribadian untuk memenuhi bentuk standar kegiatan sosial seperti tantangan sosial atau kehidupan nyata.

Ada dua jenis landasan pendidikan berdasarkan sifat wujudnya, diantaranya:

Baca juga:   Inilah Jadwal dan Syarat Pretest PPG Daljab Kemenag 2022
  1. Landasan yang bersifat Material

Landasan yang bersifat material contohnya seperti pondasi bangunan gedung dan landasan pacu pesawat terbang.

  1. Landasan yang bersifat Konseptual

Landasan yang bersifat konseptual identik dengan asumsi, yaitu suatu prinsip, gagasan, kepercayaan, pendapat, atau pernyataan yang dianggap benar, dijadikan titik tolak dalam rangka berfikir (melakukan studi) atau dalam rangka bertindak (melakukan praktik).

Landasan yang bersifat konseptual antara lain berupa dasar negara Indonesia yaitu Pancasila dan UUD 1945, landasan pendidikan, dan lain sebagainya.

Mampu Mengelola Program Belajar Mengajar

Dalam mengelola program belajar mengajar, seorang guru harus melakukan hal-hal berikut ini.

  1. Merumuskan tujuan pembelajaran.
  2. Mengenal dan bisa menggunakan metode mengajar yang baik.
  3. Melaksanakan program belajar mengajar.
  4. Mengenal kemampuan (entry behavior) peserta didik.
  5. Melakukan perencanaan dan pelaksanaan program remedial.
  6. Melakukan perencanaan dan pelaksanaan pengajaran remedial dan juga pengayaan.
  7. Melakukan evaluasi program remedial dan pengayaan.

Dapat Melakukan Pengelolaan Kelas

Kompetensi profesional guru selanjutnya adalah bisa mengelola kelas dengan baik. Karena hal ini sangatlah berpengaruh pada keberhasilan proses belajar mengajar. Pada kenyataannya, memang tidaklah mudah untuk mengelola kelas karena adanya perbedaan karakter siswa, perbedaan kebutuhan dan gaya belajar siswa.

Melakukan pengelolaan kelas artinya mengkondisikan kelas. Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Ciri-ciri pembelajaran yang efektif dan efisien yaitu:

  1. Proses belajar menyenangkan dan tidak monoton.
  2. Siswa sangat merasakan manfaat materi pembelajaran, walaupun terkadang sulit.

Dapat Menggunakan Media atau Sumber Belajar

Seorang guru harus memiliki kompetensi profesional yaitu kemampuan menggunakan sumber atau media belajar. Guru profesional harus bisa memilih dan memilah media pembelajaran yang cocok digunakan dalam pembelajaran.

Saat memilih media pembelajaran, guru tidak hanya cukup memahami tentang kegunaan, nila, dan landasannya saja. Namun, guru juga harus mengetahui bagaimana caranya menggunakan media pembelajaran tersebut.

Prinsip-prinsip umum dalam penggunaan media belajar adalah sebagai berikut:

  1. Penggunaan media pembelajaran harus dipandang sebagai bagian integral dalam sistem pembelajaran.
  2. Media pembelajaran harus dipandang sebagai sumber dana.
  3. Guru harus memahami tingkat hierarki (sequence) dari suatu alat dan juga manfaat alat tersebut.
  4. Guru harus selalu melakukan pengujian media pembelajaran secara berkesinambungan sebelum, selama, dan sesudah digunakan.
  5. Menggunakan multi media akan memberikan keuntungan dan kelancaran selama proses pembelajaran.
  6. Bisa menilai prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran.
Baca juga:   Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru di Era Digital

Melakukan Penilaian Siswa untuk Kepentingan Pengajaran

Seorang guru harus bisa memberikan penilaian kepada siswa pada masing-masing kompetensi dasar (KD) yang mencakup penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Mengenal Fungsi dan Program Pelayanan Bimbingan dan Penyuluhan

Kompetensi profesional guru berikutnya adalah mengenal fungsi dan program pelayanan bimbingan dan penyuluhan. Meskipun Anda berperan sebagai guru kelas atau guru mata pelajaran bukan guru bimbingan konseling (BK), namun untuk menjadi seorang guru profesional Anda juga harus paham tentang fungsi dan program layanan bimbingan dan penyuluhan bagi para siswa.

Mengenal Penyelenggaraan Administrasi Sekolah

Selain guru profesional harus selalu profesional dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, guru juga harus mengetahui dan memahami sistem penyelenggaraan administrasi sekolah tempat Anda bertugas. Bagian administrasi disekolah salah satunya adalah bagian Tata Usaha (TU).

Paham dengan Prinsip-prinsip Penelitian Pendidikan dan Bisa Menafsirkan Hasil Penelitian untuk Peningkatan Kemampuan Mengajar

Penelitian pendidikan bermanfaat dalam merubah paradigma dalam pendidikan terutama dalam hal terobosan dan inovasi yang telah didapatkan dalam implementasi dari penelitian pendidikan tersebut.

Seorang guru yang profesional harus selalu peka dan responsif terhadap segala perubahan dan kemajuan yang ada di dunia pendidikan. Selain itu, guru profesional juga harus bisa mengambil kesimpulan dari sebuah penelitian pendidikan untuk mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran.

Menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi

Penelitian yang sangat bermanfaat adalah penerapan teknologi informasi dan komunikasi. dam[ak positif dari penelitian pendidikan tersebut adalah adanya pola pembelajaran berbasis online (daring) atau lebih dikenal dengan nama e-learning. E-learning ini telah membuat perubahan peradaban dari gaya mengajar konvensional menjadi gaya mengajar milenial (modern).

Sampai saat ini, e-learning terus berkembang dan mengarah pada meningkatnya fitur interaktif. Dalam membuat suatu media e-learning, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan yang terkait dengan tujuan, sasaran pengguna, user interface (antarmuka pengguna), dan bahan ajar.

Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktif dan efektif. Sehingga siswa bisa memiliki dua kemampuan sekaligus yaitu penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan penguasaan terhadap teknologinya.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(RAW)

Share :

Baca Juga

Kenaikan Pangkat

Mengajarkan Kedisiplinan Melalui 3 Kebiasaan Sehat Pelajar Jepang

Kenaikan Pangkat

Benarkah Gaji Ke-13 Untuk PNS Akan Cair Mulai Bulan Juli?

Kenaikan Pangkat

Inilah Tandanya Kelas Menjadi Surga Pembelajaran

Kenaikan Pangkat

Asesmen Nasional: Mengukur Karakter Peserta Didik

Kenaikan Pangkat

Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Kenaikan Pangkat Guru PNS

Kenaikan Pangkat

Pentingnya Inovasi Digital Untuk Pengembangan Pendidikan
cara penilaian kurikulum merdeka

Admin Sekolah

Berkas yang dipersiapkan sebelum menyusun DUPAK Guru

Kenaikan Pangkat

Mekanisme Seleksi Guru ASN PPPK Tahun 2022