Home / Karya Inovatif

Kamis, 14 Juli 2022 - 09:25 WIB

Sistematika Makalah Best Practice dan Cara Menulisnya

Sistematika Makalah Best Practice – Mengajar merupakan salah satu tugas utama yang tak bisa diabaikan oleh pendidik. Kendati sudah memasuki masa liburan, seorang guru tetap harus memiliki kegiatan secara produktif.

Salah satu kegiatan produktif dan berkelas yang bisa guru lakukan yakni dengan meningkatkan kualitas diri dalam penyusunan makalah best practice.

Makalah best practice merupakan sebuah karya ilmiah dari para guru yang berisikan mengenai fenomena sosial berkaitan dengan permasalahan pembelajaran maupun manajemen sekolah serta perbaikan strategi pembelajaran.

Apalagi di era pergantian menuju Kurikulum Merdeka, tentu akan ada banyak kendala maupun tantangan yang didapatkan para guru. Maka dari itu, sangat penting bagi guru untuk menjadikan fenomena maupun permasalahan sosial tersebut menjadi sebuah karya untuk bisa dijadikan pembelajaran di masa depan.

Selain itu, penyusunan makalah best practice akan menjadikan seorang pendidik mendapat penghargaan khususnya bagi para guru PNS. Tentu mereka akan penambahan dalam poin angka kredit mereka.

Menyusun makalah sebenarnya sebagaimana yang para guru jelaskan pada pembelajaran di sekolah. Biasanya para peserta didik juga banyak yang sudah bisa membuat.

Baca juga:   Dibuka Kembali Lomba Karya Tulis Inovasi Pembelajaran Guru 2022, Catat Jadwal Pelaksanaanya!

Hanya saja, makalah best practice yang disusun oleh seorang guru haruslah memuat fenomena sosial terkini dan membutuhkan pemecahan masalah.

Pun seorang guru akan sekaligus menyusun dan mendeskripsikan solusi yang digunakan oleh guru untuk menyelesaikannya. Adapun sistematika makalah best practice dan beberapa langkah yang harus dipenuhi dalam penyusunan makalah yakni :

1.   Latar Belakang

Sebelum menuliskan permasalahan, anda perlu menggambarkan terlebih dahulu latar belakang terjadinya permasalahan. Hal ini penting agar para pembaca, khususnya pendidik yang lain dapat memahami permasalahan yang membuat penyusun resah.

Pastikan penulisannya dalam bentuk bahasa yang formal, agar tidak terjadi ambiguitas dalam pemaknaannya. Melansir dari tips dan trik dari Komunitas Guru Belajar, makalah best practice dapat dibuat dalam bentuk format ATAP. Dimana per masing – masing hurufnya mewakili proses penyusunan.

2.   Menyederhanakan Poin Tujuan

Dalam penyusunan makalah, biasanya anda akan memberikan gambaran tentang tujuan. Hanya saja, tentu anda tidak bisa sembarangan dalam mendeskripsikannya.

Baca juga:   Metode Discovery Learning dan Strategi Implementasinya di Kelas

Pastikan anda memilih kata – kata sederhana dengan makna yang jelas untuk menunjukkan tujuan pembuatan makalah anda. Jika kalimatnya ambigu, maka bisa saja pembaca akan salah mengartikan.

3.   Menuliskan Gambaran Pelaksanaan Penyelesaian Masalah

Kemudian, anda bisa menggambarkan bagaimana anda menyelesaikan permasalahan yang terjadi di kelas, manajemen sekolah maupun berkaitan dengan proses kegiatan belajar mengajar. Jika perlu, anda bisa menambahkan teori dalam penulisan sosialnya.

4.   Kesimpulan dan Saran

Selanjutnya, di akhir penyusunan makalah, anda bisa menambahkan bagian kesimpulan serta saran yang diberikan penulis terhadap penulisan makalah best practice di masa mendatang.

Nah, demikian ulasan mengenai penyusunan sistematika makalah best practice dan beberapa langkah penulisannya.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Kenali Hubungan Kepribadian, Karakter, Dan Perilaku Dalam Lingkup Pendidikan
cara membuat laporan best practice guru

Karya Inovatif

Cara Membuat Laporan Best Practice Guru yang Benar

Guru Honorer

Pentingnya Pembelajaran Social Emotional Learning (SEL) bagi Anak

Admin Sekolah

Kunci Rahasia Membuat Website dari Nol? Simak Berikut Ini
ide ice breaking pramuka

Karya Inovatif

Ide Ice Breaking Pramuka agar Tidak Bosan

Karya Inovatif

Collaborative Learning Secara Daring? Cari tahu Di Sini!

Karya Inovatif

Pentingnya Bahan Ajar Bagi Kesuksesan Pembelajaran
metode pembelajaran

Karya Inovatif

Dibuka Kembali Lomba Karya Tulis Inovasi Pembelajaran Guru 2022, Catat Jadwal Pelaksanaanya!