Home / Kesiswaan

Selasa, 23 Agustus 2022 - 10:07 WIB

Keterlibatan Orang Tua Siswa SD Untuk Berkualitas

Orang Tua– Keterlibatan orang tua dalam pembelajaran siswa itu sangat penting. Pada dasarnya memang keluarga siswa di sekolah itu adalah guru. Tetapi, bukan berarti keluarga aslinya itu lepas tangan untuk membimbing tumbuh kembang anaknya dan menyerahkan begitu saja pada gurunya.

Orang tua justru sangat penting ketika anaknya sudah menjadi peserta didik SD atau Sekolah Dasar. Sesuai dengan umurnya maka siswa SD ini memang masih butuh perhatian di sekolah maupun di rumah. Jadi tidak cukup jika hanya dari gurunya di sekolah. Jadi harus tetap ada bimbingan dari orang tuanya dari rumah.

Keterlibatan Orang Tua dalam Tumbuh Kembang Peserta Didik SD

Guru disekolah memang sudah orang tua percayakan untuk bisa mengajar dan membimbing anaknya. Namun, waktu untuk guru memberikan materi tersebut tidak akan cukup jika harus mengajar dan membimbing satu kelas penuh. Maka dari itu kekurangan yang tidak bisa guru penuhi itu harus keluarganya yang melengkapi.

Baca juga:   Langkah menyusun asesmen P5 dengan mudah

Terlebih lagi jika siswa SD tersebut masih kelas 1. Guru di sekolah punya tanggung jawab yang sangat besar untuk tumbuh kembang semua siswa kelas 1 SD tersebut. Hal ini akan berpengaruh pada potensi dan kemampuan kedepannya. Selain itu juga untuk siswa kelas 1 SD sangat penting untuk memahami materi literasi dan numerasi.

Tetapi, pada dasarnya siswa kelas 1 SD ini memang masih memiliki kemauan dan kemampuan belajar yang tinggi. Guru SD juga lebih banyak menerapkan sistem pembelajaran bermain sambal belajar. Jadi anak-anak akan merasa senang ketika atmosfirnya bermain tetapi tetap bisa mendapatkan pengetahuan.

Kesadaran dalam Tumbuh Kembang Anaknya di Sekolah

Melihat kondisi waktu yang sekolah berikan itu kurang, maka disini orang tua perlu kesadaran lebih. Kesadaran untuk turut memperhatikan perkembangan anaknya dan memberikan pemahaman lain yang anak tersebut tidak dapatkan di sekolah. Jadi pada akhirnya sebuah pembelajaran di sekolah bisa berkembang secara bersamaan oleh ajarannya dari rumah.

Baca juga:   Orang Tua Harus Mengajarkan Anaknya Bisa Mencintai Diri Sendiri

Ada beberapa hal yang bisa orang tua perhatikan di rumah selain pembelajaran di sekolah. Misalnya seperti memberikan pemahaman terkait bahasa, kesopanan, tata cara perilaku sehari-hari. Selain itu juga bisa membantu untuk memberikan pemahaman lagi terkait literasi dan numerasi.

Jadi nanti guru disekolah juga bisa terbantu ketika mengajar. Mengingat setiap hari guru harus mengajar satu kelas full dengan karakter anak yang berbeda-beda. Maka sudah pasti akan memiliki banyak kekurangan yang perlu orang tua sempurnakan lagi. Jadi kekurangan tersebut lah yang menjadi tujuan keterlibatan keluarganya dalam pendidikan peserta didik SD agar lebih berkualitas lagi dan bisa membantu potensi serta mendukung kemampuan yang dimilikinya.

 

Penulis: Vikri Februansyah

Share :

Baca Juga

Kenaikan Pangkat

Asesmen Nasional: Mengukur Karakter Peserta Didik

Kesiswaan

Strategi Mengatasi Kasus Bullying di Sekolah

Karya Inovatif

Guru Wajib Paham Gaya Belajar Siswa

Kesiswaan

Kesulitan Belajar Siswa : Hakikat, Ciri-Ciri, Bentuk-Bentuk dan Faktor Penyebab

Kesiswaan

H-6 Menuju Pengumuman SBMPTN 2022, Begini Cara Cek Hasilnya!

Karya Inovatif

Puzzlemaker Cara Mudah Membuat Teka-teki Silang untuk Pembelajaran
tips belajar

Kesiswaan

Tips Belajar dan Strategi Lolos SBMPTN 2022!

Kesiswaan

Mengembangkan Kompetensi Guru melalui Sosial Emosional
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.