Home / Kesiswaan

Senin, 29 Agustus 2022 - 11:27 WIB

Ingin Membuat LKPD Lebih Menarik? Simak Tips Berikut Ini

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) adalah salah satu sarana untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar sehingga akan terbentuk interaksi yang efektif antara guru dan siswa. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam peningkatan prestasi belajar.

Berdasarkan Depdiknas (2008), LKPD adalah lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh murid. Lembar kegiatan biasanya berupa petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas. Keuntungan penggunaan LKPD adalah memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran, bagi murid, LKPD akan membuat murid belajar mandiri dan  memahami materi serta menjalankan suatu tugas tertulis.

Berikut Tips Membuat LKPD Menarik

1. Memenuhi Syarat Didaktik

LKPD sebagai salah satu bentuk sarana berlangsungnya proses belajar mengajar harus memenuhi persyaratan didaktik, artinya suatu LKPD harus mengikuti asas belajar-mengajar yang efektif

2. Memenuhi syarat konstruksi

Syarat konstruksi adalah syarat-syarat yang berkenaan dengan penggunaan bahasa, susunan kalimat, kosa kata, tingkat kesukaran, dan kejelasan yang pada hakikatnya harus tepat agar dapat dimengerti oleh siswa

3. Penggunaan huruf yang tepat

Menggunakan huruf cetak dan tidak menggunakan huruf latin atau romawi, menggunakan huruf tebal yang agak besar, bukan huruf biasa yang diberi garis bawah, menggunakan tidak lebih dari 10 kata dalam satu baris, mengusahakan agar perbandingan besarnya huruf dengan besarnya gambar serasi.

Baca juga:   Panduan Lengkap Liveworksheets untuk Hadirkan Kelas Online Lebih Interaktif

4. Penggunaan gambar yang baik

Gambar yang baik untuk LKPD adalah yang dapat menyampaikan pesan/isi dari gambar tersebut secara efektif kepada pengguna LKPD.

5. Memiliki penampilan menarik

Penampilan adalah hal yang sangat penting dalam sebuah LKPD. Apabila suatu LKPD ditampilkan dengan penuh kata-kata, kemudian ada sederetan pertanyaan yang harus dijawab oleh murid, hal ini akan menimbulkan kesan jenuh sehingga membosankan atau tidak menarik. Salah satu cara membuat LKPD dengan tampilan menarik ialah menggunakan LKPD Liveworksheet

LKPD Liveworksheet adalah lembar kerja peserta didik (LKPD) online yang interaktif yang memungkinkan guru dapat mengubah lembar kerja yang sebelumnya tradisional berupa doc word, pdf, jpg atau yang lainnya yang perlu di cetak dulu sebelumnya, menjadi latihan online yang interaktif dan tidak perlu di cetak.

Baca juga:   Kenali P5 dahulu sebelum menerapkan kepada siswa

Manfaat LKPD Liveworksheet

LKPD interaktif bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas guru, terutama untuk menyajikan model penilaian yang menarik bagi siswa. Selain itu, memudahkan guru untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran, khususnya jika digunakan sebagai instrumen dalam pre test. Manfaat lainnya, LKPD interaktif juga mengurangi beban guru untuk mengoreksi / memberikan umpan balik pada siswa dengan adanya sistem pemberian umpan balik langsung.

Sedangkan manfaat LKPD interaktif ialah meningkatkan kemampuan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) siswa, menumbuhkan sikap mandiri, rasa ingin tahu, dan disiplin, selain itu, LKPD Liveworksheet juga bermanfaat untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar karena tampilannya yang menarik dan interaktif.

Apabila anda tertarik ingin mengembangkan kemampuan anda dalam memanfaatkan fitur-fitur Workspace For Education  Mari ikuti segera pelatihan dari e-guru.id dengan judul “Merancang Pembelajaran Interaktif untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Menggunakan GoKaMJa (Google Workspace for Education)

Daftar pada link ini : https://online.e-guru.id/product/merancang-pembelajaran-interaktif-untuk-mewujudkan-merdeka-belajar-menggunakan-gokamja-google-workspace-for-education-bulan-september-angkatan-ke-1/

(fas/rtq)

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Strategi Mengatasi Kasus Bullying di Sekolah

Kesiswaan

Teknik Bermain Peran (Role Playing) Untuk Penguatan Karakter Siswa

Kesiswaan

Cara Mengatasi Masalah Pembelajaran pada Peserta Didik

Kesiswaan

8 Hukuman yang Mendidik bagi siswa yang Nakal di Sekolah
Model Pembelajaran Inkuiri

Guru Honorer

Khusus guru, ubah akun menjadi Canva pro dengan tanpa biaya

Kesiswaan

Cara Menciptakan Motivasi Belajar Peserta Didik
Siswa Mengalami Back To School Anxiety? Ini Penjelasan dan Cara Mengatasinya

Kesiswaan

Siswa Mengalami Back To School Anxiety ? Ini Penjelasan dan Cara Mengatasinya

Kesiswaan

Jenis Wirausaha yang Cocok Untuk Siswa