Home / Admin Sekolah

Senin, 22 Januari 2024 - 15:35 WIB

Guru Sekarang Wajib Punya Laptop, Begini Cara Merawatnya

Kini, laptop atau komputer bukan lagi sekedar perangkat yang menjadi keinginan sebagian orang. Bahkan semua guru saat ini diwajib untuk memiliki perangkat tersebut untuk menunjang segala pekerjaannya.

Selain untuk keperluan mengajar, laptop juga memiliki segudang manfaat di antaranya untuk berbisnis, rapat, belajar mengajar, bekerja, atau yang lainnya. Yang jelas, menggunakan komputer sudah menjadi hal rutin yang dilakukan nyaris oleh semua guru.

Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran untuk merawatnya dengan baik, agar bisa tahan lama, dan tidak gampang rusak. Untuk saat ini, mungkin sudah banyak orang yang tahu bagaimana tips dan trik merawat komputer. Namun barangkali belum maksimal saja.

Yang perlu dicatat adalah, perawatan laptop bukan hanya soal merawat bagian perangkat kerasnya saja.  Mulai dari LCD, keyboard, atau yang lainnya. Tapi juga meski memperhatikan bagian softwarenya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

Tips dan trik merawat laptop

Berikut adalah beberapa tips dan trik dalam merawat komputer yang harus Anda lakukan mulai dari sekarang.

1.      Menjaga aliran listrik

Baca juga:   Prinsip Penyusunan Silabus untuk Pembelajaran

Tips dan trik yang pertama ialah dengan menjaga aliran listriknya. Untuk itu, akan lebih baik jika Anda menggunakan UPS atau stavolt ketika menggunakan komputer. Keduanya tergolong penting ya bagi komputer.

Stavolt ini berfungsi untuk menstabilkan daya listrik di komputer Anda. Sementara UPS adalah alat yang bisa menyediakan daya listrik cadangan ketika listrik tiba-tiba mati. Keduanya bisa mencegah kerusakan komputer Anda.

Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk menggunakan kipas angin di dekat CPU dan juga monitor. Karena ini akan mencegah laptop Anda cepat panas. Karena bagaimanapun, suhu komputer juga mesti diperhatikan jika ingin komputer Anda tahan lama.

2.      Scan virus

Tips dan trik yang belum banyak orang tahu adalah dengan melakukan scan virus menggunakan antivirus dan membersihkan cache yang sudah menumpuk. Hal ini supaya performa laptop Anda tidak sampai lemot.

Karena ternyata, sistem komputer tergolong sistem yang cukup mudah terserang virus. Apabila Anda merasa dengan menginstall satu buah antivirus cukup, maka pikirkan kembali. Karena ternyata, antivirus yang telah kadaluarsa pun bisa menjadi virus pada komputer Anda. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu mengupdate antivirus pada komputer Anda agar ia tetap optimal ketika digunakan untuk banyak hal.

Baca juga:   9 Dokumen Administrasi Guru yang Wajib Dimiliki

3.      Bersihkan file yang tidak dibutuhkan

Yang berikutnya adalah dengan membersihkan file yang sudah tidak dibutuhkan oleh komputer.

Sebenarnya, tips dan trik merawat komputer satu ini tergolong yang paling mudah. Namun siapa sangka, jika tidak sedikit orang yang suka menyimpan banyak file tidak dibutuhkan pada perangkat komputernya. Padahal, file-file ini akan membuat komputer bekerja dengan lambat. Yang kalau dibiarkan saja, maka bisa menghabiskan ruang penyimpanan.

Selain ketiga cara tersebut, Anda juga bisa melakukan trik lain, seperti defrag hardisk, uninstall aplikasi yang tidak dipakai lagi, dan aktifkan sistem restore komputer. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(ant/shd)

Share :

Baca Juga

Admin Sekolah

Mengenal RPP Literasi dan Numerasi dan Cara Menyusunnya

Admin Sekolah

Cara Menggunakan Aplikasi Sipendi dan e-Raport untuk Sistem Pendidikan PAUD
contoh deskripsi pengalaman kerja pppk guru

Admin Sekolah

Google Workspace Penakluk Online Learning

Admin Sekolah

Kunci Rahasia Membuat Website dari Nol? Simak Berikut Ini

Admin Sekolah

Kenali Google Workspace for Education sebagai Wujud dari Digitaliasai Pendidikan Era Merdeka Belajar melalui Teknologi
Tips menjadi kepala sekolah yang baik

Admin Sekolah

Tugas Kepala Sekolah yang Jarang Diketahui

Admin Sekolah

Pendidikan Usia Dini dan Memahami Kebijakan BOP PAUD

Admin Sekolah

Mengenal Cara Menyusun Dokumen PROTA sebagai Kelengkapan Administrasi Pendidikan