Home / Admin Sekolah

Rabu, 15 Juni 2022 - 01:21 WIB

Guru Wajib Paham! Inilah Fungsi Dapodik dan Jenisnya

Dapodik – Dalam dunia pendidikan, selain mengenali metode, strategi maupun jenis  – jenis administrasi pendidikan, anda perlu mengenali sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Kehadiran Dapodik tersebut merupakan suatu hal yang urgen dalam dunia pendidikan.

Jika diibaratkan dengan anatomi tubuh manusia, sistem Dapodik merupakan jantungnya. Mengapa demikian? Sebab sistem tersebut menaungi keseluruhan data baik data peserta didik, keguruan, capaian sekolah maupun aspek lainnya.

Jika terdapat satuan pendidikan yang belum terlalu memahami penggunaannya, maka bisa dipastikan sekolah tersebut masih berada jauh level peningkatannya.

Sebab kepiawaian dalam penggunaan Dapodik dan kebersegeraan mengetahui informasi melalui Dapodik, adalah sebuah indikasi bahwa satuan pendidikan tersebut punya peningkatan.

Definisi Dapodik

Definisi umumnya, Dapodik merupakan sebuah sistem yang menampung data keseluruhan pendidikan bagi lembaga maupun instansi yang memilikinya. Eksistensinya sendiri digunakan sebagai sistem pendataan pada skala nasional yang canggih dan terpadu serta merupakan sumber pada data utama dalam lingkup pendidikan nasional.

Wujudnya merupakan bagian integral dari program yang masuk dalam perencanaan aspek pendidikan nasional untuk mewujudkan insan cendekia yang cerdas maupun kompetitif.

Fungsi Dapodik

Selain bermanfaat dan memudahkan akses penerimaan dan pemberian informasi, ternyata kehadiran Dapodik juga memiliki beberapa fungsi tertentu. Adapun di antaranya yakni :

1.    Sebagai Syarat PPPK

Di dalam dunia pendidikan, tentu terdiri dari berbagai elemen maupun unsur baik penyelenggara maupun pelaksana, salah satunya yakni guru. Kehadiran guru di dunia pendidikan tentu menempati peran utama selain peserta didik.

Idealnya, para guru tersebut mendapatkan berbagai pelatihan maupun penunjang kesejahteraan sebagai hasil dari jerih payah selama ini dalam mencerdaskan bangsa. Hanya saja, keidealan tersebut tentu tidak bisa dijalankan dalam realita kondisi bangsa hari ini.

Namun supaya tetap dengan keidealan, maka pemerintah berusaha untuk melakukan segenap upaya untuk memuliakan guru. Salah satu upaya yang dilakukan dan sedang dilaksanakan yakni pembukaan jalur PPPK bagi guru yang sudah memiliki Dapodik.

Wacana PPPK hadir sebab terdapat penghapusan jabatan guru dalam PNS. Sehingga PPPK hadir sebagai pengganti dari PNS. Untuk kebermanfaatan yang diberikan, tentu masih belum bisa terlihat dampaknya. Sebab program tersebut masih belum berjalan cukup lama.

2.    Sebagai Pengalokasian Dana BOS

Selain berfungsi sebagai prasyarat dalam mengikuti seleksi PPPK, Dapodik juga digunakan pemerintah dalam mekanisme pengalokasian dana BOS bagi tiap instansi pendidikan dan jumlah keseluruhan peserta didik.

Baca juga:   Beragam Tujuan dan Manfaat Program Guru Penggerak

Perlu diketahui, bahwa program BOS merupakan salah satu program pendidikan yang telah diterapkan sekian lama dan sampai sekarang masih bisa dan bertahan untuk senantiasa menjadi tempat bermanfaat, khususnya bagi dunia pendidikan di negeri.

Tujuan utama dari program tersebut untuk senantiasa meningkatkan aspek mutu dan kualitas pendidikan indonesia.

3.    Pendataan Penerima Tunjangan

Selain kedua fungsi di atas, Dapodik juga dapat digunakan untuk bisa menjadi pemenuhan prasyaratan untuk pendataan guru yang dapat menerima bantuan tunjangan dari pemerintah. Jika guru belum bisa terdaftar di Dapodik, maka mereka akan kesulitan untuk mendapatkan program tunjangan.

Biasanya, guru pemula yang baru masuk dan in-tandem dengan sekolah maupun lembaga pendidikan masih belum bisa memiliki akun Dapodik dikarenakan lembaga maupun satuan pendidikan tersebut ingin melihat kinerja dan keprofesionalitasan dalam bekerja.

4.    Sebagai Penentuan Alokasi Dana bagi Sekolah

Kemudian, Dapodik digunakan sebagai penentuan untuk mengalokasikan dana sekolah. Dana sekolah sendiri ditujukan sebagai dana yang digunakan untuk bisa mendukung perkembangan sistem pendidikan, sarana maupun prasarana yang perlu diperbarui.

Biasanya Dapodik juga menjadi acuan bagi pemerintahan dalam penyaluran dana bagi terwujudnya pengembangan sarana maupun prasana yang ada di tiap satuan pendidikan. Dengan demikian, bisa jadi tiap satuan pendidikan memiliki bantuan alokasi dana yang berbeda – beda dari pemerintahan bergantung pada tingkat kelayakan.

5.    Sebagai Alat Monitoring

Fungsi lainnya lagi, Dapodik digunakan sebagai alat monitoring oleh pemerintahan secara terpusat. Hal ini lantaran setiap sekolah pastinya akan mengalami banyak perubahan pada kelembagaan bukan?

Sehingga setiap terjadinya perkembangan tersebut, sebisa mungkin segera mengunggah data perkembangan pad sistem pendidikan yang sudah dibuat sehingga data tersebut bisa terbaca dan dikaji pusat.

Termasuk juga dapat difungsikan dalam pengajuan mengenai program yang dicanangkan lembaga maupun instansi pendidikan.

6.    Sebagai Verval Data

Selain itu, Dapodik juga difungsikan sebagai sistem untuk bisa melakukan pengajuan seperti verifikasi dan validasi (Verval)data, nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan atau biasa disebut NUPTK. Jadi, jika anda memiliki NUPTK, hal tersebut membuktikan bahwa anda sudah terdaftar di Dapodik.

7.    Sebagai Pengajuan NPSN

Fungsi lainnya yakni Dapodik dapat digunakan untuk pengajuan NPSN alias Nomor Pokok Sekolah Nasional. Selain itu, bisa juga digunakan untuk mengajukan NISN.

Baca juga:   Pembelajaran Tatap Muka Inovatif dan Interaktif di Kelas

8.    Sebagai Alat Monitoring Kebijakan

Fungsi selanjutnya yakni, Dapodik digunakan sebagai alat monitoring khususnya pada aspek kebijakan pendidikan. Misal, Dapodik dapat digunakan untuk memetakan dan melakukan pemerataan guru di seluruh wilayah negeri. Kehadiran Data Pokok Pendidikan, dapat digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan monitoring sekaligus evaluasi bagi ragam kebijakan yang telah dilaksanakan.

9.    Meningkatkan Pelaporan Sekolah

Selain itu, Dapodik juga bisa difungsikan sebagai sistem yang bisa mempercepat serta meningkatkan efektivitas pelaporan baik yang dilakukan pihak sekolah kepada pemerintahan maupun penerimaan informasi dari pemerintah pusat. Sehingga satuan pendidikan akan selalu berada dalam posisi up-to-date.

Mengenal Jenis Dapodik

Setelah memahami urgensitas Dapodik, anda juga perlu mengenali jenisnya dalam satuan pendidikan. Adapun perinciannya sebagai berikut :

1.    Dapodikdasmen

Sistem pertama yang harus anda kenali yakni sistem Dapodik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Sehingga bisa dikatakan, Dapodik tersebut difungsikan untuk jenjang SD (Sekolah Dasar) dan SMP (Sekolah Menengah Pertama).

2.    Dapodikmen

Kemudian sistem kedua berjenis Dapodikmen di mana fungsinya digunakan sebagai sistem pengisian data pokok di jenjang menengah atas yakni SMA, SMK, MA, dan segala satuan pendidikan yang berada di bawah naungan Dirjen Pendidikan Menengah.

3.    Definisi Dapodik Paud dan Dikmas

Jenis yang ketiga yakni Dapodik Paud dan Dikmas. Jenis tersebut difungsikan sebagai sistem pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Diknas) baik lembaga yang bersifat formal maupun non – formal.

Biasanya yang termasuk dalam kategori non – formal di ketentuan Dapodik yakni seperti TPQ (Taman Pendidikan Al Qur’an, kursus maupun yang lainnya. Nah di sisi lain, yang termasuk dalam Dikmas informal yakni seperti PKMB (Pusat Kegiatan Belajar Mengajar) dan lembaga Homeschooling.

Nah, demikian ulasan mengenai Dapodik dan penjelasan mengenai fungsi maupun jenis Dapodik yang bisa anda pahami. Semoga semakin bertambahnya tahun, menjadikan sistem Dapodik lebih tertata rapi dan sistematis sehingga lebih memudahkan semua tenaga kependidikan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(shd/shd)

Share :

Baca Juga

Admin Sekolah

Yuk Kenali Manfaat Microsoft Excel dalam Mengelola Administrasi Kelas

Admin Sekolah

9 Dokumen Administrasi Guru yang Wajib Dimiliki

Admin Sekolah

Administrasi Sekolah Semakin Mudah dengan Microsoft Excel

Admin Sekolah

Cara Menggunakan Aplikasi Sipendi dan e-Raport untuk Sistem Pendidikan PAUD

Admin Sekolah

Aplikasi Dapodik Terbaru : Dapodik Versi 2022.d

Admin Sekolah

Kunci Rahasia Membuat Website dari Nol? Simak Berikut Ini

Admin Sekolah

Mengenal LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan)

Admin Sekolah

Cara Membuat Profil Sekolah yang Menarik dan Informatif
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.