Home / Admin Sekolah

Selasa, 18 Oktober 2022 - 14:30 WIB

Cara Menentukan Visi dan Misi Satuan Pendidikan sesuai Kurikulum Operasional

Selain mendidik dan meningkatkan kemampuan pedagogik, terdapat aspek lain yang perlu guru pelajari. Yakni memahami cara menentukan visi dan misi satuan pendidikan sesuai kurikulum operasional. Kendati tidak semua guru mendapat peran yang sama dalam proses pengembangannya, namun hal bermanfaat tersebut jangan disia – siakan. Anda perlu belajar sehingga wawasan yang dimiliki menjadi semakin luas.

Idealnya, terdapat banyak komponen dalam penyusunan kurikulumnya. Salah satunya yakni komponen dalam penentuan visi dan misi serta tujuan dari satuan pendidikan.

Bagaimana Menentukan Visi dan Misi serta Tujuan pada Kurikulum Operasional?

Sebelum menyusun kurikulum operasional, sebaiknya anda perlu mengetaui cara menentukan visi dan misi satuan pendidikan serta tujuan yang akan dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan maupun untuk bisa menunjukkan prioritas pada satuan pendidikan.

Perumusan visi misi maupun tujuan merupakan suatu langkah yang penting pada satuan pendidikan agar dapat terwujud rancangan belajar yang berkualitas dan meningkatkan kemampuan profesional para elemen satuan pendidikan.

Selain itu, penentuan visi, misi serta tujuannya harus mengacu dan berorientasi pada peserta didik.

Baca juga:   Pendidikan Usia Dini dan Memahami Kebijakan BOP PAUD

Berdasar pemaknaannya, visi merupakan suatu cita – cita yang diwujudkan bersama oleh warga dan elemen sekolah. Perumusannya pun merupakan akumulasi dari warga sekolah. Visi seharusnya menjadi sebuah gambaran di masa mendatang terkait capaian yang diharapkan oleh sekolah. Pun visi seharusnya dapat menjadi panduan maupun memberikan arahan serta motivasi pada warga sekolah.

Selain itu, karakteristik lain dari visi yakni berada pada aspek kredibel, atraktis dan realistis. Idealnya, visi dapat lebih mudah untuk dipahami serta memberikan fokus pada mutu dan kualitas capaian.

Sedangkan misi, merupakan ungkapan panjang dari tercetusnya visi. Pun juga merupakan sarana untuk mewujudkan penyusunan program baik di jangka pendek, menengah maupun jangka panjangnya.

Perwujudan ini tentu tak terlepas adanya masukan warga sekolah untuk menghadirkan suasana yang mampu menawarkan win – sin solution.

Sebagaimana yang diketahui bersama, misi akan dapat memberikan gambaran tentang harapan sekolah terutama output peserta didik.

Dalam perumusannya, misi biasa berbentuk kalimat yang dapat menunjukkan berbagai tindakan dan bernilai positif. Hal ini bertujuan agar misi dapat dengan mudah dijalankan oleh seluruh warga sekolah khususnya pendidik.

Baca juga:   Strategi Membuat Peraturan Kelas agar Terbentuk Suasana yang Kondusif

Pada aspek lain, penentuan tujuan setelah merumuskan visi dan misi sangatlah penting. Tujuan merupakan suatu gambaran pada hasil yang akan dicapai di rentan waktu tertentu. Adapun beberapa prinsip dalam penentuan tujuan yakni sebagai berikut :

Pertama, tujuan harus disesuaikan dengan deskripsi pada misi serta nilai – nilai yang ada pada satuan pendidikan.

Kedua, tujuan perlu memberikan fokus pada hasil yang memang dikehendaki para peserta didik.

Ketiga, tujuan perlu dirumuskan dalam keadaan yang linear dengan beberapa sifat misalnya terukur, spesifik, serta mampu untuk digapai pada jangka waktu yang ditetapkan.

Nah, itulah cara untuk menentukan visi dan misi satuan pendidikan. Apakah Anda sekarang sudah mengerti?

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

Admin Sekolah

Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Melalui TQM

Admin Sekolah

9 Dokumen Administrasi Guru yang Wajib Dimiliki

Admin Sekolah

Mengenal Cara Menyusun Dokumen PROTA sebagai Kelengkapan Administrasi Pendidikan

Admin Sekolah

Selain Jadi Guru, Sarjana Pendidikan Bisa Jadi ini, Loh!

Admin Sekolah

Mengenal lebih dalam tentang Rapor Pendidikan Indonesia

Admin Sekolah

Cara Membuat Profil Sekolah yang Menarik dan Informatif

Admin Sekolah

Langkah menyusun asesmen P5 dengan mudah

Admin Sekolah

E-Rapor Kurikulum Merdeka : Rapor Siswa Lebih Simpel dan Terintegrasi dengan Dapodik.
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.