Home / Admin Sekolah

Sabtu, 19 November 2022 - 00:24 WIB

Cara Penyusunan Kalender Pendidikan

Ilustrasi membuat laporan best practice guru

Ilustrasi membuat laporan best practice guru

Dalam dunia pendidikan, selain peserta didik terdapat administrasi yang juga harus menjadi konsentrasi salah satunya yakni penyusunan kalender pendidikan.

Kalender pendidikan merupakan suatu mekanisme pengaturan untuk menyusun waktu dan proses pembelajaran baik bagi peserta didik maupun pendidik.

Kalender tersebut akan berisikan kegiatan pembelajaran yang mana cakupannya dari awal tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu belajar efektif dan penataan hari libur.

Fungsi kalender tersebut digunakan untuk kelengkapan administrasi pada satuan pendidikan dimana penyusunannya akan disesuaikan oleh Dinas Pendidikan.

Selain itu, penyusunan kalender pendidikan akan sesuai karakteristik dan kebutuhan peserta didik, satuan pendidikan, masyarakat. Selain itu, kalender pendidikan akan disesuaikan dengan Standar Isi yang ditentukan.

Mekanisme Penyusunan Kalender Pendidikan

Dalam penyusunannya, kalender pendidikan menyusun beberapa hal seperti permulaan pelajaran, minggu efektif, waktu pembelajaran efektif, dan waktu libur. Berikut penjelasannya :

Pertama, awal permulaan tahun maksudnya yakni berkaitan dengan waktu kegiatan pembelajaran yang perlu dibuat di awal tahun pelajaran.

Kedua, topik kalender pendidikan yang berkaitan dengan minggu efektif berkaitan dengan kuantitas dan kualitas dari kegiatan per-minggunta mengenai pembelajaran bagi setiap periode tahun pelajaran.

Baca juga:   Kemendikbudristek Resmi Rilis Platfrom Terbaru "Rapor Pendidikan"

Ketiga, waktu pembelajaran efektif merupakan jumlah jam apda periode pembelajaran per minggu, yakni kuantitas jam pembelajaran bagi setiap mapel yang mencakup muatan lokal dan perlu ditambah dengan jumlah jam bagi kegiatan pengembangan diri.

Keempat, kalender pendidikan juga berkaitan dengan waktu libur. Waktu libur merupakan kondisi waktu yang sudah ditentukan agar kegiatan pembelajaran ditiadakan.

Biasanya waktu liburan berkaitan dengan liburan jeda  tengah semester, pergantian, libur untuk akhir pelajaran, libur keagamaan, libur yang sudah diresmikan pemerintah, dan libur insidental dan mendesak serta penetapannya berdasar satuan pendidikan masing – masing.

Keenam, waktu belajar yang sudah dicanangkan pada pembelajaran nantinya akan menerapkan dua semester dimana dalam satu periode terbagi dalam 2 semester yakni semester ganjil dan genap.

Menurut Surat Edaran yang ditentukan oleh Ditjen Pendidikan Islam dengan Nomor DJ.II 1/PP .00/ED/681/2006 menegaskan bahwa pembagian alokasi waktu dalam kalender pendidikan terbagi dalam beberapa hal diantaranya yakni :

Baca juga:   2 Model Pembelajaran Aktif yang Mudah Diterapkan saat Mengajar

Alokasi Waktu Pembagian Kalender Pendidikan

Pertama, minggu efektif berkaitan dengan alokasi kegiatan pembelajaran yang idealnya akan dilaksanakan dalam periode minimal 29 minggu dan maksimal pembelajaran dapat dilakukan selama 39 minggu di masing -masing satuan pendidikan.

Kedua, waktu jeda semester maksimal akan dilaksanakan selama 2 minggu dan satu minggu pada periode semesternya.

Ketiga, terdapat waktu jeda antar semester dimana maksimal akan dilaksanakan selama 2 minggu antara semester I maupun semester II.

Keempat, waktu libur akhir tahun untuk pelajaran maksimal akan dilaksanakan selama 3 minggu yang dapat berfungsi untuk proses penyiapan bagi kegiatan administrasi baik akhir maupun awal tahun pelajaran.

Nah demikian ulasan mengenai penyusunan kalender pendidikan di satuan pendidikan. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

contoh deskripsi pengalaman kerja pppk guru

Admin Sekolah

Google Workspace Penakluk Online Learning

Admin Sekolah

Selain Jadi Guru, Sarjana Pendidikan Bisa Jadi ini, Loh!

Admin Sekolah

Kunci Rahasia Membuat Website dari Nol? Simak Berikut Ini

Admin Sekolah

Mengenal Manajemen Pendidikan untuk Wujudkan Pendidikan Cemerlang

Admin Sekolah

Mengenal lebih dalam tentang Rapor Pendidikan Indonesia

Admin Sekolah

Mengenal Cara Menyusun Dokumen PROTA sebagai Kelengkapan Administrasi Pendidikan

Admin Sekolah

Guru Wajib Paham! Inilah Fungsi Dapodik dan Jenisnya

Admin Sekolah

Guru Sekarang Wajib Punya Laptop, Begini Cara Merawatnya