Home / Admin Sekolah

Senin, 29 Agustus 2022 - 11:36 WIB

Yuk Kenali Manfaat Microsoft Excel dalam Mengelola Administrasi Kelas

Ilustrasi belajar lewat Quizizz

Ilustrasi belajar lewat Quizizz

Microsoft Excel merupakan kemajuan teknologi yang memudahkan orang dalam menjalankan pekerjaannya. Terlebih untuk pekerjaan para guru. Program ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk mengelola data yang berkaitan dengan kerja guru atau untuk kepentingan mengajar.

Microsoft Excel sendiri adalah sebuah program yang dikembangkan oleh perusahaan ternama, yaitu Microsoft Corporation. Program ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1985. Hingga akhirnya berkembang menjadi seperti sekarang ini dan bisa digunakan di berbagai gawai, mulai dari handphone hingga komputer. Pada dasarnya, siapa pun dapat menggunakan program ini, baik berbayar maupun tidak. Selain itu, Excel memiliki keuntungan karena tidak bergantung pada perangkat lunak lain dan dapat diintegrasikan dengan berbagai alat Microsoft lainnya, termasuk Microsoft Word, PowerPoint, Microsoft Team, Outlook, One Drive, dan banyak lagi.

Berikut ini beberapa manfaat Microsoft Excel dalam mengelola administrasi kelas

Pengumpulan data

Microsoft Excel menawarkan sejumlah opsi untuk menggabungkan data dari berbagai sumber. Spreadsheet dalam format .xlsx dapat ditingkatkan dan dibuat lebih sederhana dengan bantuan  tools ini. Selain itu, Excel memungkinkan untuk mengimpor data dari berbagai sumber, termasuk database, halaman web, dan file teks. Data kemudian dapat disusun, dianalisis, dan disajikan dan dipresentasikan untuk berbagai kebutuhan.

Baca juga:   Selain Jadi Guru, Sarjana Pendidikan Bisa Jadi ini, Loh!

Perhitungan Matematika

Salah satu fungsi dari program Excel yang sudah banyak diketahui orang adalah bahwa program ini bisa digunakan untuk mempermudah kalkulasi yang bersifat matematis. Selain itu, software yang satu ini juga bisa digunakan untuk melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dengan formula-formula tertentu.

Pengelolaan Data

Microsoft Excel menawarkan sejumlah opsi untuk menggabungkan data dari berbagai sumber. Spreadsheet dalam format .xlsx dapat ditingkatkan dan dibuat lebih sederhana dengan bantuan  tools ini. Selain itu, Excel memungkinkan untuk mengimpor data dari berbagai sumber, termasuk database, halaman web, dan file teks. Data kemudian dapat disusun, dianalisis, dan disajikan dan dipresentasikan untuk berbagai kebutuhan. Selain itu, Excel juga mempermudah pekerjaan guru ketika membuat raport nilai dan sebagainya. , misal mencari nilai rata-rata dari daftar nilai yang ada.

Baca juga:   Cara Menggunakan Aplikasi Sipendi dan e-Raport untuk Sistem Pendidikan PAUD

Membuat Grafik

Program Microsoft Excel juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan grafik yang menarik berdasarkan data yang dimasukkan ke dalam sistem. Sehingga semua data yang terlihat sangat rumit bisa disajikan hanya dalam bentuk sebuah gambar yang menarik dilihat. Fungsi yang terakhir ini sangatlah bermanfaat untuk membuat evaluasi terkait suatu program sekolah.

Misalnya, menunjukkan grafik jumlah siswa baru yang mendaftar setiap tahun, jumlah lulusan, dan lain sebagainya. Fungsi ini juga sangat membantu untuk menilai efektivitas suatu program sekolah, misalnya dengan menunjukkan grafik pertumbuhan tahunan pendaftaran siswa, pertumbuhan tahunan kelulusan siswa, dan sebagainya.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari Microsoft Excel terutama dalam mengelola kelas, anda bisa mengikuti pelatihan dari e-guru.id dengan judul “Mmebuat Aplikasi Pengelolaan Administrasi Kelas”

Daftar Sekarang

(fas/rtq)

Share :

Baca Juga

Admin Sekolah

Mengenal Prota dan Prosem dalam Perencanaan Pembelajaran
tips membuat modul ajar

Admin Sekolah

Artikel ilmiah mudah dipublish? Simak berikut ini
Tips menjadi kepala sekolah yang baik

Admin Sekolah

7 Tips Menjadi Kepala Sekolah yang Baik

Admin Sekolah

5 Prinsip Penting Administrasi Kurikulum

Admin Sekolah

Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Melalui TQM

Admin Sekolah

Mengenal LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan)

Admin Sekolah

Kemendikbudristek Resmi Rilis Platfrom Terbaru “Rapor Pendidikan”

Admin Sekolah

Kenali Google Workspace for Education sebagai Wujud dari Digitaliasai Pendidikan Era Merdeka Belajar melalui Teknologi