Home / Admin Sekolah

Kamis, 17 Februari 2022 - 13:21 WIB

Cara Membuat Profil Sekolah yang Menarik dan Informatif

Cara Membuat Profil SekolahProfil sekolah adalah hal yang penting untuk dapat menampilkan dan memperkenalkan sekolah kepada publik. Dengan membuat profil sekolah yang menarik, sekolah akan dapat menjangkau lebih banyak siswa baru setiap tahunnya.

Untuk itu Anda perlu mengetahui cara membuat profil sekolahyang menarik baik itu sekolah dengan jenjang PAUD, TK, SD, SMP, SMA dan SMK, negeri dan swasta, serta madrasah baik di MI, MT dan MA.

Di era digital saat ini, Anda dapat memanfaatkan berbagai perangkat teknologi untuk membuta profil sekolah yang menarik dan informatif. Silakan simak apa saja elemen wajib profil sekolah dan cara membuat profil sekolah berikut ini:

Elemen Wajib Profil Sekolah

1.     Identitas Sekolah

Elemen penting pertama jika Anda ingin membuat profil sekolah adalah identitas sekolah. Dalam menyusun identitas sekolah, Anda perlu untuk menyebutkan nama sekolah dengan jelas, alamat, nomor telepon, email, NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), dan nama kepala sekolah.

Khusus pada bagian alamat, Anda dapat menambahkan versi Google Maps lokasi sekolah agar lebih mudah dideteksi dan dijangkau. Terutama bagi calon siswa baru yang ingin mendaftarkan diri, maka mereka akan lebih mudah untuk menghubungi sekolah dan mencari informasi yang tepat.

2.     Visi dan Misi Sekolah

Visi dan misi sekolah menjadi elemen wajib berikutnya yang harus dicantumkan dalam profil sekolah. Hal ini akan membantu masyarakat dengan mudah mengetahui arah pendidikan di sekolah tersebut. Dengan begitu, calon murid baru bisa mengetahui apakah sekolah tersebut akan cocok atau tidak untuk masa depannya.

3.     Kurikulum Sekolah

Kurikulum juga perlu ditampilkan dalam sebuah profil sekolahan. Dengan begitu, masyarakat bisa mengetahui bagaimana model pembelajaran yang akan diterapkan di sekolah tersebut. Kurikulum juga nantinya akan berkaitan dengan indikator capaian siswa. Dengan demikian calon peserta didik bisa mendapatkan gambaran metode pembelajaran yang akan dilaluinya.

4.     Guru dan Staff

Guru adalah elemen penting dalam sebuah lembaga pendidikan. Jajaran guru inilah yang bertanggung jawab penuh terhadap kesuksesan anak didiknya. Oleh sebab itu, setiap profil guru juga perlu ditampilkan dalam sebuah profil sekolah.

Di  samping itu, tim staff juga perlu ditampilkan karena staff bertanggung jawab penuh dalam  memberikan calon siswa layanan atas administrasi sekolah. Menampilkan tim guru dan staff yang berkualitas akan mendorong para orang tua untuk tidak ragu-ragu dalam memilih lembaga pendidikan untuk anaknya.

5.     Data Siswa

Data siswa menjadi elemen berikutnya yang penting untuk ditampilkan, karena akan menunjukkan bahwa sekolah tertentu telah berhasil meluluskan banyak siswa. Selain itu, mahasiswa berprestasi juga harus ditampilkan dalam profil sekolah untuk menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon mahasiswa baru.

Baca juga:   Yuk Pahami Dampak Positif dan Dampak Negatif Media Sosial

6.     Fasilitas Sekolah

Visual bangunan sekolah terkadang tidak dapat dipungkiri menjadi hal yang penting untuk ditampilkan. Karena fasilitas sekolah yang baik dapat menjadi daya tarik calon siswa. Kemunculan sarana dan prasarana pada sekolah bisa menjadi pertimbangan tersendiri.

Cara Membuat Profil Sekolah yang Baik

Setelah Anda mengetahui elemen wajib apa saja yang harus ada dalam profil sekolah, berikutnya Anda dapat langsung menyimak cara membuat profil sekolah menarik dan juga informatif berikut ini.

1.     Tentukan Media untuk Menampilkan Profil Sekolah

Hal pertama dalam rangkaian cara membuat profil sekolah yang penting untuk dilakukan adlah dengan terlebih dahulu menentukan media apa yang akan digunakan untuk menampilkan profil sekolah. Apakah Anda akan menggunakan media cetak konvensional berupa brosur atau media digital modern seperti website atau laman media sosial.

Setelah Anda menentukkan media yang digunakan, maka berikutnya Anda dapat mencatat apa saja kebutuhan yang harus dipenuhi untuk mengisi profil sekolah di media yang dipilih tersebut.

2.     Kumpulkan Informasi dan Dokumentasi Sekolah Secara Lengkap

Hal pertama yang perlu untuk Anda lakukan dalam membuat profil sekolah adalah dengan mengumpulkan informasi dan dokumentasi sekolah secara lengkap. Tidak dapat dipungkiri, informasi dan dokumentasi inilah yang nantinya akan berguna untuk menyusun profil sekolah baik secara daring maupun luring.

3.     Susun Rincian Metode Belajar dan Mitra Pendidikan

Dalam profil sekolah sangat baik jika Anda memuat tentang metode belajar yang digunakan di sekolah. Dalam hal ini Anda dapat menyusun informasi berisi kurikulum pendidikan, metode dan program pembelajaran, serta berbagai fasilitas penunjang pembelajaran yang ada.

Selain itu, sertakan juga akreditasi sekolah Anda dan mata pelajaran maupun aktivitas yang menjadikan sekolah Anda berbeda dari sekolah lainnya. Sebagai tambahan, menyertakan informasi mitra pendidikan juga menjadi hal yang penting. Keseluruhan informasi tersebut dapat Anda susun untuk kemudian Anda tampilkan pada profil sekolah.

4.     Customer Service atau Media Komunikasi Sekolah

Hal yang tidak boleh Anda lewatkan ketika membuat profil sekolah adalah untuk membuat halaman Customer Service sebagai media komunikasi sekolah. Pada halaman ini, Anda dapat menyertakan media komunikasi yang bisa dihubungi, misalnya; sosial media sekolah Anda, blog, nomor telepon, email, serta alamat website sekolah.

Komponen yang Perlu Disiapkan sebelum Membuat Website Sekolah

Khusus untuk Anda yang ingin membuat profil sekolah melalui website, maka beberapa hal di bawah ini penting untuk diperhatikan.

Baca juga:   Fungsi dan Tips Membuat Media Pembelajaran

1. Domain

Domain untuk membuat website sekolah umumnya menggunakan ekstensi .SCH.ID bukan domain .COM, .NET, .INFO, .ORG atau domain identitas komersial lainnya. Untuk memperoleh sebuah domain, Anda harus mendaftarkannya terlebih dahulu melalui domain name registrar.

Namun, perlu diperhatikan bahwa terdapat beberapa persyaratan yang dibutuhkan apabila Anda ingin mendaftarkan sebuah domain berekstensi sch.id, yaitu:

  • Scan KTP penanggung jawab
  • Scan surat permohonan dari kepala sekolah
  • Scan surat kuasa dari kepala sekolah kepada penanggung jawab untuk pendaftaran domain

2. Hosting

Web Hosting merupakan bagian terpenting lainnya dalam tahapan mempersiapkan website. Tanpa web hosting, Anda tidak dapat memulai situs profil sekolah. Hosting berperan sebagai “rumah” untuk menampung seluruh bentuk file dan dokumen yang akan ditampilkan pada website.

Web hosting terdiri atas beberapa jenis, namun umumnya cloud hosting yang banyak digunakan untuk website sekolah. Jenis web hosting ini mudah digunakan sebab pengelolaan server dilakukan oleh penyedianya. Selain itu, sumber dayanya yang besar juga dapat mempercepat loading website sekolah dan minim downtime.

3. SSL Certificate

Setelah Anda membeli domain dan juga web hosting, hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah keamanan website tersebut. Terlebih lagi, jika Anda ingin membuat website yang digunakan untuk merepresentasikan sebuah instansi pendidikan.

Nah, untuk memproteksi pertukaran data yang terjadi pada website, Anda harus memiliki SSL certificate. Selain berfungsi sebagai pengaman, SSL Certificate ini juga memiliki manfaat lainnya.

Kini, sudah banyak web browser yang menampilkan badge atau tanda pada address bar yang mengindikasikan aman atau tidaknya sebuah website. Oleh karena itu, penggunaan SSL certificate juga dapat meningkatkan citra website Anda.

Website Sekolah yang Tidak Berbayar

Dalam membuat website sekolah Anda tidak wajib mengeluarkan biaya yang mahal. Sebab ada juga website sekolah yang disediakan secara cuma-cuma alias gratis, yang dibangun menggunakan layanan khusus dari pihak ketiga. Misalnya saja, cara membuat website sekolah dengan joomla.

Namun, agar lebih leluasa dalam menampilkan fitur sesuai dengan keinginan Anda, ada baiknya jika Anda memutuskan untuk menggunakan website dengan hosting serta domain berbayar.

Demikianlah ulasan mengenai cara membuat profil sekolah yang menarik dan interaktif, semoga bermanfaat!

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

sls/shd

Share :

Baca Juga

Admin Sekolah

Mengenal RPP Literasi dan Numerasi dan Cara Menyusunnya

Admin Sekolah

Administrasi Sekolah Semakin Mudah dengan Microsoft Excel

Admin Sekolah

Mengenal Manajemen Pendidikan untuk Wujudkan Pendidikan Cemerlang

Admin Sekolah

Google Workspace Penakluk Online Learning

Admin Sekolah

Dana BOS Kemenag Tahap 2 Siap Dicairkan

Admin Sekolah

Artikel ilmiah mudah dipublish? Simak berikut ini

Admin Sekolah

9 Dokumen Administrasi Guru yang Wajib Dimiliki

Admin Sekolah

Aplikasi Dapodik Terbaru : Dapodik Versi 2022.d
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.