Home / Metode Pembelajaran

Selasa, 6 Februari 2024 - 08:47 WIB

Beberapa Hal yang Wajib Diketahui dalam Melaksanakan Diskusi Panel di Kelas

7 Gaya Belajar Siswa yang Wajib Guru Ketahui

7 Gaya Belajar Siswa yang Wajib Guru Ketahui

Mungkin, dalam beberapa kesempatan Anda pernah mendengar istilah diskusi panel. Dan metode ini umum dilakukan dalam sebuah pembelajaran di dalam kelas.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan diskusi panel itu sendiri?

Meskipun tergolong sering didengar dan diucapkan, namun masih banyak yang tidak tahu jika ditanya seputar diskusi satu ini. Mulai dari pengertiannya, tujuan, manfaat, sampai dengan komponennya. Oleh karena itu, berikut pembahasannya.

Pengertian Diskusi Panel

Jika kita perhatikan, banyak organisasi-organisasi yang mencoba menghadirkan model diskusi satu ini di hadapan publik. Salah satunya adalah debat presiden yang terjadi baru-baru ini.

Diskusi panel sendiri merupakan diskusi yang dilaksanakan oleh sekelompok orang, yang dinamakan dengan panelis. Kelompok tersebut akan membahas sebuah masalah atau tema yang tengah menjadi perhatian umum saat itu.

Untuk metodenya sendiri adalah dengan bertukar pendapat, layaknya diskusi pada umumnya. Hanya saja, diskusi satu ini merupakan diskusi yang terstruktur dan terarah, sehingga konsepnya jelas. Menariknya, konsep diskusi panel ini juga bisa Anda terapkan untuk pembelajaran di dalam kelas.

Baca juga:   Cara Menggunakan Google Classroom untuk Kelas Online

Adapun tujuan dari dilaksanakannya ialah memberikan berbagai macam informasi menarik kepada pendengar, mengenai permasalahan yang terjadi, dan ditinjau dari beberapa aspek selama diskusi.

Diskusi ini akan dipandu oleh moderator. Sementara fungsinya adalah sebagai alat atau media menyampaikan pendapat mengenai sebuah permasalahan dengan cara berdiskusi.

Diskusi panel memiliki beberapa ciri-ciri, yakni dipandu oleh moderator. Kemudian biasanya ditampilkan di suatu media, baik itu televisi, radio, atau yang lainnya.

Terdapat 3 sampai dengan 6 panelis, dan masing-masing panelis adalah pakar dari permasalahan yang akan dibahas, mempunyai notulis, dan peserta tidak terlibat secara langsung.

Komponen diskusi panel

Jika ingin melaksanakan agenda ini di dalam sebuah pembelajaran di kelas, tentu Anda perlu mengetahui komponen dalam diskusi panel.

  1.     Moderator

Moderator merupakan sebutan untuk orang yang memiliki tanggung jawab untuk memimpin alur diskusi. Mulai dari menyampaikan tema diskusi yang akan dilaksanakan, mengatur jalannya diskusi, sampai dengan menjadi penengah di antara para panelis dengan peserta.

  1.     Notulis
Baca juga:   Media Pembelajaran Interaktif Kunci Murid Senang Belajar

Yang kedua adalah harus ada notulisnya. Sederhananya, notulis bisa kita sebut dengan sekretaris. Sebagaimana yang kita tahu bahwa seorang sekretaris bertugas untuk mencatat poin-point penting selama diskusi, kemudian menarik kesimpulan dari diskusi yang dilaksanakan.

  1.     Peserta

Dalam diskusi panel, terdapat komponen lain, yakni peseta. Peserta ini akan menyaksikan pelaksanaan diskusi yang berlangsung. Sehingga, mereka tidak dapat memberikan pendapat atau masukan. Meskipun demikian, biasanya akan diadakan sesi tanya jawab kepada para panelis yang dipandu oleh moderator.

  1.     Panelis

Adapun komponen yang paling penting adalah panelis atau pemateri. Pemateri berperan menjalankan diskusi, sesuai tema. Selama melakukan diskusi, maka panelis meski mengutarakan pandangan atau pendapatnya terkait dengan isu yang diangkat.

 Nah, itulah beberapa hal yang perlu diketahui dalam melaksnakan diskusi panel di dalam kelas.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(ant/shd)

Share :

Baca Juga

Metode Pembelajaran

Strategi Guru untuk Meningkatkan Antusias Siswa di Kelas
Model Pembelajaran Inkuiri

Metode Pembelajaran

Berpikir Kritis dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri

Metode Pembelajaran

Ternyata Ini Perbedaan Metode dan Model Pembelajaran
Strategi Guru

Metode Pembelajaran

4 Cara Menciptakan Kelas yang Kondusif

Guru Honorer

Inilah 5 Manfaat Belajar Matematika Sejak Dini Bagi Anak

Metode Pembelajaran

Cara Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Peserta Didik

Metode Pembelajaran

5 Model Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan untuk Siswa

Guru Honorer

Ayo, Tingkatkan Kualitas Guru dengan KSE