Home / Media Pembelajaran

Selasa, 16 Januari 2024 - 10:20 WIB

Salah Satu Tips Penting dalam Membuat Video Pembelajaran

Salah satu media pembelajaran yang cukup efektif digunakan saat ini adalah video. Namun ketika membuatnya terdapat satu hal penting yang harus dilakukan dan akan diulas dalam artikel ini. 

Kita bisa lihat bahwa sudah banyak sekali peneliti-peneliti yang menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa video mampu meningkatkan motivasi belajar para siswa. 

Namun sayangnya, sebagaimana kita tahu, bahwa proses pembuatan video bukanlah perkara mudah. Terlebih lagi bagi para pemula. 

Sebab, ketika membuat video pembelajaran yang diperhatikan bukan hanya sekadar dari faktor editingnya saja. Melainkan menulis naskah sebelum pembuatan video pembelajaran tersebut juga tak kalah pentingnya.

Naskah yang baik, akan membuat para siswa mudah dalam memahami materi yang disampaikan. Mungkin, jika hanya sekadar membuat naskah biasa, sudah banyak para guru yang bisa. 

Namun perlu kita pahami, bahwa membuat naskah untuk video pembelajaran, berbeda dengan pembuatan naskah biasa pada umumnya. Oleh karena itu, simak penjelasan mengenai cara membuat naskah dalam membuat video pembelajaran berikut.

Berikut merupakan cara menulis naskah dalam membuat video pembelajaran: 

  1.     Rangkuman singkat

Cara pertama ketika membuat naskah video pembelajaran adalah dengan membuat sebuah rangkuman yang singkat. 

Baca juga:   Cara Menciptakan Pembelajaran Kreatif

Sebelum mulai menulis sebuah script atau naskah, usahakan untuk membuat rangkuman terlebih dahulu mengenai materi yang akan Anda sampaikan nantinya. Mulai dari tujuan dibuatnya video pembelajaran tersebut, kemudian pesan ataupun inti dari video, karakteristik peserta yang akan melihat video, sampai dengan tipe video yang akan Anda buat. 

Semua itu, tujuannya supaya bisa menjadi arahan Anda ketika menulis naskah nantinya. 

Catat poin yang dianggap penting, kemudian pahami. Lalu bayangkan bagaimana Anda akan menyampaikannya nanti.

  1.     Tentukan nada pengantar yang akan digunakan

Adapun cara menulis naskah dalam membuat video pembelajaran yang selanjutnya adalah dengan menentukan nada yang akan Anda gunakan. 

Sadar atau tidak, nada juga bisa menjadi hal yang menarik perhatian. Apabila topik yang akan dibahas cukup berat, maka Anda bisa mencoba menjelaskan dengan menyelipkan sedikit humor di dalamnya. Agar video pembelajarannya tidak terlalu, monoton, tegang, dan membosankan.

  1.     Tambahkan kisah

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah, tambahkan kisah ataupun cerita, Karena bagaimanapun, kisah atau cerita menjadi hal yang sangat menarik bagi manusia. 

Baca juga:   3 Media Pembelajaran Interaktif untuk Guru Zaman Now

Anda bisa membuat naskah teori dalam bentuk cerita, yang bisa mengubah teorinya menjadi lebih menarik untuk dilihat dan didengar. 

Bercerita ini bisa dilakukan dengan metode pembelajaran berbasis skenario. Cerita yang disampaikan harus mempunyai pesan yang kuat, sehingga bisa memicu emosi pendengar dan tentunya bisa memotivasi mereka untuk memahami teori yang nantinya akan meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

  1.     Review

Apabila sudah selesai membuat naskah, maka jangan lupa untuk mereview. Siapa tahu ada yang ingin ditambah atau dikurangi.

Nah, demikian tadi adalah cara menulis naskah dalam membuat video pembelajaran. Semoga bermanfaat. 

 

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(shd/shd)

 

Share :

Baca Juga

video pembelajaran

Media Pembelajaran

Mendesain Slide Presentasi yang Baik dan Menarik

Karya Inovatif

Kelebihan media pembelajaran powerpoint dalam pembelajaran

Media Pembelajaran

Aplikasi Pengolah Nilai untuk MI dan MTS

Media Pembelajaran

Memanfaatkan CapCut untuk membuat video pembelajaran

Media Pembelajaran

Prinsip Penyusunan Silabus untuk Pembelajaran
cara cek data dapodik siswa

Media Pembelajaran

Catat, Ini Tips Membuat LKPD yang Menarik

Media Pembelajaran

Pentingnya Pembelajaran Interaktif dengan Visualisasi yang Menarik
contoh deskripsi pengalaman kerja pppk guru

Admin Sekolah

Google Workspace Penakluk Online Learning