Home / Media Pembelajaran

Selasa, 9 Agustus 2022 - 18:28 WIB

Aplikasi Pengolah Nilai untuk MI dan MTS

Aplikasi pengolah nilai – merupakan aplikasi yang secara otomatis akan menghasilkan evaluasi akhir lengkap dengan fitur cetaknya. Dengan menggunakan aplikasi ini Bapak/Ibu guru menjadi lebih mudah dalam mengolah nilai ijazah. Bapak/Ibu guru juga dapat secara otomatis mencetak SKHU dan Sertifikat Kelulusan.

Penilaian hasil belajar merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/informasi untuk mengukur ketercapaian hasil belajar siswa terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Kegiatan evaluasi hasil belajar di madrasah meliputi;

Penilaian harian (PH), yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur pencapaian keterampilan siswa setelah menyelesaikan satu atau lebih keterampilan dasar (KD). Penilaian Akhir Semester (PAS), yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur pencapaian keterampilan mahasiswa pada akhir semester ganjil.

Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah penilaian yang dilakukan untuk mengukur pencapaian keterampilan mahasiswa pada akhir semester genap. Ujian Madrasah (UM) merupakan penilaian yang dilakukan untuk mengukur pencapaian keterampilan siswa di akhir jenjang pendidikan.

Ujian Madrasah (UM) meliputi semua mata pelajaran yang diajarkan di kelas akhir satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun kelompok muatan lokal. UM diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu syarat untuk menentukan gelar.

Hal ini menegaskan bahwa pemerintah memberikan kewenangan penuh kepada satuan pendidikan, dalam hal ini madrasah, untuk menyelenggarakan ujian akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kecakapan lulusan bagi siswanya.

Bagi lembaga yang mengolah nilai Kelas 6 dan kelas 9 merupakan hal utama atau inti untuk melaksanakan tahap akhir lembaga dalam pengambilan keputusan kelulusan siswa, yang dituangkan dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL). SKL yang disusun oleh Satuan Pendidikan harus mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku agar dalam pelaksanaannya tetap pada jalur yang benar.

Bagi guru, periode saat ini merupakan periode penting untuk menentukan hasil akhir siswa, terlepas dari lulus atau tidak. Pengolahan nilai ini sangat penting karena menjadi gambaran kinerja siswa sekaligus dijadikan sebagai penentu kelulusan dan sebagai dasar untuk mengikuti pendidikan ke jenjang selanjutnya melalui PPDB.

Baca juga : Pendekatan STEAM Supaya Belajar Lebih Bervariasi

Cara Penggunaan Aplikasi Pengolah Nilai MI dan MTS

Pencapaian hasil belajar siswa harus memperoleh nilai untuk selanjutnya guru melaporkan kembali kepada orang tua/wali siswa sebagai pelaksanaan salah satu tugas inti guru. Penilaian hasil belajar merupakan kegiatan mengumpulkan dan mengolah informasi untuk menentukan ketercapaian proses belajar siswa.

Baca juga:   Ragam Aplikasi Membuat Video Pembelajaran di HP

Evaluasi pendidikan pada tingkat dasar dan menengah terdiri atas evaluasi hasil belajar oleh pendidik, evaluasi oleh satuan pendidikan, dan evaluasi oleh pemerintah. Berdasarkan ketentuan tersebut, setiap satuan pengajaran tidak hanya harus melakukan desain dan proses pembelajaran, tetapi juga harus melakukan penilaian terhadap hasil pembelajaran.

Hasil belajar meliputi penilaian kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan psikomotor (keterampilan). Penilaian hasil belajar oleh pendidik bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses dan kemajuan pembelajaran. Selanjutnya, penilaian hasil belajar juga berfungsi sebagai umpan balik bagi perbaikan hasil belajar siswa secara terus menerus.

Tahapan penilaian hasil belajar dimulai dengan merencanakan penilaian, menyusun instrumen, melaksanakan penilaian, mengelaborasi dan menggunakan serta melaporkan hasil penilaian. Proses evaluasi hasil belajar peserta didik, baik oleh pendidik maupun satuan pendidikan, akan lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat dan lebih cepat jika didukung dengan perangkat aplikasi.

Cara penggunaan aplikasi

Aplikasi pengolah nilai MI dan MTS ini cukup sederhana, berikut petunjuk penggunaannya.

  • Untuk menggunakan aplikasi ini, aktifkan macro dengan mengklik File – >> Options – >> trust center – >> trust center setting->>macro setting->>Enable all macros.
  • Silahkan isi form data institusi dengan benar.
  • Silahkan isi form dengan data siswa dengan benar.
  • Silahkan isi nilai raport semester 1-5 serta nilai ujian akhir dengan mengklik masing-masing modul yang diinginkan pada halaman menu.
  • Nilai laporan terdiri dari skor Pengetahuan (P) dan Keterampilan (K). Untuk nilainya, salin dan tempel dari file Leger yang diunduh dari aplikasi ARD.
  • Untuk mempermudah, urutan folder di Leger ARD disesuaikan dengan yang ada di modul ini. Jadi, setelah itu, segera salin.”
  • Setelah memasukkan setiap modul yang diinginkan, klik tombol jika Anda ingin kembali ke menu utama.
  • Pada submenu CETAK terdapat DKN (termasuk halaman sampul dan persetujuan), sertifikat kelulusan, SKHU sementara, ijazah sebelumnya dan ijazah selanjutnya.

Form DKN

  • Ukuran kertas sudah diatur menjadi F4/Folio, bagi yang tidak memiliki kertas Folio cukup memilih Kertas Legal tanpa merubah margin.
  • Klik tombol Pratinjau untuk melihat hasil sebelum mencetak dan klik tombol Cetak untuk mencetak
  • Jika ingin mencetak halaman lebih banyak, Cell To harus diisi dengan jumlah peserta yang habis dibagi tiga. Karena pada 1 halaman berisi 3 peserta maka diasumsikan jumlah peserta adalah kelipatan 3. Misalnya jika kita memasukkan angka 2 maka akan muncul angka 6 di sebelahnya, angka 6 menunjukkan jumlah peserta , jadi meskipun jumlah pesertanya 4 atau 5 siswa, maka akan dihitung 6 siswa dan tabel ke-6 akan semuanya 0.
  • Jika Anda ingin mengubah logo pada sampul DKN, klik kanan dan pilih Ubah Gambar (jika Anda memiliki kop surat JPG)
Baca juga:   Sangat Mudah, Begini Tutorial Mengubah Powerpoint Menjadi Video

Form cetak keterangan lulus, SKHU sementara, ijazah depan dan ijazah belakang

  • Ukuran kertas telah diatur ke kertas A4. Khusus untuk SKHU Sementara, pengaturan Folio.
  • Untuk melihat data setiap siswa, klik tombol, panah atas menunjukkan data siswa berikutnya dan panah bawah menunjukkan data siswa sebelumnya.
  • Jika Anda ingin melihat hasil sebelum mencetak dari halaman, klik tombol Pratinjau dan jika Anda ingin mencetaknya, klik tombol Cetak.
  • Jika ingin mencetak beberapa data siswa sekaligus, masukkan terlebih dahulu nomor urut siswa di sel kuning di sebelah sel FROM dan SAMPAI, lalu klik tombol
  • Jika Anda ingin mengubah tajuk sertifikat kelulusan, klik kanan dan pilih Ubah Gambar (jika kop surat Anda memiliki format JPG). Jika Anda tidak memilikinya, tajuk dihapus dan kemudian diketik secara manual
  • Untuk pembobotan nilai kelulusan dapat diubah dalam bentuk nilai kelulusan

Aplikasi ini sudah mengalami perbaikan yaitu untuk MI perbaikan yang ada meliputi perbaikan format isian data lembaga, Nomor peserta UM yang semula nomor urut kabupaten 01 menjadi 09 tidak sempurna sekarang sudah sempurna, link print untuk PDF, Form nilai yang terkunci, Perbaikan DKN dan SKHUS, nilai mapel mulok yang tidak ada awalnya bernilai 0 menjadi kosong, perbaikan form data siswa, sudah bisa digunakan untuk 200 siswa dengan mengubah nomor peserta.

Sedangkan untuk MTS yang diperbaiki adalah penyempirnaan isian data lembaga, perbaikan nomor peserta , memeperbaiki rumus cell pada DKN karena ada nilai inified messaging yang salah, perbaikan DKN dan SKHUS, peningkatan modul data siswa.

Berikut rekomendasi aplikasi pengolah nilai untuk MI dan MTS agar mengolah nilai dapat efektif dan efisien.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

 

(RAW)

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Cara Menginstal iSpring QuizMaker untuk Membuat Soal Otomatis

Media Pembelajaran

Cara Menyusun Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa

Media Pembelajaran

Web Pembelajaran : Cara Unik Untuk Mengajar

Kenaikan Pangkat

Pentingnya Inovasi Digital Untuk Pengembangan Pendidikan
cara membuat promes

Kurikulum

Kurikulum Merdeka dan Model Pembelajaran yang Tepat!

Kenaikan Pangkat

Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak TK

Media Pembelajaran

3 Rekomendasi Aplikasi Membuat Teka-Teki Silang (TTS) Online Terbaik Untuk Media Pembelajaran

Media Pembelajaran

Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Video Pembelajaran di HP