Home / Metode Pembelajaran

Senin, 18 Juli 2022 - 08:49 WIB

Strategi Guru Membuat Kelas Nyaman dan Kondusif

model pembelajaran inkuiri

model pembelajaran inkuiri

Strategi guru membuat kelas nyaman dan kondusif – Kelas dalam arti luas adalah suatu masyarakat kecil yang merupakan bagian dari masyarakat sekolah yang sebagai kesatuan diorganisir menjadi unit kerja secara dinamis menyelenggarakan kegiatan-kegiatan belajar-mengajar yang kreatif untuk mencapai suatu tujuan. Bagi guru maupun siswa ruang kelas adalah tempat mereka bekerja. Sehingga ruang kelas yang rapi dan menarik dapat memberi dampak yang positif bagi guru dan siswa yang sedang bekerja. Ruang kelas yang bersih, nyaman, rapi, dan menarik, menjadi tempat kerja yang menyenangkan, sehingga mampu memaksimalkan produktivitas kerja.

Kondisi fisik kelas yang baik harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Pencahayaan: kelas harus memiliki atau memperoleh cukup cahaya yang menerangi.
  2. Ventilasi: sirkulasi udara dari dalam dan luar harus cukup
  3. Kenyamanan: kelas itu harus rapi, bersih, sehat, dan tidak lembab
  4. Letak duduk yang diatur sedemikian rupa sehingga menjadikan siswa leluasa dan dapat berinteraksi dengan temannya dalam aktivitas belajar. Misalnya dengan format huruf “U”, meja konferensi, lingkaran, dsb.
  5. Penempatan siswa: seperti siswa yang pandai dengan yang kurang pandai

Perbedaan Kelas Kondusif dan Kelas Tidak Kondusif

Kelas Kondusif

Menurut KBBI pengertian kondusif adalah keadaan yang  memberi peluang pada hasil yg diinginkan yg bersifat mendukung. Jadi suasana kelas yang kondusif adalah keadaan yang mendukung masyarakat sekolah untuk mengadakan kegiatan belajar mengajar agar tercapai tujuan belajar sehingga berdampak positif bagi guru dan siswa.

Suasana kelas yang kondusif akan mampu mengantarkan pada prestasi akademik dan non-akademik siswa, maupun kelasnya secara keseluruhan. Kelas yang kondusif di antaranya memiliki ciri-ciri; tenang, dinamis, tertib, suasana saling menghargai, saling mendorong, kreativitas tinggi, persaudaraan yang kuat, saling berinteraksi dengan baik, dan bersaing sehat untuk kemajuan.

Baca juga:   Inilah 5 Manfaat Belajar Matematika Sejak Dini Bagi Anak

Kelas Tidak Kondusif

Kelas yang tidak kondusif membuat situasi pembelajaran tidak efektif dan menyenangkan, alhasil membuat siswa tidak bisa maksimal dalam memahami materi pembelajaran, selain itu guru juga akan mengalami kesulitan dalam memberi penjelasan dan pemahaman kepada siswa tentang materi pelajaran yang diajarkan. Beberapa faktor penyebab pembelajaran menjadi kondusif juga disebabkan oleh siswa maupun guru. Berikut faktor-faktor yang menjadi pemicu kelas menjadi tidak kondusif :

  1. Siswa yang ribut dan tidak konsen pada pembelajaran
  2. Siswa yang jenuh dengan metode pembelajaran yang diterapkan guru,
  3. Terdapat siswa hiperaktif yang suka menganggu temannya yang lain
  4. Guru yang tidak kreatif dan monoton serta cenderung menerapkan metode pembelajaran yang membosankan
  5. Guru yang kurang tegas sehingga siswa tidak mau mengikuti instruksi guru
  6. Siswa yang mulai kelelahan/kecapean (biasanya pada jam-jam terakhir
  7. Guru yang terlalu otoriter dalam mengajar
  8. Motivasi belajar yang mulai berkurang
  9. Jumlah siswa yang banyak sedangkan ruang kelas yang tidak cukup luas

Cara Membuat Kelas Nyaman

Membuat anak cinta belajar di sekolah memerlukan usaha yang tidak mudah. Kreatifitas guru sangat dibutuhkan. Membutuhkan pengalaman dan jam terbang yang tinggi untuk memahami rahasia ini. Begini strategi guru membuat kelas nyaman dan kondusif :

  1. Ada interaksi antara guru dan anak didik saat pembelajaran

Tugas guru adalah membuat anak-anak didiknya terus berkembang, baik dari segi ilmu pengetahuan maupun ketrampilan. Kadang anak-anak memang perlu mendengarkan penjelasan guru. Namun guru juga perlu memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam kegiatan pemebelajaran.

  1. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan praktek

Rasa penasaran anak-anak masih sangat tinggi. Apalagi bila mereka diberikan kesempatan untuk energi extra mereka untuk mepraktekkan ilmu yang mereka dapat. Pasti mereka akan sangat bersemangat. Metode ini bernama “Learcning by doing”.

  1. Menarik minat siswa dengan mengatakan manfaat suatu materi pembelajaran
Baca juga:   Penerapan Konsep SOLE dalam Pembelajaran Mandiri

Sebelum memulai pelajaran, kita perlu menjelaskan kepada anak-anak didik akan manfaat dari materi pelajaran yang hendak kita ajarkan. Misalnya saat kita belajar tentang bermacam-macam pekerjaan. Kita perlu menjelaskan alasan mengapa kita perlu belajar tentang aneka pekerjaan, yaitu supaya kita bisa semakin bersemangat dalam meraih cita-cita, atau sikap pantang menyerah dalam meraih cita-cita karena ada banyak profesi yang bisa kita pilih bila mengalami kegagalan.

  1. Sifat humoris

Untuk meningkatkan semangat mereka, kita bisa memberikan humor segar di tengah-tengah pengajaran yang kita berikan. Sifat humoris seorang guru juga bisa memberikan efek kedekatan antara siswa dan guru. Semakin murid merasa dekat dengan gurunya, maka apa yang disampaikan oleh gurunya akan lebih mudah diserap oleh muridnya.

  1. Selalu melakukan inovasi dan berkreasi

Ada banyak cabang seni yang bisa kita manfaatkan untuk mengajar. Yaitu cabang seni rupa, seni gerak (tari), seni musik, dan seni kerajinan tangan. Keempat cabang seni tersebut bisa kita pakai sebagai media pembelajaran yang kreatif.

Demikian ulasan mengenai strategi guru membuat kelas nyaman dan kondusif. Kunci penting dalam kelas adalah guru itu sendiri. Kelas akan nyaman dan kondusif jika guru bisa mengondisikan siswanya dengan baik.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(GST/GST)

 

 

 

 

 

 

Share :

Baca Juga

Metode Pembelajaran

Cara Sederhana Membuat Kelas Anda Menyenangkan dan Seru 

Karya Inovatif

Chat bot Telegram solusi pembelajaran interaktif

Metode Pembelajaran

Ragam Manfaat Metode See Think Wonder Untuk Melatih Rutinitas Berpikir Anak
Learning Loss

Metode Pembelajaran

Antisipasi Pembelajaran Agar Tidak mengalami Learning Loss
Ilustrasi model pembelajaran inovatif

Metode Pembelajaran

5 Tips Membuat Model Pembelajaran Inovatif untuk Para Guru

Admin Sekolah

Kenali Google Workspace for Education sebagai Wujud dari Digitaliasai Pendidikan Era Merdeka Belajar melalui Teknologi

Metode Pembelajaran

Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Menghindari Kebosanan
tips membuat best practice

Media Pembelajaran

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengisi Kolom “Upaya Mempelajari Fokus Perilaku Observasi” di PMM