Home / Kurikulum

Jumat, 25 Februari 2022 - 13:31 WIB

Ini Dia Tujuan dan Keunggulan Kurikulum Merdeka Bagi Guru dan Siswa

Tujuan dan Keunggulan Kurikulum Merdeka–  Di tahun 2022, Mendikbudristek RI baru saja mengeluarkan kurikulum baru.  Kurikulum merdeka adalah nama baru dari kurikulum sebelumnya. Kurikulum 2022 ini merupakan terobosan baru dari Mendikbudristek RI sebagai jawaban atas permasalahan pendidikan selama pandemi covid.

Menurut Nadiem, kurikulum merdeka atau kurikulum prototipe dibuat sebagai pemulihan dari ketertinggalan pembelajaran atau recovery dari learning loss akibat pandemi Covid-19. Pada dasarnya, Kurikulum Merdeka dirancang lebih sederhana dan fleksibel. Penerapan kurikulum ini akan lebih fokus pada materi esensial dan membuat siswa lebih aktif. Itulah penjelasan dari menteri pendidikan dan kebudayaan Indonesia mengenai kurikulum merdeka. Hal ini menjadi dasar adanya kurikulum merdeka.

Nantinya kurikulum ini akan diterapkan di setiap sekolah di Indonesia. Akan tetapi, tentu tidaklah mudah untuk sekolah mengubah kurikulum dari kurikulum yang biasanya dipakai ke kurikulum merdeka yang sama sekali belum mengetahui struktur dan penjelasannya.

Tujuan Dan Keunggulan Kurikulum Merdeka

Kurikulum baru ini memiliki tujuan untuk mengejar ketertinggalan pembelajaran yang disebabkan oleh pandemi covid-19. Kurikulum merdeka merupakan jawaban dari segala permasalahan pendidikan yang ada di Indonesia. Kurikulum ini dibuat dengan tujuan pendidikan di Indonesia bisa seperti pendidikan di Negara maju lainnya di mana siswa diberikan kebebasan dalam memilih apa yang diminatinya dalam pembelajaran.

Baca juga:   5 Alasan Penerapan Kurikulum Merdeka Perlu Segera Dilakukan

Selain itu, kurikulum 2022 ini akan memudahkan guru dalam mendampingi peserta didiknya untuk menuju tujuan pendidikan yang diharapkan. Pada awalnya kurikulum ini tidak langsung diterapkan, namun masing-masing sekolah diberikan kebebasan untuk memilih. Hal ini juga sebagai wujud merdeka dalam belajar.

Setelah mengetahui tujuan dari kurikulum merdeka, lantas apakah keunggulan dari kurikulum baru ini? Berikut penjelasannya :

Kurikulum merdeka akan berfokus pada peserta didik yang belajar sesuai dengan fasenya. Jadi setiap guru pun tidak akan terburu-buru dalam memberikan setiap pembelajaran. Hal ini akan membawa dampak positif tentunya karena apa yang dibutuhkan oleh siswa akan dapat dipenuhi oleh guru melalui pembelajaran. Di bawah ini beberapa keunggulan yang bisa jadi pertimbangan sekolah ketika akan menerapkan kurikulum baru ini, yaitu :

  1. Lebih sederhana dan mendalam

Kurikulum baru dibuat sederhana dan fleksibel sehingga pembelajaran akan lebih mendalam. Kurikulum ini  berfokus pada materi esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik pada fasenya. Hal ini akan berdampak pada belajar lebih mendalam, bermakna, tidak terburu-buru dan tentunya akan lebih menyenangkan.

Kurikulum baru ini ditujukan agar peserta didik lebih mengembangkan kompetensinya di sekolah sesuai dengan minat peserta didik. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri, dimana kurikulum ini lebih menekankan pada kebebasan peserta didik. Kurikulum ini juga memudahkan untuk para guru dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik. Pembelajaran yang disesuaikan dengan peserta didik akan membuat peserta didik merasa nyaman dan menyenangkan ketika pembelajaran.

  1. Lebih Merdeka
Baca juga:   Metode Evaluasi Projek dalam  Kurikulum Merdeka

Sesuai dengan namanya yaitu kurikulum merdeka maka diberikan kebebasan bagi peserta didik, guru dan sekolah. Keunggulan yang kedua, yakni menekankan pada aspek lebih merdeka. Lebih merdeka disini ditujukan bagi peserta didik, guru, dan sekolah. Berikut penjelasannya:

Bagi peserta didik : tidak ada program peminatan di SMA, peserta didik memilih mata pelajaran sesuai minat, bakat dan aspirasinya.

Bagi guru : guru mengajar sesuai tahap capaian dan perkembangan peserta didik.

Bagi Sekolah : sekolah memiliki wewenang untuk mengembangkan dan mengelola kurikulum dan pembelajaran sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

 

 

Share :

Baca Juga

Kurikulum

5 Manfaat Terbaik Program Merdeka Belajar Bagi Pendidik

Kurikulum

5 Prinsip Implementasi Projek di Era Kurikulum Merdeka

Kurikulum

9 Cara Mengajarkan Toleransi pada Peserta Didik

Kurikulum

Penerapan Kurikulum Merdeka Bisa Dilakukan Secara Mandiri, Begini Caranya!

Kurikulum

Penyusunan KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan) Dalam Kurikulum 2022 Untuk Jenjang SMK Pusat Keunggulan

Admin Sekolah

Selain Jadi Guru, Sarjana Pendidikan Bisa Jadi ini, Loh!
tips lulus guru penggerak

Kesiswaan

Terapkan Kegiatan Ini untuk Proyek P5 Jenjang SD
Orang Tua

Kesiswaan

Tidak Sulit, Berikut Strategi Mudah Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional