Home / Kurikulum

Sabtu, 17 Desember 2022 - 15:37 WIB

3 Dokumen Administrasi Guru Era Kurikulum Merdeka yang Harus Dipahami

Dokumen administrasi guru merupakan salah satu hal yang perlu dilengkapi ketika akan mengajar, apalagi di era Kurikulum Merdeka.

Setiap pekerjaan tentu memiliki prosedur dan mekanisme tertentu. Hal tersebut pun juga berlaku bagi seorang guru apalagi di era merdeka sekarang.

Prinsip merdeka yang diusung sebagai konsep kurikulum yang baru bukan berarti menjadikan para guru dan tenaga kependidikan tak memiliki tujuan dan arah. Namun, mensinergikan pendidikan agar lebih memudahkan segala pihak.

Salah satu sinergi dalam pendidikan antara guru dan siswa yakni paket lengkap wajib terkait aspek dokumen administrasi guru yang harus dimiliki. Lantas, apa saja paket lengkap administrasi tersebut yang harus guru pahami?

Selain mengajar, kelengkapan administrasi juga merupakan salah satu hal yang harus dikerjakan guru. hal ini sebagai dokumentasi sekaligus arsip untuk ketertiban dalam menjalankan pekerjaan.

Kelengkapan administrasi tersebut nantinya bertujuan sebagai acuan maupun dasar untuk menerapkan kegiatan belajar dan sekolah baik di bidang akademik maupun non-akademik.

1.    Dokumen Buku Kerja

Dokumen berupa buku kerja menjadi bahan wajib yang harus disiapkan dan disusun oleh guru. biasanya dokumen tersebut terdiri dari file analisis Standar Kompetensi Lulusan (SKL), analisa KI maupun KD, RPP serta bagaimana pemetaan dalam KKM.

Baca juga:   Selain Jadi Guru, Sarjana Pendidikan Bisa Jadi ini, Loh!

Per lembaga, biasanya memiliki KKM berbeda – beda bergantung pada standar tertentu. Namun, lembaga pendidikan di bawah pemerintahan biasanya memiliki standar yag disamakan.

2.    Dokumen Profesional

Dokumen lainnya yakni dokumen yang berhubungan dengan dokumen kerja guru. Misal, seorang guru harus memahami kode etik dan ikrar guru. Hal ini bertujuan agar mereka semakin yakin bahwa pendidik adalah tugas yang anda pilih dan cita- citakan. Kemudian, memahami tata tertib baik di lingkungan sekolah maupun ketika berada di luar.

Fenomena hari ini banyak menceritakan bahwa guru terkadang melupakan kode etik bahkan sampai melanggar tata tertib yang berkaitan dengan pendidikan.

Padahal mereka adalah teladan dari para siswanya. Selain itu, anda juga wajib memahami timeline pendidikan. Biasanya, setiap lembaga pendidikan memiliki timeline yang berbeda.

Bagi lembaga pendidikan swasta tentu akan memiliki kegiatan dan timeline lebih variatif dibandingkan lembaga pemerintahan yang harus diseragamkan pada setiap daerah masing – masing.

Baca juga:   Cara Menjadi Guru Berkualitas

Selain itu, penyusunan prota (program tahunan) dan promes (program semester) agar anda dapat lebih mengkaji secara mendalam konten pembelajaran maupun kegiatan yang akan dilakukan selama menemani siswa belajar.

3.    Dokumen Kesiswaan

Dokumen lain yang perlu dipahami dan disusun sendiri yakni dokumen yang berhubungan dengan siswa. Misal seperti absensi dan jurnal siswa. Keduanya merupakan dokumen penting untuk mendokumentasikan proses kegiatan belajar mengajar. Selain itu, anda juga dapat menyiapkan buku yang berkaitan dengan students’ report alias laporan siswa secara pribadi. Merupakan hal yang sangat wajar bila anda memiliki catatan mulai dari gaya belajar, serta karakteristik maupun latar belakang siswa untuk lebih memudahkan observasi pembelajaran.

Nah demikian ulasan yang berkaitan dengan paket lengkap wajib dokumen administrasi guru yang perlu guru pahami. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

program literasi sekolah

Kesiswaan

Kemdikbudristek dan Twitter Mengembangkan Program Literasi Media Sosial Bagi Pelajar SMP
HOTS

Kurikulum

Manfaat Tata Tertib Sekolah Bagi Siswa
motivasi belajar

Kurikulum

Mengenal Pembelajaran Berdiferensiasi dan Penerapannya di Kelas
Pendidikan

Kurikulum

Problematika Pendidikan di Indonesia yang Wajib Dibenahi
tips membuat best practice

Kurikulum

Cara Menyusun Rubrik dalam Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik

Kurikulum

Berbagai Jenis Metode Pembelajaran Kurikulum Merdeka
tips membuat best practice

Kesiswaan

Simak 6 Manfaat Menulis Bagi Seorang Guru

Kurikulum

Kabar Terbaru, Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka Diperpanjang!