Home / Kurikulum

Kamis, 24 November 2022 - 23:41 WIB

Manfaat Pelaksanaan Projek untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Tahun 2022, merupkaan tahun untuk mengawali kebijakan pembelajaran tatap muka sekaligus titik tolak penerapan Kurikulum Merdeka. Kurikulum tersebut nantinya akan segera diterapkan pada keseluruhan satuan pendidikan dalam beberapa tahun kedepan di mana seluruh sekolah harus mampu melakukan pelaksanaan projek untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila beserta mengenali manfaatnya.

Tahun ini sudah banyak beberapa sosialisasi dilakukan dimana menandakan bahwa sudah mulai banyak sekolah yang akan menerapkan konsep tersebut. Adapun Kurikulum Merdeka sendiri memiliki beberapa keuntungan jika diterapkan. Salah satunya yakni kehadiran dari Profil Pelajar Pancasila.

Tentu sebagian atau bahkan semua pendidik sudah memahami bahwa Nantinya Kurikulum Merdeka akan berusaha mewujudkan pelajar yang kompeten dalam mewujudkan nilai – nilai Pancasila dalam kehidupan sehari – hari.

Salah satu bentuk perwujudannya yakni pelaksanaan projek untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi peserta didik di lingkungan satuan pendidikan masing – masing.

Apa Manfaat Penyusunan Projek di Kurikulum Merdeka?

Perlu diketahui, bahwa penyusunan projek pengembangan untuk penguatan profil pelajar Pancasila tentu memiliki beragam manfaat. Adapun penjelasannya sebagai berikut :

Baca juga:   Mengenal Media Interaktif dalam Proses Pembelajaran

1.    Bagi Lingkungan Satuan Pendidikan

Manfaat pertama dilihat dari aspek satuan pendidikan. Projek ini dapat menjadikan sebuah satuan pendidikan sebagai wadah yang baik dalam bentuk partisipasi serta keterlibatan masyarakat untuk bergerak bersama membentuk pribadi Pancasila.

Kemudian projek tersebut juga dapat berfungsi untuk menjadikan satuan pendidikan berperan sebagai sebuah organisasi belajar yang memberikan kontribusi pada lingkungan maupun komunitas sekitar.

2.    Bagi Para Pendidik

Manfaat lainnya yakni bagi para pendidik. Pendidik akan memiliki beragam ruang maupun waktu untuk bisa melakukan dua kegiatan penting, yakni pengembangan serta penguatan kompetensi maupun karakter dalam diri peserta didik.

Kemudian, pendidik dapat mewujudkan perencanaan dalam proses belajar yang memiliki kejelasan tujuan.

Selain itu, pendidik dapat melakukan pengembangan pada aspek kompetensi sekaligus menjadi seorang pendidik yang dapat mewujudkan adanya sinergitas serta berkolaborasi pada pembelajaran dengan pendidik lainnya agar hasil belajar dapat bervariasi.

3.    Bagi Para Peserta Didik

 Sedangkan manfaat bagi para peserta didik yakni agar mereka mendapat projek untuk penguatan karakter serta pengembangan kompetensi untuk menjadi seorang warga serta masyarakat yang aktif dan tanggap.

Baca juga:   Prinsip Projek untuk Menguatkan Profil Pelajar Pancasila

Peserta didik dapat ikut menyusun serta merencanakan sebuah pembelajaran yang aktif serta berkelanjutan.

Kemudian, peserta didik dapat belajar untuk meningkatkan serta mengembangkan aspek keterampilan, pengetahuan maupun sikap yang akan mereka butuhkan baik dalam pembuatan projek maupun pada saat terjun ke masyarakat di masa depan.

Selain itu, peserta didik dapat belajar untuk bisa melatih segala kemampuan dalam aspek pemecahan masalah baik dalam ragam dan kondisi belajar maupun ketika menghadapi masalah diluar sekolah baik antar teman atau yang lebih senior dari mereka.

Nah demikian ulasan mengenai manfaat dari pelaksanaan projek untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

Penilaian Akhir

Kurikulum

Kriteria Guru Cerdas untuk Mengajar Generasi Alpha

Kurikulum

Ini Dia Tujuan dan Keunggulan Kurikulum Merdeka Bagi Guru dan Siswa

Kurikulum

Bagaimana Penerapan Kurikulum Merdeka SMA?

Kesiswaan

Ingin Siswa Belajar dengan Optimal? Pahami 7 Jenis Gaya Belajar

Kurikulum

Kurikulum Baru Merdeka Belajar

Kurikulum

Mari Mengenal Kurikulum Paradigma Baru untuk Pendidikan Indonesia
Mulai Juli 2022, Pancasila Menjadi Mapel Wajib di Sekolah

Kurikulum

Keunggulan Kurikulum 2022 Dіbаndіng Kurіkulum Sebelumnya

Kurikulum

Cara Penyusunan Program Semester Kurikulum Merdeka
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.