Home / Kesiswaan / Kurikulum

Selasa, 20 September 2022 - 17:05 WIB

Terapkan Kegiatan Ini untuk Proyek P5 Jenjang SD

Ilustrasi guru penggerak

Ilustrasi guru penggerak

Kegiatan P5 – Proyek Penguatan profil pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu komponen utama dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Sehingga alokasi jam pelajaran untuk P5 mendapat porsi yang lebih. Alokasi jam pelajaran tersebut kira kira 20-30 persen dari total jam pelajaran dalam setahun. Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan sarana pencapaian profil pelajar Pancasila yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami secara langsung tentang pengetahuan sebagai proses penguatan karakter. Terdapat banyak sekali kegiatan P5 jenjang SD, simak ulasan berikut ini:

Kompetensi profil pelajar Pancasila

Menurut penjelasan Kemendikbudristek dalam publikasi resminya, konsep profil pelajar Pancasila ini memiliki acuan pencapaian kompetensi yang berdasarkan 6 dimensi.  Penjelasan 6 dimensi profil pelajar Pancasila itu adalah sebagai berikut:

  • Beriman, dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia;
  • Berkebhinekaan global;
  • Bergotong-royong;
  • Mandiri;
  • Bernalar kritis
  • Kreatif

Di samping itu kompetensi ini harus mendapatkan dukungan dari budaya sekolah, seperti pembelajaran intrakurikuler, kegiatan ekstrakulikuler dan sebagainya.

Konsep profil pelajar Pancasila

Pelaksanaan P5 ini dapat dilaksanakan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan dan waktu pelaksanaan. Namun, tema-tema proyek telah diatur dalam regulasi tersebut.

Di lain sisi proyek ini tidak selalu termuat dalam kegiatan intrakurikuler sehingga tujuan, muatan dan bentuknya tidak harus berkaitan dengan pelajaran. Sehingga sekolah dapat melibatkan pihak lain untuk membantu merancang dan melaksanakan kegiatan P5 ini.

Baca juga:   LPDP 2022 di Depan Mata : Apa Saja Persiapannya ?

Secara konseptual, proyek pelajar Pancasila harus memenuhi 4 prinsip, yaitu:

  • Holistik (cara berpikir yang utuh)
  • Kontekstual (pelajaran berbasis pada pengalaman sehari-hari)
  • Berpusat ke peserta didik (pelajaran merupakan subjek dalam pembelajaran)
  • Eksploratif (jangkauan yang luas)

Contoh Proyek Pelajar Pancasila jenjang SD

Berikut adalah kegiatan P5 jenjang SD yang dapat diterapkan:

1. Proyek profil pelajar Pancasila SD tema Kewirausahaan

Proyek ini diberi judul “Membangun Jiwa Enterpreneur Sejak Dini”, dengan proyek ini mampu mengasah bakat dan kemampuan dalam bidang kewirausahaan. Di samping itu proyek ini memiliki tujuan untuk melatih anak tentang dasar-dasar dan cara berinteraksi, mengelola penjualan dan melayani konsumen. Dengan demikian kegiatan ini akan membangun jiwa enterpreneur, kerjasama dan kemandirian. Untuk peserta proyek ini mulai dari kelas 1 sampai kelas 6, sehingga proyek ini akan berkembang setiap jenjang kelasnya.

2. Proyek profil pelajar Pancasila SD tema Gaya Hidup Berkelanjutan

Proyek ini memiliki tujuan untuk membangun kesadaran akan kelestarian lingkungan hidup. Dalam tema ini dapat banyak sekali topik yang dapat diambil. Sebagai contoh adalah topik “Konservasi Air”, dimana siswa belajar tentang bagaimana proses siklus air, lalu menyelidiki penyebab kering nya mata air dan lain sebagainya. Ternyata dari proyek ini dapat memunculkan sebuah temuan bahwa penyebab krisis air adalah kerusakan hutan akibat kegiatan penebangan liar. Sehingga siswa dapat melakukan aksi penghijauan kembali atau “reboisasi”. Dengan demikian siswa akan mengerti penting nya menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Baca juga:   Menumbuhkan Kemampuan Belajar Mandiri bagi Siswa

3. Proyek profil pelajar Pancasila SD tema Rekayasa dan Teknologi

Dalam proyek ini seorang guru dapat memberikan sebuah studi kasus atau proyek untuk menciptakan berbagai permainan yang menggunakan prinsip-prinsip fisika. Selain itu dapat menerapkan proyek untuk merancang model gedung yang menerapkan prinsip hemat energi dan ramah lingkungan.

Beberapa kegiatan tersebut adalah contoh dalam menerapkan kegiatan P5 ini dalam sekolah. Dengan demikian siswa dapat belajar dan mengalami pengetahuan secara langsung.

 

Ikutilah pelatihan “Penyusunan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) #1” dan dapatkan fasilitas berupa full support dari tim instruktur dan mendapatkan e-sertifikat 32 JP.

<<DAFTARKAN DIRI ANDA DISINI>>

(muf)

 

 

Share :

Baca Juga

Kurikulum

Berbagai Jenis Metode Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Kesiswaan

Kesulitan Belajar Siswa : Hakikat, Ciri-Ciri, Bentuk-Bentuk dan Faktor Penyebab

Kurikulum

9 Cara Mengajarkan Toleransi pada Peserta Didik
motivasi belajar

Kesiswaan

3 Cara Efektif Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa!

Kesiswaan

Strategi Guru BK dalam Menghadapi Aksi Bullying pada Siswa
mengatasi bullying

Kesiswaan

Pendekatan Solutif untuk Mengatasi Bullying di Sekolah!

Kesiswaan

Mengenal dan Strategi Mendidik Generasi Alfa di Era Pendidikan Digital

Kurikulum

Ini Dia Kunci Ketrampilan Mengajar yang Harus Dikuasai Oleh Guru Dalam Kurikulum Merdeka