Home / Kesiswaan

Selasa, 23 Agustus 2022 - 13:50 WIB

9 Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi untuk Anak yang Seru

Berlibur atau berwisata bukan hanya tentang mendapatkan hiburan saja. Ada banyak hal yang bisa anak dapatkan dalam perjalanan wisata, seperti melihat hal-hal yang baru atau berkenalan dengan orang-orang baru. Tetapi, jika Anda menginginkan perjalanan wisata yang lebih berbobot, maka tempat wisata edukasi untuk anak bisa menjadi pilihan yang menarik.

Indonesia memiliki banyak tempat wisata edukasi yang bisa menjadi pilihan tempat liburan dan tempat belajar sekaligus. Lokasinya ada di berbagai wilayah di Indonesia dengan berbagai konsep dan tema yang berbeda-beda.

Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi untuk Anak yang ada di Indonesia

Untuk orang tua yang ingin mengajak anaknya berwisata sambil menambah wawasan, di bawah ini  tempat wisata edukasi untuk anak di Indonesia yang bisa Anda tuju. Yuk, simak penjelasannya berikut ini:

Taman Pintar di Yogyakarta

Yogyakarta tidak hanya populer karena panorama alam dan budayanya saja. Ada banyak  tempat wisata edukasi untuk anak yang ada di Yogyakarta. Salah satunya adalah Taman Pintar. Tempat wisata paling populer ini berada di Jalan Panembahan Senopati nomor 1 – 3, dekat dengan kawasan Benteng Vredeburg. Taman Pintar dikelola langsung oleh pemerintah setempat sebagai sarana belajar bagi para siswa dan orang-orang yang ingin memperdalam ilmu pengertahuan mereka dengan cara yang asyik dan seru.

Tempat wisata edukasi untuk anak yang satu ini terdiri dari beberapa zona dan wahana. Masing-masing wahana mempunyai tema khusus seperti zona replika, zona otomotif, zona pengolahan minyak dan bumi, serta masih banyak lagi. Walaupun terdapat banyak wahana di Taman Pintar, namun tarif masuknya sangat terjangkau.

Museum Purbakala Sangiran di Sragen

Tempat wisata edukasi untuk anak yang paling favorit selanjutnya adalah museum. Tempat wisata ini bisa dikunjungi bersama dengan keluarga. Ada banyak museum dengan berbagai tema di Indonesia. Tetapi, ada satu tempat wisata edukasi yang menarik karena tema yang ditawarkannya, yaitu Museum Purbakala Sangiran yang ada di Sragen.

Tempat wisata yang ada di Indonesia ini akan membawa Anda dan anak-anak Anda ke dunia masa lampau yang sangat memukau. Meseum yang ada di area situr warisan budaya dari UNESCO ini merupakan tempat ditemukannya salah satu fosil manusia purba. Anda dengan anak-anak bisa mempelajari tentang evolusi manusia dan juga bumi di museum ini.

Museum Angkut di Malang

Jika Anda dan keluarga sedang berlibur ke kota Malang, jangan lupa untuk singgah ke Museum Angkut. Tempat wisata edukasi untuk anak ini sangat populer beberapa tahun belakangan.

Baca juga:   Teknik Bermain Peran (Role Playing) Untuk Penguatan Karakter Siswa

Museum Angkut memiliki konsep dengan memadukan hiburan dengan edukasi. Anak Anda bisa belajar tentang alat-alat transportasi dari masa ke masa yang ada di seluruh dunia. Karena keunikannya, museum ini didapuk menjadi satu-satunya tempat wisata yang menggunakan angkutan sebagai konsep di Asia Tenggara.

Kota Tua di Jakarta

Walaupun Jakarta terkenal sebagai kota yang sangat maju, namun ada juga banyak destinasi wisata bersejarah yang cocok untuk dijadikan tempat wisata edukasi untuk anak yang sayang jika dilewatkan.

Wisata Kota Tua menjadi salah satu tempat liburan yang paling populer dan digemari banyak wisatawan dari dulu hingga kini. Tempat wisata yang ada di kawasan Jakarta Barat ini menjadi objek wisata edukasi di Indonesia yang akan memberikan anak pengalaman sejarah yang mendalam tentang Batavia di masa lalu.

Selain itu, ada juga spot-spot menarik yang bisa Anda kunjungi di kawasan tersebut. Misanya Museum Bank Indonesia, Museum Fatahillah, Stasiun Jakarta Kota yang sudah dibuka sejak tahun 1929, Museum Wayang, Pelabuhan Sunda Kelapa yang menjadi saksi sejarah kejayaan Sunda Kelapa hingga Museum Bahari dan berbagai tempat wisata edukasi menarik lainnya.

The Bagong Adventure di Malang

Tempat wisata selanjutnya ada Museum Bagong di Malang. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat liburan dengan tema edukasi yang menarik dan unik. Museum Bagong yang terkenal dengan nama The Bagong Adventure ini, menjadi destinasi wisata yang bisa dikunjungi mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Museum Bagong terdiri dari enam lantai yang bisa pengunjung gunakan untuk mempelajari tentang tubuh manusia dengan menarik dan seru. Selain itu, ada 16 zona yang terdiri dari zona jantung, zona otak, zona paru-paru, hingga zona “become a doctor”. Jika Anda penasaran dengan kondisi tubuh, Anda juga bisa memeriksakan diri di zona “The Value Adventure”.

The Bagong Adventure berlokasi di Jalan Kartika Bo.2 Kota Wisata Batu Malang. Posisinya ada di pusat kota, sehingga mudah sekali untuk Anda jangkau dengan kendaraan umum ataupun pribadi.

Planetarium dan Observatorium di Jakarta

Nah, bagi anak-anak yang ingin belajar tentang planet dan ruang angkasa, Anda bisa langsung mendatangi Planetarium dan Observatorium yang ada di Jakarta. Di Indonesia sendiri sebenarnya ada tiga wahana simulasi yang memiliki konsep serupa, yaitu di Kutai Kalimantan Timur dan di Surabaya Jawa Timur. Nah, Planetarium di Jakarta merupakan yang paling tua.

Baca juga:   Tidak Sulit, Berikut Strategi Mudah Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional

Planetarium Jakarta didirikan pada tahun 1969 yang diprakarsai oleh Presiden Soekarno. Tempat wisata ini menyediakan ruang pameran benda-benda ruang angkasa dan ada juga pertunjukkan Teater Bintang yang canggih. Tempat liburan ini bisa Anda temukan di kawasan Taman Ismail Marzuki.

Kidzania di Jakarta

Kidzania merupakan salah satu pilihan tempat wisata edukasi untuk anak yang cocok untuk media belajar sekaligus berlibur. Atraksi wisata edukasi yang ada di Indonesia ini ada di pusat perbelanjaan, sehingga seluruh keluarga bisa ikut berkunjung sekaligus melakukan aktivitas lainnya.

Kidzania dibuat layaknya sebuah kota mini, sehingga anak-anak bisa bermain peran dengan berbagai macam jenis profesi mulai dari pemadam kebakaran hingga dokter. Selain memberikan pengalaman yang unik dan seru untuk anak, tempat wisata edukasi ini juga bisa digunakan untuk belajar tentang berbagai macam jenis pekerjaan. Hal ini bermanfaat untuk merangsang minat anak-anak dalam menemukan cita-cita yang mereka inginkan.

Wisata Rumah Puisi Taufik Ismail di Tanah Datar

Bagi Anda yang berada di Pulau Sumatera khususnya di Provinsi Sumatera Barat, ada tempat wisata yang wajib Anda kunjungi ketika liburan. Wisata Rumah Puisi Taufik Ismail merupakan tempat berlibur sekaligus belajar yang ada di  Sumatera Barat. Lokasi tempat wisata ini ada di Tanah Datar. Anak Anda bisa mempelajari berbagai karya-karya puisi sastrawan kenamaan, yaitu Taufik Ismail.

Wisata Rumah Puisi Taufik Ismail menyediakan ribuan koleksi buku yang bisa Anda baca ketika berkunjung. Karena lokasinya ada di kawasan pegunungan Merapi dan Singgalang yang penuh dengan asrinya persawahan, tempat wisata ini juga memiliki panorama yang indah dan udara segar yang asri.

Museum Rekor Dunia di Semarang

Museum Rekor Dunia di Semarang dulunya bernama Museum Rekor Indonesia. Museum ini berdiri  pertama kali pada tahun 1990 yang diprakarsai oleh Jaya Suprana. Lokasinya ada di Jalan Perintis Kemerdekaan 275, Semarang. Sampai tahun 2010 museum ini tercatat mempunyai lebih dari 1.300 rekor yang tersimpan.

Selain ada koleksi foto ketika pemecahan rekor berlangsung, ada juga beberapa benda yang berhasil memecahkan rekor yang bisa Anda temukan di tempat wisata ini. Misalnya ukiran terkecil, buku tertebal hingga kain terpanjang yang berisi rumus matematika.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(RAW)

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Cara Mewujudkan Perkembangan Siswa dengan Baik

Kesiswaan

Begini Proses Pembentukan Karakter

Guru Honorer

Tips Bagi Guru SD Agar Menguasai Kelas Ketika Kegiatan Belajar Mengajar atau Menguasai Kelas

Kesiswaan

Penting! Berikut Administrasi Wali Kelas yang Wajib Dipenuhi
7 Gaya Belajar Siswa yang Wajib Guru Ketahui

Kesiswaan

Kenali Karakter Tanggung Jawab Belajar Pada Siswa

Kesiswaan

Ingin Belajar Penyusunan Modul P5? Guru Wajib Tahu Hal Ini!

Kesiswaan

Inilah Tanda-Tanda Pembelajaran Berkualitas

Guru Honorer

Pentingnya Pembelajaran Social Emotional Learning (SEL) bagi Anak
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.