Home / Kurikulum

Minggu, 7 Agustus 2022 - 12:59 WIB

Problematika Pendidikan di Indonesia yang Wajib Dibenahi

PendidikanPendidikan merupakan suatu wadah untuk mecerdaskan anak bangsa yang dapat melakukan perubahan yang signifikan terkait intelektual seseorang yang dapat di tanam dalam diri sehingga dapat terarah cita-cita yg diharapkan bagi setiap insan yang ingin mencapainya.

Seiring dengan berkembanganya zaman, ranah pendidikan akan terus dan selalu mengalami perbaikan yang akan terus dibenahi bagi kesejahteraan pada masa yang akan datang. Permasalahan mengenai penurunan sistem keterpurukan dalam bidang pendidikan akan terus menerus menjadi perhatian khusus.

Baca Juga: Kurikulum Merdeka dan Model Pembelajaran yang Tepat!

Masalah Pendidikan yang Masih Terjadi Saat Ini

Dibawah ini merupakan beberapa pejelasan mengenai problematika yang selalu di hadapi ranah pendidikan yang harus diperhatikan. Penjelasannya adalah :

  1. Biaya pendidikan yang semakin meningkat

Bukan hal umum lagi, kendala yang selalu menjadi perdebatan dalam ranah pendidikan yakni biaya pendidikan dari tahun ke tahun yang semkain melambung. ini harusnya menjadin perhatian khusus yang mana banyak sekali anak yang putus sekolah karena terhambat oleh biaya.

Bahkan, banyak orang tua yang hanya berpasrah karena tidak sanggup lagimembiayai sekolah anaknya ke jenjang yang lebih tinggi karena keterhambatan biaya yang membuat mereka dengan terpaksa karena uang yangmereka hasilkan hanya untuk makan sehari-hari saja.

  1. Dana pendidikan yang masih minim
Baca juga:   Guru Perlu Mengikuti Webinar yang Bermanfaat Demi Keberlangsungan Kariernya

Dalam dunia pendidikan, hal yang selalu jadi sorotan yaitu masalah biaya pendidikan yang semakin terjadinya lonjakan setiap tahunnya. Bahkan, masih banyak masyarakat yang masih kekurangan dan mengeluh dalam perihal buku, seragam dan peralatan sekolah lainnya.

Baca Juga: 6 Istilah-Istilah Baru Dan Populer Dalam Kurikulum Merdeka yang Tidak Ada di Kurikulum 2013

Meskipun pemerintah telah mengambil langkah serta mengumumkan wajib belajar 12 tahun. Namun, masih banyak sekali orang tua yang tidak mencapai rahan sekolah bagi anaknya 12 tahun karena biaya sekolah untuk siswa yang tergolong tidak mampu masih minim.

  1. Tenaga pendidik terampil yang kurang

Bukan hanya masalah pendanaan sekolah yang minim saja, namun tenaga pendidik yang terampil pun masih terbilang minim bahkan kurang. Tenaga pendidik yang terampil sangat dibutuhkan untuk mencapai target siswa yang nantinya lebih kompeten. Karena, jika guru yang mengajar tida terampil dan kompeten, maka akan berpengaruh pada nilai anak dan pemehamannya di sekolah.

  1. Minimnya bahan ajar
Baca juga:   Pentingnya Pembelajaran Social Emotional Learning (SEL) bagi Anak

Masalah lain yang menjadi sorotan yakni kurangnya bahan ajar bagi siswa yang ingin mengetahui lebih mengenai pelajaran yang telah mereka pelajari. Hal yang harus dibenahi dalam waktu dekat yakni mengadakan perpustakaan untuk mencapai literasi siswa untuk terus rajin membaca serta pengetahuannya dapat berkembang dengan usianya. Apalagi  jika sekolah di daerah yang kurang terjamah pemerintah, saat ini pun masih bayak yang kurang akan literasi.

  1. Anak difabel yang kuang diperhatikan

Kesenjangan antara pendidikan untuk dan khusus masih menjadi permasalahan yang terus menerus ada setiap tahunnya. Adanya sekolah inikuisi masih belum terlihat perkembangannya pada saat ini. Hanya ada beberapa sekolah saja yang telah menerapkan sekolah inkuisi. yang mana dampaknya adalah generasi difabel tidak merasa dirinya dikucilkan serta dijauhi oleh anak yang bersekolah di sekolah umum.

 

Penulis: Vikri Februansyah

Share :

Baca Juga

motivasi belajar

Kurikulum

Mengenal Pembelajaran Berdiferensiasi dan Penerapannya di Kelas

Kurikulum

Begini Tahapan dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka

Kurikulum

Kurikulum Merdeka Belajar dan Keunggulannya dalam Media Pembelajaran

Kurikulum

5 Prinsip Implementasi Projek di Era Kurikulum Merdeka

Kurikulum

Kurikulum Merdeka Bukan Sebagai Pengganti Kurikulum 2013, Begini Penjelasannya

Karya Inovatif

Guru Wajib Paham Gaya Belajar Siswa

Kurikulum

3 Jenis Modul Ajar Yang Wajib Dibuat Oleh Guru Dalam Kurikulum Merdeka 2022

Kurikulum

Mudahnya Mendapatkan Ribuan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Secara Gratis, Begini Caranya!
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.