Tepat pada hari Rabu, 30 November 2022 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) merilis e-Rapor Kurikulum Merdeka. Sebagai informasi, kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang diluncurkan sejak 11 Februari 2022 sebagai kurikulum hasil perbaikan kurikulum 2013 sebelumnya.
Kurikulum Merdeka berfokus pada kemerdekaan belajar dimana materi esensial yang pendidik ajarkan sesuai dengan minat, bakat, dan fase peserta didik. Di era berlakunya, kurikulum merdeka ini menggunakan e-rapor berbasis website.
Panduan E-Rapor Kurikulum Merdeka
E-rapor menjadi terobosan baru di dunia pendidikan yakni rapor elektronik yang memudahkan guru dan operator sekolah dalam menghimpun data-data nilai siswa. Jika dahulu semua nilai diinput oleh wali kelas secara manual (menulis di buku rapor), maka sekarang tiap guru pengampu mapel dapat menginput sendiri nilai siswa di e-rapor. Hal itu tentunya akan meringankan tugas wali kelas dan menghindari ketimpangan proporsi kerja.
Berikut akan dijelaskan panduan e-rapor kurikulum merdeka untuk guru SD. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
1. Login sebagai guru
- Akses aplikasi e-Rapor dengan menggunakan browser (misalnya google chrome, yahoo, dll).
- Lengkapi data pada halaman login. Data user dibuat oleh administrator melalui menu user.
- Pilih semester.
- Klik tombol Masuk.
- Akan diarahkan ke dashboard guru.
Catatan:
Jika Anda lupa password silahkan gunakan fasilitas Reset Password dengan mengklik “Lupa Password?” atau dapat menghubungi admin untuk reset password. Untuk menampilkan dan menyembunyikan password yang diisi, silahkan klik “Show Password”.
2. Halaman Depan Guru
Pada halaman depan ini ada menu navigasi informasi rekap data, aplikasi, tautan panduan penggunaan aplikasi e-rapor, serta panduan pembelajaran dan asesmen. Selanjutnya, lakukan pengisian tujuan pembelajaran.
Input tujuan pembelajaran atau TP menjadi pedoman dasar dalam penyusunan deskripsi, untuk proses input cukup dilakukan oleh 1 orang guru mapel yang mengajar pada tingkat yang sama.
- Klik menu Data dan Nilai => Input Tujuan pembelajaran.
- Klik tombol Tambah Tujuan Pembelajaran.
- Pilih jumlah TP yang akan ditambahkan.
- Klik Tampilkan.
- Input Mapel, Kelas, Kode, dan TP lalu simpan.
3. Input Nilai Rapor
Di Bagian ini, isis nilai berupa nilai akhir rapor dan deskripsi ketercapaian kompetensi tiap siswa. Nantinya sistem akan langsung menampilkan nilai, deskripsi, dan hasil cetak raport siswa.
Untuk membuka input nilai raport, klik menu nilai rapor. Lalu, pilih opsi sub menu input nilai rapor, sehingga tampil. Selanjutnya pilih kelas, mata pelajaran, dan semester untuk menampilkan formulir input nilai rapor kelas tersebut.
Untuk mengisi nilainya, silakan ketik nilai rapor masing-masing siswa skala 0-100 dan tentukan juga dengan cara ceklis TP yang telah dicapai secara optimal dan TP yang perlu pendampingan untuk tujuan membuatkan deskripsi ketercapaian kompetensi secara otomatis. klik simpan data nilai untuk menyimpan.
Lewat proses input ini, maka nilai rapor akan tersimpan dan deskripsi capaian akan muncul secara otomatis. Untuk menunjukan dan mengubah deskripsi, silakan klik tombol lihat dan edit deskripsi, sehingga akan tampil form input nilai dan deskripsi.
Silakan edit dan sesuaikan dengan pencapaian tertinggi dan pencapaian terendah tiap siswa. Caranya dengan menulis langsung di kolom deskripsi capaian tertinggi dan kolom deskripsi capaian terendah. Terakhir, klik simpan menyimpan data tersebut.
4. Import Nilai raport
- Klik menu import nilai raport => sub menu import Nilai raport
- Pilih kelas, mata pelajaran, dan semester.
- Pada bagian jenis nilai:, klik jenis nilai yang akan diimpor yaitu Nilai Sumatif,
- Pada pilih file nilai, klik choose file => cari file nilai raport yang telah diisi => open,
- Klik import nilai dan tunggu sampai proses tersebut selesai.
Catatan:
Format nilai rapor harus menggunakan format nilai yang tersedia di aplikasi tersebut. Pastikan juga semua data telah terisi dan tersimpan dengan format xlsx atau xls.
5. Cek Status Penilaian
- Untuk mengecek status nilai yang sudah diinput oleh guru mapel, Anda bisa menggunakan fitur cek status penilaian.
- Lalu, buka status penilaian di tiap kelas yang diampu.
- Klik menu cek Penilaian, lalu sub menu status penilaian. Tunggu beberapa saat sampai muncul halaman status penilaian.
Data yang muncul pada halaman status nilai merupakan jumlah status nilai yang terdiri atas jumlah data nilai yang telah diinput pada kelas tersebut untuk setiap aspek.
6. Cek Perkembangan Nilai Siswa
Perkembangan nilai siswa dan deskripsi capaian kompetensi siswa untuk mapel yang diampu mulai semester 1 hingga semester akhir bisa dilihat lewat menu perkembangan nilai rapor.
Untuk membuka perkembangan nilai rapor siswa, silakan masuk ke menu Cek Penilaian. Kemudian pilih sub menu Perkembangan Nilai Rapor. Nantinya akan muncul halaman perkembangan Nilai Rapor.
Demikian informasi mengenai panduan e-rapor kurikulum merdeka untuk guru SD. Sistem e-rapor ini menjadi bukti bahwa sistem pendidikan sudah menggunakan teknologi internet.
Oleh karena itu, para guru harus meningkatkan kompetensi sesuai dengan perkembangan zaman. Anda bisa meningkatkan kompetensi lewat pelatihan daring yang bisa diikuti di platform e-Guru.id, GuruJuara.com, dan Diklat.co.