Mindfulness dalam Pembelajaran– Mindfulness atau perhatian penuh merupakan salah satu teknik dalam pendidikan. Teknik mindfulness dalam pembelajaran ini berguna untuk mendapatkan ketenangan dan kesadaran, sehingga bisa mengatur perilaku secara penuh.
Penerapan Mindfulness dalam Pembelajaran di Sekolah
Praktek mindfulness dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah agar tujuan bisa tercapai karena peserta didik dan guru mampu berkolaborasi dengan baik. Simak ulasan mengenai penerapan konsep mindfulness dalam pembelajaran di sekolah berikut ini.
Pengertian Konsep Mindfulness
Mindfulness merupakan kesadaran penuh yang akan muncul saat seseorang memfokuskan perhatiannya pada suatu topik tertentu. Sikap mindfulness ini dilakukan secara sengaja berlandaskan rasa ingin tahu yang tinggi.
Pada penerapan mindfulness terdapat beberapa kata kunci yang penting diperhatikan, yaitu perhatian secara sengaja, rasa ingin tahu, kesadaran, saat ini, dan kebaikan. Semua kata kunci tersebut membuk keterikatan.
Keterikatan dalam mindfulness terdiri dari pikiran, kemasan, serta rasa ingin tahu terhadap suatu kegiatan yang sedang dilakukan. Mindfulness akan muncul ketika seseorang meletakkan perhatiannya secara penuh untuk memahami.
Menerapkan Konsep Mindfulness Pada Kurikulum
Mindfulness dalam pembelajaran dimulai dari penerapannya pada kurikulum, tepatnya tahun 2011. The Hawk Foundation bekerjasama dan Columbia University bekerja sama untuk mengembangkan The Mindup Curriculum.
Sasaran dari kurikulum tersebut adalah usia pra sekolah hingga kelas 8 dengan pembelajaran bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran emosional dan sosial. Selain itu, kurikulum tersebut diterapkan untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis.
The Mindup Curriculum juga bertujuan untuk menguji keberhasilan akademik yang berdasarkan pada praktik kelas. Penerapan konsep pembelajaran mindfulness ini dilakukan dengan mengajak siswa berdoa sebelum belajar, mencintai alam, mendalami literasi, dan mempelajari kesenian.
Manfaat Mindfulness Bagi Siswa
Manfaat utama mindfulness bagi siswa adalah untuk mengatur pikiran dan emosinya sendiri. Selain itu, mindfulness berguna untuk membantu peningkatan perilaku sosial serta dalam bidang akademik yang memungkinkan pengembangan pengetahuan siswa.
Berikutnya, siswa bisa memahami konsep diri yang membuat agresi berkurang, sehingga bisa bekerjasama dengan baik. Hal ini juga membantu siswa untuk meningkatkan kreativitasnya karena harus berpikir secara fokus.
Mindfulness bisa meningkatkan konsentrasi siswa, sehingga meningkatkan partisipasinya di kelas. Selain itu, penerapan mindfulness akan membantu mengurangi rasa cemas siswa saat akan menghadapi ujian karena sudah meletakkan konsentrasinya.
Penerapan mindfulness secara teratur akan membantu meningkatkan kualitas siswa karena memungkinkan peserta didik mampu menghadapi permasalahan dengan tenang. Keberhasilan proses pembelajaran akan meningkat karena siswa memperhatikan penjelasan guru.
Manfaat Mindfulness Bagi Guru
Mindfulness dalam pembelajaran juga bermanfaat bagi guru karena bisa meningkatkan kesadaran dan fokus perhatiannya pada siswa. Penerapan konsep mindfulness ini akan membuat guru untuk memberikan pembelajaran secara terarah karena meletakkan perhatian secara penuh pada siswa.
Tak hanya itu saja, mindfulness akan membuat guru bisa menerima semua kebutuhan siswa dengan baik. Mindfulness akan membantu membentuk keseimbangan emosional guru agar lebih bijak dalam menanggapi setiap hal yang dilakukan siswa di kelas.
Menerapkan pembelajaran dengan mindfulness akan membantu menjaga kesehatan mental guru dan bisa mengatasi stress. Iklim yang ada di kelas juga lebih baik, sehingga lingkungan belajar optimal. Mindfulness juga akan membantu memperbaiki hubungan kerja antar guru di sekolah
Mindfulness dalam pembelajaran ternyata memiliki peranan penting yang harus mulai diimplementasikan di kelas. Guru harus menguasai konsep mindfulness dengan baik agar nantinya bisa mengajarkannya pada siswa, sehingga seluruh elemen bisa fokus pada pembelajaran.
Silahkan Bergabung dan Belajar Bersama Diklat 64 JP “Penyusunan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP), Modul Ajar dan Modul Project“.Klik LINK INI untuk mendaftar jadi peserta.