Home / Kenaikan Pangkat / Metode Pembelajaran

Kamis, 13 Januari 2022 - 17:06 WIB

Peran Apresiasi Guru Terhadap Antusias Belajar Peserta Didik

Peran apresiasi guru terhadap antusisas belajar memiliki fungsi penting dalam proses pembelajaran. Memberikan apresiasi atau apresiasi kepada anak didik memegang peranan yang sangat penting dalam kepribadiannya.

Namun, saat ini, beberapa orang tua maupun guru kurang menghargai anak didiknya. Masing-masing telah mengalir dengan arus aktivitas.

Sebagian besar guru fokus pada tugasnya sebagai guru, yaitu bergulat dengan masalah administrasi, promosi, tes keterampilan dan sejenisnya sehingga tugas mereka sebagai guru adalah pendidik yang terlupakan.

Dengan tidak menghargai usaha dan prestasi anak, mereka bisa menjadi lebih tertutup, menyebabkan berkembangnya sikap apatis, dan bahkan bisa membuat anak stres karena terus berpikir bahwa usaha dan prestasinya tidak dihargai.

Pentingnya Apresiasi

Menurut Hanafy (2014) apresiasi mengajarkan kita untuk menilai pentingnya atau nilai sesuatu. Tujuannya adalah agar siswa memperoleh dan mengembangkan keterampilan emosional, seperti kemampuan untuk menilai objek dengan tepat.

(Kirana, 2020) Syukur itu sendiri merupakan evaluasi atas usaha atau pencapaian. Rasa syukur tidak harus diwujudkan dalam bentuk benda, tetapi dapat diungkapkan dengan pujian, ucapan selamat, atau ungkapan rasa bangga.

Hal ini dikarenakan ungkapan rasa syukur yang berlebihan dalam bentuk benda dapat berdampak negatif terhadap karakter anak. Mengungkapkan rasa terima kasih juga dapat membuat siswa senang.

Semakin banyak rasa terima kasih yang Anda terima, semakin bahagia siswa Anda merasa dihargai, diperhatikan, dan dicintai.

Syukur memiliki efek menenangkan dan membuat siswa lebih rileks dan nyaman. Ucapan terima kasih atau ucapan terima kasih yang tulus akan membuat siswa tersenyum indah, sejalan dengan peran apresiasi guru terhadap antusias belajar.

Baca juga:   Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kehidupan

Energi Positif Dari Apresiasi

Kita tidak boleh lupa bahwa anak berhak tumbuh dengan semangat dan apresiasi dari berbagai sudut, termasuk guru.

Semakin kita menghargainya, semakin tanpa sadar kita membangun ikatan yang kuat dengan hati dan jiwa anak-anak kita, membuat mereka semakin percaya diri dan percaya diri dengan lingkungannya.

Kemarahan, teriakan, dan ancaman yang sering membuat anak menjadi malu, minder, dan cemas, serta mengungkapkan kepribadian mereka

Apresiasi Rasa syukur membawa energi positif yang sangat kuat dalam diri siswa kita. Apresiasi guru sebenarnya memiliki kemampuan untuk memotivasi dan membuat siswa senang dan bersyukur.

Wahai para guru, biarkan para murid melakukan apa yang menjadi hak mereka. Meski terkadang dilupakan, nilai yang diberikan akan membekas dalam jiwa siswa dan akan membuat mereka sukses di masa depan.

Menurut Badan Standar Nasional Pendidikan dalam Permatasari (2020), standar isi pengajaran bahasa Indonesia bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan siswa secara tepat dan benar serta membangun pemahaman siswa tentang sastra Indonesia.

Pendidikan Indonesia juga menitikberatkan pada keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, yang kesemuanya berkaitan erat dengan proses dan hasil yang perlu diapresiasi. Dengan demikian, peran apresiasi guru terhadap antusias belajar menjadi sangat penting.

Menulis merupakan salah satu komponen keterampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa. Menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang paling sulit.

Baca juga:   Peran Guru Menanamkan Sifat Nasionalisme Pada si Kecil

 

Penulis: Lidiyah Ayu N

Share :

Baca Juga

kiat-kiat sukses

Metode Pembelajaran

Panduan Penerapan Project Based Learning dalam Pembelajaran
ide ice breaking pramuka

Metode Pembelajaran

Contoh Kegiatan Outing Class yang Seru dan Tak Terlupakan

Kenaikan Pangkat

Mengajarkan Kedisiplinan Melalui 3 Kebiasaan Sehat Pelajar Jepang

Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran Aktif dengan Aktivitas Debat di Kelas

Media Pembelajaran

Memanfaatkan CapCut untuk membuat video pembelajaran

Guru Honorer

Cara yang Bisa Dilakukan Guru untuk Memahami Gaya Belajar Siswa

Kenaikan Pangkat

Angka Kredit Guru PNS Berdasarkan Golongan Dan Unsurnya

Metode Pembelajaran

Ternyata Ini Perbedaan Metode dan Model Pembelajaran