Home / Kenaikan Pangkat

Jumat, 24 Juni 2022 - 06:46 WIB

Ini Dia Kunci Kelulusan PPPK Guru Tahap 3 Tahun 2022

PPPK Guru Tahap 3 Tahun 2022- Pelamar prioritas 1,2,3 dan umum dalam proses rekuitmen PPPK tahap 3 tahun 2022 telah ditetapkan. Kemendikbudristek telah menentukan kunci penentuan kelulusan dari pelamar prioritas 1,2,3 dan umum.

Di mana untuk pelamar prioritas 1, 2, 3, dan umum terdapat hal yang harus dilakukan oleh pelamar agar dapat lolos di seleksi PPPK guru tahap 3.

Kunci Penentuan Lolos PPPK Tahap 3 Tahun 2022

Seperti diketahui dalam rekrutmen PPPK guru tahap 3 tahun 2022, terdapat 3 jenis mekanisme seleksi bagi guru ASN PPPK di tahun 2022.

1. Penempatan Lulus Passing Grade

Hal tersebut berdasarkan formasi yang tersedia di daerah, bagi guru yang telah lulus passing grade. Namun,  belum mendapatkan formasi saat seleksi PPPK tahap 1 maupun 2.

Pada PPPK guru tahap 3 tahun 2022, oleh Kemdikbud guru honorer tersebut akan langsung penempatan di sekolah induknya masing-masing.

Selain itu bisa juga akan ditempatkan di satuan pendidikan yang membutuhkan.

Peserta penempatan lulus Passing Grade diperuntukan bagi guru yang telah Lulus Passing Grade saat Seleksi ASN-PPPK Guru Tahun 2021.

2. Seleksi kedua melalui Kesesuaian/Verifikasi bagi THK II dan Guru Honorer Negeri >3 Tahun

Kemudian seleksi kesesuaian atau verifikasi, dengan mempertimbangkan dimensi kompetensi pedagogik, professional, sosial, dan kepribadian.

Baca juga:   BERPENDIDIKAN

Peserta dengan kesesuaian/verifikasi diantaranya merupakan THK- II dan Guru Honorer Negeri (3 tahun terdaftar pada Data Pokok Pendidikan)

Maka untuk seleksi kesesuaian atau verifikasi ini dapat dilakukan jika guru yang telah lulus passing grade sudah mendapatkan formasi, dan terdapat sisa formasi, maka akan diberikan kepada seleksi yang kedua ini.

3. Seleksi Tes bagi Pelamar Umum

Jika masih tersedia formasi dilanjutkan dengan mekanisme seleksi tahap 3. Pasalnya, mekanisme Seleksi Guru ASN PPPK di tahun 2022 ini, kata kuncinya adalah “Jika Masih Tersedia Formasi”.

Lebih lanjut untuk seleksi tes, merupakan seleksi yang dilakukan dengan mempertimbangkan dimensi kompetensi manajerial, teknis, dan sosial kultural.

Proses pelaksanaan Seleksi Tes dilakukan adalah dengan mempertimbangkan sisi kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan sosial kultural. Peserta dalam kategori ini adalah Guru Honorer Negeri (3 tahun terdaftar pada Data Pokok Pendidikan), Lulusan PPG, Guru Honorer Swasta (terdaftar pada Data Pokok Pendidikan).

Maka untuk seleksi yang ketiga ini, jika masih tersedia formasi dari sisa seleksi yang kedua, akan diberikan ke peserta yang menjalani seleksi tes.

Sekali lagi, perlu diketahui untuk prioritas penempatan dilakukan berdasarkan urutan kategori pelamar yakni THK-II, honorer negeri, lulusan PPG, dan honorer swasta.

Baca juga:   Inilah Keuntungan Guru Mendaftar PPPK dan Perbedaannya dengan PNS

Selain itu, untuk masing-masing kategori akan dilakukan urutan berdasarkan nilai yang diperoleh pada hasil seleksi tahun 2021, sebagaimana yang tertuang dalam Permen PANRB Nomor 20 Tahun 2022, yakni teknis, manajerial sosial kultural, wawancara, lalu usia.

Lebih lanjut untuk mekanisme seleksi kesesuian atau verifikasi bagi pelamar yang termasuk THK-II dan guru honorer dari sekolah negeri dengan kategori sudah mengajar minimal tiga tahun, maka harus melakukan pengecekkan data seperti kesesuaian kualifikasi akademik, kompetensi teknis, kinerja, serta pemeriksaan latar belakang.

Agar nantinya saat diverifikasi oleh Kemdikbud dapat lolos dalam seleksi PPPK guru tahap 3 tahun 2022.

Hal tersebut berlaku, apabila guru yang telah lulus passing grade dan telah mendapatkan formasi, serta masih ada sisa formasi yang tersedia maka untuk pelamar yang masuk belum lulus passing grade harus melakukan pengecekkan pada data tersebut.

Demikian ulasan mengenai kunci kelulusan seleksi guru ASN PPPK Tahun 2022. Semoga artikel ini bermanfaat!

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Penulis : (Zuzun/Zuzun)

Share :

Baca Juga

Kenaikan Pangkat

Angka Kredit Guru PNS Berdasarkan Golongan Dan Unsurnya
Pendaftaran Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Segera Ditutup

Kenaikan Pangkat

Pendaftaran Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Segera Ditutup

Kenaikan Pangkat

Benarkah Gaji Ke-13 Untuk PNS Akan Cair Mulai Bulan Juli?

Kenaikan Pangkat

Tabel Angka Kredit Guru PNS dari Sub-Unsurnya

Kenaikan Pangkat

Guru Besar UPI Paparkan 3 Komponen Penting untuk Implementasikan Pendidikan Manajemen

Kenaikan Pangkat

Pendidikan Karakter Anak Usia Dini
Inilah Jadwal dan Syarat Pretest PPG Daljab Kemenag 2022

Kenaikan Pangkat

Guru Non ASN yang Lolos Passing Grade 2021 Jadi Prioritas di Seleksi PPPK 2022

Kenaikan Pangkat

Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.