Home / Guru Honorer / Kenaikan Pangkat

Selasa, 8 Maret 2022 - 11:45 WIB

Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru di Era Digital

Kompetensi seorang guru masih menjadi tolak ukur penilaian guru. Seorang guru yang baik mampu mencerminkan kompetensi yang dimiliki. Akan tetapi, kompetensi guru di sini sudah ada aturannya. Menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 pasal 8, kompetensi guru meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang akan didapatkan jika mengikuti pendidikan profesi. Dengan kata lain, kompetensi guru perlu dikembangkan dan terus dilakukan guna kemajuan pendidikan.

Di era sekarang yang sudah serba digital sudah tentu menjadi tantangan tersendiri untuk para guru. Apalagi adanya pandemi covid-19 yang mengharuskan guru mampu menguasai teknologi guna menunjang proses pembelajaran. Artinya, di era digital seperti sekarang ini seorang guru harus mampu mengupgrade kompetensi agar tidak ketinggalan zaman.

Sebelum membahas upaya apa yang kiranya bisa meningkatkan kompetensi guru maka, perlu diingat kembali mengenai 4 standar kompetensi itu sendiri. Penjelasan mengenai standar kompetensi guru bisa dilihat di bawah ini :

Kompetensi Pedagogik

Kompetensi Pedagogik  adalah kemampuan atau keterampilan seorang guru dalam mengelola suatu proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik. Sub kompetensi pedagogik ada tujuh yaitu :

  • Karakter Perserta Didik.
  • Teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik
  • Pengembangan kurikulum
  • Pembelajaran yang mendidik
  • Pengembangan potensi peserta didik
  • Cara berkomunikasi
  • Penilaian dan evaluasi belajar

Kompetensi Kepribadian

Kompetensi kepribadian guru berkaitan dengan karakter personal yang dimiliki seorang guru. kompetensi kepribadian ini artinya guru harus mampu mencerminkan kepribadian yang positif misalnya jujur, disiplin, empati, berakhlak mulia dan sebagainya. Sebagai guru yang baik maka harus mampu menjadi contoh bagi peserta didiknya. Kepribadian yang dicerminkan seorang guru sebaiknya kepribadian sebagai guru profesional di mana seorang guru mampu menempatkan diri dengan baik ketika memberikan pembelajaran kepada peserta didik. Artinya dibutuhkan peran guru dalam membantu membentuk kepribadian peserta didik.

Kompetensi Profesional

Kompetensi profesional guru merupakan kemampuan atau ketrampilan guru dalam menguasai materi agar tugas keguruan dapat terselesaikan dengan baik. Kompetensi profesional guru adalah implementasi dari segala materi maupun pengetahuan yang dimiliki oleh guru.

Baca juga:   Salah Satu Cara Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Mendidik

Kompetensi profesional berkaitan dengan hal yang bersifat teknis dan berhubungan langsung dengan kinerja guru. Berikut ini merupakan indikator seorang guru dikatakan profesional diantaranya yaitu :

  • Menguasai berbagai materi pelajaran terutama mata pelajaran yang diampu mencakup struktur pelajaran, konsep pelajaran, dan pola pikir keilmuannya.
  • Menguasai standar kompetensi (SK), kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu, dan tujuan pembelajaran dari pelajaran yang diampu.
  • Mampu mengembangkan materi pembelajaran secara kreatif sehingga mampu memberi pengetahuan lebih luas dan mendalam.
  • Mampu melakukan refleksi terhadap diri sendiri demi mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan.
  • Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran dan juga untuk pengembangan diri.

Dengan menguasai beberapa penjelasan yang sudah dijelaskan di atas diharapkan guru mampu bersikap profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai guru.

Kompetensi Sosial

Kompetensi sosial guru adalah kemampuan dalam berkomunikasi, bersikap dan berinteraksi secara umum kepada peserta didik, sesama guru, orang tua/wali peserta didik, tenaga pendidik, dan masyarakat secara umum.

Beberapa ketrampilan guru dalam kompetensi sosial adalah sebagai berikut :

  • Mampu bersikap inklusif, bertindak objektif, dan tidak diskriminatif terhadap seseorang terkait latar belakangnya, fisik, status sosial, jenis kelamin, ras, dan sebagainya.
  • Mampu berkomunikasi secara efektif, bersikap empatik, dan santun.
  • Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan.
  • Mampu beradaptasi di lingkungan tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia dengan berbagai macam keragaman sosial budaya untuk mengembangkan kualitas daerah sekitar.

Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru di Era Digital

Sebelumnya telah dibahas mengenai beberapa standar kompetensi yang harus dimiliki guru. Keempat kompetensi guru tersebut harus terus dikembangkan apalagi di era digital seperti ini. Kompetensi guru yang berkembang juga akan berpengaruh pada kualitas pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik. Lantas, bagaimana upaya untuk meningkatkan kompetensi guru tersebut di era digital? Simak penjelasan berikut ini :

Baca juga:   Inilah Keuntungan Guru Mendaftar PPPK dan Perbedaannya dengan PNS

Mengikuti MGMP

MGMP adalah musyawarah guru mata pelajaran sebagai himpunan guru yang memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi guru baik melalui diskusi maupun pelatihan. MGMP biasanya dilakukan oleh guru bidang studi yang sama untuk kemudian saling bertukar pendapat maupun pengalaman. MGMP sendiri bertujuan untuk meningkatkan minat guru untuk meningkatkan kemampuan dalam mempersiapkan, melaksanakan dan evaluasi program serta mengembangkan proses belajar mengajar untuk menunjang kegiatan pendidikan. Nah, dengan mengikuti MGMP harapannya guru bisa mengembangkan keempat standar kompetensi baik pedagogik, kepribadian, profesional, maupun sosial.

Mengikuti Workshop

Workshop adalah kegiatan diskusi disertai praktek di mana sekelompok orang berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka. Kegiatan workshop bisa dilakukan secara langsung maupun secara online. Wokrshop secara online sekarang sering diadakan oleh beberapa media pelatihan. Nah, guru bisa melakukan workshop sebagai ajang untuk mengembangkan kompetensinya. Di era digital, guru diharapkan aktif mengikuti workshop baik di sekolahnya maupun secara online.

Mengikuti kursus atau pelatihan komputer

Seorang guru belum semua bisa menguasai komputer. Nah, bisa disarankan untuk mengikuti kursus ya. Karena sekarang juga banyak kursus komputer yang menawarkan berbagai pelatihan seperti pelatihan Ms. Excel, Ms. Power Point, maupun pelatihan yang lainnya. Ketrampilan ini juga bisa menunjukkan keprofesionalan seorang guru bahwa guru bisa menguasai teknologi informasi dan komunikasi.

Demikian penjelasan mengenai kompetensi guru dan upaya meningkatkan kompetensi guru. Sebagai guru diharapkan terus mengembangkan segala kemampuan yang dimiliki guna peningkatan kompetensi guru. Semangat para guru!

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

 

Share :

Baca Juga

Guru Honorer

3 Alasan Pentingnya Guru Melakukan Management Diri

Karya Inovatif

Ide Karya Inovatif di Bidang Seni, Bisa Digunakan untuk Kenaikan Pangkat Guru

Kenaikan Pangkat

Pendaftaran PPPK TA 2022-2023

Kenaikan Pangkat

Cerita Haru Guru SD yang Viral karena Bersihkan Ratusan Kutu Rambut Seorang Siswa

Kenaikan Pangkat

Ice breaking solusi jenuh dalam belajar

Kenaikan Pangkat

Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Karya Inovatif

Karya Inovatif untuk Kenaikan Pangkat Guru

Kenaikan Pangkat

Penghapusan Tenaga Non-ASN Diulur, Lalu Kapan Jadinya Honorer Dihapus?
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.