Home / Kenaikan Pangkat

Selasa, 2 Agustus 2022 - 13:48 WIB

Penerapan Nilai-Nilai Karakter PKN

Penerapan Nilai-Nilai Karakter PKN

A. Latar Belakang 

Indonesia adalah negara dengan budaya yang kental, menjunjung tinggi nilai nilai kearifan bangsa. Penerapan Nilai-Nilai Karakter PKN, Nilai-nilai tersebut terus menerus ingin selalu di gaja dan dipertahankan sebagai simbol negara Indonesia negara yang berbudaya. Penerapan Nilai-Nilai Karakter PKN, Untuk itu diperlukan individu ata anusia manusia yang berkarakter yang dpaat menjaga nilai nilai keluhuran bangsa Indonesia diperlukan Penerapan Nilai-Nilai Karakter PKN.

 

 

Dari situ jelas bahwa diharapkan pendidikan mampu untuk mewujudkan manusia yang berkarakter. Berkarakter disini sesuai dengan apa yang sudah di dampaikan pada tujuan pendidikan nasional tersebut.

Meskipun begitu nyatanya dalam proses pembelajaran tidak semua guru dapat menerapkan pendidikan karakter. Masih terdapat kekurangan dalam penerapan pendidikan karakter di dalam proses pembelajaran. Seperti pada hasil pengamatan yang dilakukan penulis di sekolah X kelas Y ditemukan bahwa guru tersebut tidak menerapkan implementasi pendidikan karakter, pada dalam RPP sudah tertulis pendidikan karkter yang akan di terapkan dalam proses pembelajaran. Dari hasil wawancara diketahui bahwa sang guru tidak tau bagaimana cara menyisipkan pendidikan karakternya dan kapan waktu untuk menyisipkan pendidikan karakter tersebut.

Maka dari itu untuk  tujuan pendidikan tersebut yaitu mewujudkan manusia yang berkarakter salah satu cara yang harus dan dapat dilakukan oleh pendidikan di Indonesia yaitu mengimplementasikan atau menerapkan nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran. Hal ini sering dilakukan oleh guru, dapat dilihat dari penggunaan RPP berkarakter. Itu sudah menunjukan bahwa ada rencana yang dilakukan guru untuk menerapkan proses pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran berbasis karakter.

 

B. Rumusan Masalah

1. Bagaimanakah Penerapan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran PKn?

2. Apakah Manfaat Dari Penerapan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran PKN?

C. Tujuan Penulisan

1. Mendeskripsikan Penerapan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran PKn

2. Mendeskripsikan Manfaat Dari Penerapan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran PKN

 

A. Penerapan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran PKN

Apakah pendidikan krakter itu?

Pendidikan akrakter berasal dari dua kata yaitu kata pendidikan dan kata karater. Kata pendidikan memiliki arti sebagai usaha untuk memberikan ciri atau nilai kepada individu. Sementara karakter adalah nilai nilai yang bersifat positif. Sehingga pendidikan karakter adalah usaha yang dilakukan guna memberikan nilai-nilai positif kepada individu.

Baca juga:   Collaborative Learning Secara Daring? Cari tahu Di Sini!

 

Apa tujuan pendidikan karakter?

Pendidikan memiliki tujuan untuk mencapai tujuan nasional pendidikan yaitu untuk menciptakan manusia yang seutuhnya (berkarakter) seperti dijelaskan pada UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

 

Untuk mengimplementasikan nilai-nilai karakter hal pertama yaitu menggunakan pendekatan pembelajaran holistik. hal itu karena dengan pendekatan pembelajaran holistik (menyeluruh) dapat mengintegrasikan segala aspek pendidikan di sekolah dengan nilai-nilai karakter yang ada. Ada 8 ciri-ciri dari pembeajaran yang holistik, yaitu:

  1. Segala
    sesuatu di sekolah diatur berdasarkan perkembangan hubungan antara siswa, guru,
    dan masyarakat
  2. Sekolah
    merupakan masyarakat peserta didik yang peduli di mana ada ikatan yang jelas
    yang menghubungkan siswa, guru, dan sekolah
  3. Pembelajaran
    emosional dan sosial setara dengan pembelajaran akademik
  4. Kerjasama
    dan kolaborasi di antara siswa menjadi hal yang lebih utama dibandingkan
    persaingan
  5. Nilai-nilai
    seperti keadilan, rasa hormat, dan kejujuran menjadi bagian pembelajaran
    sehari-hari baik di dalam maupun di luar kelas
  6. Siswa-siswa
    diberikan banyak kesempatan untuk mempraktekkan prilaku moralnya melalui kegiatan-kegiatan
    seperti pembelajaran memberikan pelayanan
  7. Disiplin
    dan pengelolaan kelas menjadi fokus dalam memecahkan masalah dibandingkan
    hadiah dan hukuman
  8. Model
    pembelajaran yang berpusat pada guru harus ditinggalkan dan beralih ke kelas
    demokrasi di mana guru dan siswa berkumpul untuk membangun kesatuan, norma, dan
    memecahkan masalah

 

B. Manfaat Penerapan Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran

Dengan menerapkan pembelajaran yang terimplementasi dengan nilai-nilai karakter yang menjadi tujuan adalah terbentuknya individu individu yang berkarakter. Sehingga diketahui bahwa fungsi dari pendidikan karakter yaitu:

  1. Menggali perilaku anak agar memiliki karakter berperilaku baik, berhati baik dan berfikiran baik.
  2. Mengembangkan nilai-nilai karakter yang sudah ada dalam diri siswa untuk menjadi lebih baik.
  3. Meningkatkan manusia indonesia menjadi lebih berkarakter dan menjadikan bangsa ini bangsa yang dapat menjaga kearifan budaya Indonesia.

 

Dan diperoleh bahwa manfaat dari implementasi nilai karakter dalam pembelajaran yaitu:

 

  1. Membentuk karakter individu : dalam hal ini individu memiliki karakter yang kokoh yang kuat yang dapat terjaga walau menghadapi perubahan sosial seperti apapaun. Karakter yang diharapkan dalam hal ini adalah karakter yang sesuai dengan tujuan dari pendidikan.
  2. Membuat individu menghargai sesamanya : salah satu hal yang menjadi nilai dari penididkan karakter adalah toleransi. Toleransi mengajarkan kita untuk menghargai keberagaman. Sehingga dengan implementasi pendidikan karakter dapat menumbuh kembangkan sikap individu untuk menghargai satu sama yang lainnya.
  3. Mewujudkan generasi penerus bangsa yang lebih baik dan berintegritas : hal tersebut karena dengan pendidikan karakter dapat membentuk kepribadian dari individu yang kokoh dan tidak mudah goyang. Sehingga pendidikan karakter dapat mmebuat atau membantu untuk mewujudkan genarsi milenial yang memiliki integritas tinggi.
  4. Melatih mental dan moral : nyatanya pendidikan karakter dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berani tampil, berani mengungkapkan, bertanggung jawab dan nilai nilai luhur lainnya. Hal tersebut berdampak pada mental dan moral seorang anak yang menjadi lebih kuat.
  5. Memberikan identitas pada diri : nyatanya dengan semakin majunya perkembangan dunia, banyak remaja kehilangan identitas diri, sehingga itu membahayakan terhadap identitas bangsa. Maka dari itu pendidikan karakter harus mengembalikan indentitas bangsa dengan cara memberikan identitas pada diri remaja untu mejadi individu yang berkarakter.
Baca juga:   Menyusun Penulisan Best Practice Untuk Kenaikan Pangkat Guru

 

 

A. Kesimpulan

Pendidikan karakter adalah usaha yang dilakukan guna memberikan nilai-nilai positif kepada individu. Pendidikan karakter bertujuan untuk mewujudkan tujuan nasional pendidikan yaitu mewujudkan manusia yang beriman, bertagwa kepada tuhan, dapat bersaing, berakhlak mulia, bermoral, tolerant, bertanggung jawab, gigih, disiplin, kreatif, tidak mudah putus asa dan nilai-nilai lainnya.

Cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengimplementasikan nilai-nilai karater dalam pembelajaran yaitu: (1) Menyusun perencanaan pembelajaran berbasis karakter. (2) Mempersiapkan sumber belajar, bahan belajar, media pembelajaran, menyeting ruang dan sebagainya sesuai dengan apa yang telah guru tersebut rencanakan. (3) Melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat. (4) Mengevalusi proses pembelajaran yang sudah dilakukan oleh guru. (5) Mengevaluasi hasil belajar siswa (termasuk nilai-nilai siswa) yang tergambar dari nilai afektif siswa.

Manfaat dari impementasi pendidikan akrakter yaitu: (1) Membentuk karakter individu (2) Membuat individu menghargai sesamanya (3) Mewujudkan generasi penerus bangsa yang lebih baik dan berintegritas (4) Melatih mental dan moral (5) Memberikan identitas pada diri.pendidikan karakter

 

 

 

 

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

 

 

 

by : anss

Share :

Baca Juga

Kenaikan Pangkat

8 Data Wajib Dipersiapkan Saat Akan Mendaftar PPPK Tahun 2022

Kenaikan Pangkat

Beasiswa Microcredential untuk Guru PAUD dan SD Diperpanjang

Kenaikan Pangkat

Indonesia Butuh 17 Juta Talenta Digital pada 2030

Kenaikan Pangkat

Jenis-jenis Kecerdasan Yang Harus Kita Tahu

Guru Honorer

Tidak Ada Tenaga Honorer Pada Tahun 2023, Pemerintah Rencanakan Prioritas Pengangkatan

Karya Inovatif

Panduan Membuat Makalah Best practice dan Manfaatnya bagi Guru
tips lolos cpns 2023

Kenaikan Pangkat

Selamat! 5 Kategori ini Bisa Mendaftar CPNS dan PPPK 2022, Simak dalam SE Terbaru Menpan-RB

Guru Honorer

Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru di Era Digital