Home / Kenaikan Pangkat

Kamis, 4 Agustus 2022 - 12:08 WIB

WordPress, Website Pembelajaran yang Tepat Pada Kurikulum Merdeka

Website Pembelajaran – Kemajuan teknologi informasi khususnya teknologi komunikasi berbasis komputer sangat pesat. Salah satunya dengan menawarkan cara alternatif untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi ini adalah kecepatan dan tidak terbatasnya pada tempat dan waktu untuk mengakses informasi.

Kegiatanbelajar dapat dengan mudah dilakukan oleh peserta didik kapan saja dan dimana saja dirasakan nyaman oleh peserta didik tersebut. Batasan ruang, jarak dan waktu tidak lagi menjadi masalah rumit untuk dipecahkan.

Pembelajaran berbasis website adalah proses belajar mengajar yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet. Mengkombinasikan antara pertemuan secara tatap muka dengan pembelajaran berbasis web dapat meningkatkan kontribusi dan interaktifitas antar peserta didik. Salah satu pembelajaran berbasis website yang dapat menunjang pembelajaran yaitu WordPress.

WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang digunakan untuk membuat sebuah blog atau website. WordPress sangat mudah untuk digunakan dan memiliki fitur yang cukup lengkap saat ini. Pengguna situs dapat melakukan pendaftaran dan dapat langsung memiliki situs tanpa perlu berurusan dengan hal-hal teknis yang berhubungan dengan bahasa pemrograman web.

Baca juga:   5 Keuntungan Merdeka Belajar Bagi Peserta Didik

Berikut keunggulan lain dari CMS WordPress:

1. Mudah dimodifikasi

Template atau design tampilannya dapat diatur dan dimodifikasi sesuai keinginan pengguna sehingga apabila pengguna memiliki pengetahuan HyperText Markup Language (HTML) yang memadai, maka pengguna tersebut dapat berkreasi membuat template sendiri sedangkan engguna yang tidak mengerti HTML masih dapat memilih ribuan template yang tersedia di internet secara bebas dan gratis

2. Satu blog wordpress untuk banyak pengguna

Satu blog WordPress dapat digunakan untuk banyak pengguna (multi user) sehingga WordPress juga sering digunakan untuk blog komunitas.

3. Terintegrasi dengan blog lainnya

Jika pengguna telah mempunyai blog tidak berbayar misalnya di alamat Blogger, LiveJournal, atau TypePad, pengguna dapat mengimpor isi blog-blog tersebut ke alamat hosting blog pribadi yang menggunakan perangkat lunak WordPress sehingga pengguna tidak perlu khawatir isi blog yang lama akan menjadi sia-sia setelah menggunakan perangkat lunak WordPress

4. Mampu mendukung banyak kategori untuk satu artikel.

Satu artikel dalam WordPress dapat dikatogorisasikan ke dalam beberapa kategori. Dengan multikategori, pencarian dan pengaksesan informasi menjadi lebih mudah

Baca juga:   Metode Evaluasi Projek dalam  Kurikulum Merdeka

5. Beragam format teks dan gaya

WordPress menyediakan fitur pengelolaan teks yang cukup lengkap. Fitur – fitur format dan gaya teks pada kebanyakan perangkat lunak pengolah kata seperti cetak tebal, cetak miring, rata kanan, rata kiri, tautan tersedia di.

Kurikulum Merdeka menggabungkan gagasan pembelajaran individu. Terlihat dari keleluasaan siswa dan guru dalam melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Dengan cara ini, Kurikulum Mandiri memberikan kebebasan kepada guru untuk mengkonstruksi dan memodifikasi pelajarannya sesuai dengan kemampuan siswanya. Namun, Kurikulum Merdeka juga secara eksplisit mengembangkan kemandirian pengajar dan siswa agar mampu melek teknologi dan informasi di era digital ini.

Bagaimana? Apakah anda tertarik membuat website pembelajaran menggunakan wordpress?

e-Guru.id menyelanggarakan Pelatihan Bersertifikat 32 JP Pelatihan Membuat Website Pembelajaran Menggunakan WordPress

Segera datarkan diri Anda untuk mempelajari selengkapnya tentang membuat website pembelajaran menggunakan wordpress!

 

 

Penulis: Fita

Share :

Baca Juga

Guru Honorer

Kenali bentuk publikasi ilmiah dan angka kreditnya

Kenaikan Pangkat

Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri

Kenaikan Pangkat

Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum

Karya Inovatif

Ide Karya Inovatif di Bidang Seni, Bisa Digunakan untuk Kenaikan Pangkat Guru
Orang Tua

Kenaikan Pangkat

Peran Guru dalam Mengembangkan Motorik Anak TK

Kenaikan Pangkat

Indonesian International Student Mobility Award

Kenaikan Pangkat

Kabar Baik ! Bagi Guru Lulus Passing Grade, Ini Mekanisme PPPK Tahap 3 Tahun 2022

Kenaikan Pangkat

Pendidikan Agama Islam, istidraja