Home / Kenaikan Pangkat

Kamis, 10 Maret 2022 - 21:05 WIB

Jadwal Pretest PPG Dalam Jabatan tahun 2022

PPG dalam Jabatan tahun 2022 – sebagai bentuk upaya pemerintahan untuk meningkatkan kualitas pengajar atau pendidik di tahun 2022 ini. Pemerintah memperbaharui kembali program pengembangan kualitas guru yang biasa disebut dengan Program Pendidikan Guru Dalam Jabatan (PPG Dalam Jabatan).

Setelah berjalan selama beberapa tahun belakangan ini, PPG Dalam Jabatan pun diperbaharui kembali di tahun 2022 ini. Program Pendidikan Guru dalam Jabatan bertujuan untuk mempersiapkan tenaga pendidik dalam sistem pendidikan yang telah terdigitalisasi.

Definisi dan Tujuan PPG dalam Jabatan

Program Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan ini adalah program yang diperuntukan untuk tenaga pendidik baik yang telah terdaftar menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau non-ASN untuk memiliki kesempatan yang sama dalam mengembangkan potensi dan kemampuan yang ada agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang ada sekarang ini.

Tenaga pendidik atau guru yang mengikuti program ini diharuskan telah lulus dari tingkat sarjana dan mempunyai profesi utama sebagai guru. Manfaat mengikuti program ini adalah untuk mendapatkan sertifikasi yang bisa digunakan untuk meningkatkan jabatan atau golongan nantinya.

Sedangkan untuk pengajar non-cpns, program ini bertujuan agar mendapatkan peluang yang lebih besar untuk diangkat secara resmi menjadi aparatur sipil negara. Sayangnya program ini tidak bisa diikuti oleh guru honorer sekolah, karena sifat pengangkatannya masih internal. Artinya guru honorer sekolah diangkat oleh kepala sekolah untuk mengajar pada bidang studi tertentu. Sedangkan guru honorer daerah memiliki kesempatan untuk mengikuti program ini agar dapat diangkat menjadi aparatur sipil negara.

Baca juga:   PPG Prajabatan Model Baru dan Tata Cara Pendaftarannya

PPG dalam Jabatan tahun 2022

Seperti program-program yang telah berhasil sebelumnya, Program PPG dalam jabatan ini juga mempunyai beberapa tahap yang harus dilewati oleh peserta. Beberapa syarat utama yang harus dipenuhi adalah :

  • Memiliki Dapodik dan NUPTK
  • Aktif mengajar selama 2 tahun belakangan
  • Berusia maksimal 58 tahun di bulan desember tahun 2022
  • Telah diangkat menjadi guru selambat-lambatnya di tahun 2019.

Untuk informasi lengkap tentang PPG dalam Jabatan tahun 2022 ini. Calon peserta harus sering melihat pengumuman dan pembaharuan pada situs web Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Program Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan memang sangat tepat guna bagi guru-guru untuk mengembangkan potensi dan kemampuan individu itu sendiri,yang akan berpengaruh pada kualitas pendidikan di Indonesia.

Pelaksanaan PPG dalam Jabatan tahun 2022

Pengumuman pendaftaran PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 telah dibuka sejak 2 Februari 2022 lalu, melalui laman ppg.kemdikbud.go.id. Dan, hasil pengumuman seleksi pemberkasan atau administrasi baru saja diumumkan pada tanggal 7 Maret 2022. Hasilnya, terdapat sejumlah 391.530 guru dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Setelah, peserta atau guru yang dinyatakan lolos dalam pengumuman seleksi pemberkasaan atau administrasi tersebut. Peserta harus mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu Pretest. Diharapkan peserta harus menyiapkan diri dari tanggal 7 hingga 30 Maret 2022 nantinya.

Kemendikbud baru saja mengeluarkan serangkaian jadwal Pretest bagi peserta, berikut jadwal Pretest PPG Daljab 2022,

Jadwal Seleksi Akademik (Pretest) PPG Daljab Tahun 2022

  1.  Cetak Kartu Peserta : 12-13 Maret 2022, peserta diharapkan mencetak kartu peserta sebagai identitas dan bukti mengikuti pretest. Sebab nantinya peserta PPG akan diimbau untuk menunjukkan kartu peserta, selain itu juga harus mempersiapkan KTP peserta PPG.
  2. Koordinasi peserta dengan pengawas : 14 Maret 2022, koordinasi oleh pengawas melalui whatsApp. Jadi, pastikan nomor telepon seluler harus tertaut dengan aplikasi WhatsApp. Fungsi dari nomor hp WA ini sebagai media koordinasi peserta PPG dengan pengawas selama serangkaian kegiatan Pretest.
  3. Instalasi mandiri oleh peserta : 14 Maret 2022. Nantinya peserta PPG diharuskan untuk menginstal aplikasi yang akan diarahkan oleh pengawas pada tanggal 14 Maret 2022. Untuk itu, para peserta PPG harus mempersiapkan jaringan, smartphone dan laptop yang mendukung untuk Pretest PPG.
  4. Uji coba aplikasi Pretest : 15 s.d. 27 Maret 2022.  Para peserta PPG tahun 2022 nantinya, akan melakukan uji coba aplikasi. Peserta mencoba apakah aplikasi tersebut bisa berjalan ataukah tidak.
  5. Seleksi Akademik (daring domisili) : 16 s.d. 30 Maret 2022. Untuk pembagian jadwal akan ditentukan oleh Kemendikbud Ristek dan peserta PPG bisa memantau terkait pembagian jadwal yang tercantum pada kartu peserta.
Baca juga:   Ingin Cepat Naik Pangkat Guru? Lakukan dan Pahami Hal Berikut Ini!

Silahkan Bergabung dan Belajar Bersama Diklat 64 JPPenyusunan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP), Modul Ajar dan Modul Project“.Klik LINK INI untuk mendaftar jadi peserta.

[Seluruh Peserta Mendapatkan Sertifikat 64JP]

 

 

Mau dibantu mendaftar? Hubungi Admin Berikut:
0895378190390 atau klik wa.me/895378190390

Share :

Baca Juga

Pendaftaran Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Segera Ditutup

Kenaikan Pangkat

Pendaftaran Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Segera Ditutup

Karya Inovatif

Ide Karya Inovatif di Bidang Seni, Bisa Digunakan untuk Kenaikan Pangkat Guru

Kenaikan Pangkat

“Gerakan Sekolah Menyenangkan Siswa di Yogyakarta

Kenaikan Pangkat

PPPK Tahap 3 di 2022 Segera Dibuka ? Ini Detailnya

Kenaikan Pangkat

Peran dan Pembelajaran Digitalisasi Sekolah untuk Pendidikan Siswa

Kenaikan Pangkat

Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum

Kenaikan Pangkat

Pentingnya Inovasi Digital Untuk Pengembangan Pendidikan

Karya Inovatif

Panduan Membuat Makalah Best practice dan Manfaatnya bagi Guru
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.