Home / PPG

Minggu, 27 Februari 2022 - 18:47 WIB

5 Tips Jitu Agar Lulus Pretest PPG Dalam Jabatan 2022

Tips Lulus Pretes PPG Daljab 2022–  PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 telah dibuka. Hingga kini proses pendaftaran dan seleksi administrasi masih berjalan. Bagi guru yang nantinya lulus seleksi administrasi, maka sudah pasti akan mengikuti yang namanya Pretest. Pretest merupakan tahapan awal Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk mengetahui capaian kompetensi calon peserta PPG. Hasil dari pretest PPG ini kemudian akan dijadikan sebagai pedoman pemetaan kompetensi setiap guru untuk program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). Jadi setiap peserta harus lulus dari pretest ini agar bisa mengikuti tahapan PPG berikutnya. Biasanya banyak guru yang di tahap awal ini sudah gagal atau tidak lulus pretest karena kurangnya persiapan baik persiapan materi maupun mental. Untuk PPG Dalam Jabatan tahun 2022 yang kita ketahui masih dalam masa pandemi covid-19, maka masih belum diketahui teknis pelaksanaan pretest nantinya. Akankah guru melaksanakan pretest langsung atau secara online. Jika dilakukan secara online maka akan menjadi keuntungan untuk guru karena adanya kelonggaran dalam menjawab pertanyaan pretest.

Nah, buat kamu yang lagi mendaftar PPG Dalam Jabatan harus dipersiapkan dengan baik ya. Jangan sampai sudah lulus seleksi administrasi tapi tidak lulus pretest. Untuk menghindari hal tersebut, di bawah ini ada 5 tips jitu yang bisa membantu kamu lulus pretest PPG. Apa saja tipsnya? Berikut penjelasannya.

1. Niat untuk mengerjakan soal dengan benar

Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan niat. Perhatikan betul setiap soal yang ada jangan sampai ada soal yang terlewat dan tidak terjawab. Hal penting adalah menjawab semua soal meskipun belum tentu semuanya benar. Nah karena belum tahu jenis soal apa yang akan muncul, setidaknya diniatkan untuk menjawab soal dengan benar. Agar bisa menjawab soal dengan benar maka cari jawaban yang ada hubungannya dengan soal.

Baca juga:   Cara Mendownload Kisi-Kisi, Modul, dan Aplikasi Ujian SEB Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 Tahap 2

2. Perhatikan jenis soal

Jenis soal dalam pretest PPG biasanya terdiri dari beberapa macam. Biasanya akan ada soal mengenai tes potensi akademik, tes pedagogik, tes profesional, dan tes bakat minat. Jenis soal tersebut terangkum dalam beberapa soal dan harus selesai dikerjakan dalam waktu yang ditentukan. Nah, yang bisa dilakukan adalah dengan sering melakukan latihan mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan jenis soal PPG. Tujuannya adalah agar saat pelaksanaan pretest sesungguhnya sudah benar-benar siap dan mantap.

3. Perhatikan waktu

Selain memperhatikan jenis soal diperlukan juga untuk memperhatikan waktu pengerjaan soal. Bahkan bila perlu latihan untuk menggunakan waktu dengan baik dalam mengerjakan setiap soalnya. Jangan sampai waktu sudah hampir habis tapi masih banyak soal yang belum terjawab. Jadi pastikan punya perhitungan waktu yang tepat untuk menjawab setiap soal. Karena jika waktu sudah habis dan soal masih banyak yang belum terjawab maka bapak/ibu guru yang akan rugi. Dan bisa jadi mendapat skor rendah dan tidak lulus pretest. Jangan sampai itu terjadi ya.

4. Kerjakan soal dengan cermat dan teliti

Baca juga:   Benarkah Seleksi Akademik PPG Daljab Tahap 2 Akan Dilaksankan Bulan Juni? Cek Faktanya Disini

Kedengarannya sulit jika harus mengerjakan soal dengan cermat dan teliti. Karena biasanya faktor gugup atau tidak konsentrasi sering muncul saat menghadapi ujian seperti ini. Sehingga menyebabkan tidak bisa mengerjakan soal dengan cermat dan teliti. Nah, yang perlu dilakukan adalah fokus dan konsentrasi. Jangan terburu-buru dalam membaca soal sehingga tidak langsung mengambil kesimpulan yang biasanya mengarah ke jawaban yang salah atau tidak tepat. Jika sudah mencermati soal, langkah berikutnya adalah teliti. Jika sudah selesai mengerjakan semua soal perlu untuk meneliti ulang jawaban yang kiranya masih ragu-ragu di awal. Hal ini bertujuan agar jawaban yang dipilih adalah jawaban yang sudah benar-benar tepat.

5. Yakin dengan jawaban

Tips yang terakhir adalah yakin dengan jawaban. Seringkali sikap ragu-ragu dalam menjawab akan memperlama seseorang dalam mengerjakan setiap soal. Jika sudah menemukan pilihan jawaban yang kiranya benar, cobalah untuk selalu yakin dengan jawaban sendiri. Berpikir positif bahwa memang jawaban yang kamu pilih adalah benar.

Pretest PPG bukanlah hal yang sulit jika ada persiapan sebelumnya. Setiap orang pasti memiliki strategi masing-masing agar lulus pretest PPG. Usahakan kamu juga lulus ya. Jadi persiapkan dengan baik dari sekarang buat kamu yang sedang mendaftar PPG Dalam Jabatan 2022. Semangat!

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

Inilah Jadwal dan Syarat Pretest PPG Daljab Kemenag 2022

Kenaikan Pangkat

Inilah Jadwal dan Syarat Pretest PPG Daljab Kemenag 2022
Teknik Belajar

PPG

PPG Dalam Jabatan Seleksi Administrasi Tahap 2 di tahun 2022 Telah Dibuka, Ini Syarat, Jadwal dan Cara Mendaftarnya!
program besar

PPG

Bagaimana Tahapan Seleksi PPG Prajabatan Tahun 2022? Cek Di Sini!

PPG

Jadwal dan Prosedur Pelaksanaan Uji Coba Aplikasi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022
Kiat-kiat menjadi siswa berprestasi

PPG

Info Terkini ! Surat Undangan Bagi Seluruh Peserta Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahap 2 di Tahun 2022

PPG

Panduan Instalasi Aplikasi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 Daring Berbasis Domisili

PPG

Apa itu Syarat dan Tujuan Sertifikasi Guru Tahun 2022

PPG

PPG Kemenag 2022 Masih Dibuka, Ini Dia Syaratnya