Home / PPG

Minggu, 13 Maret 2022 - 13:00 WIB

Langkah-Langkah Menautkan Akun belajar.id dengan SIMPKB

Langkah menautkan akun belajar.id dengan SIMPKB dilakukan melalui beberapa langkah. Akan tetapi, sebelum membahas langkah-langkah menautkan akun belajar.id dengan SIMPKB maka akan dibahas terlebih dahulu mengenai apa itu akun belajar.id dan bagaimana memperoleh akun belajar.id.

Akun pembelajaran atau akun belajar.id adalah akun yang diberikan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan. Akun ini memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh pemilik akun belajar.id diantaranya yaitu :

  1. Memudahkan dalam mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar
  2. Dapat digunakan untuk mengakses berbagai platform yang ada di Kemendikbudristek.
  3. Dapat menyimpan dokumen secara daring dengan ruang penyimpanan lebih aman tanpa batas.
  4. Dapat mengakses dan memanfaatkan Chromebook.
  5. Sebagai jalur informasi resmi dari Kemendikbudristek.

Cara Mendapatkan Akun Belajar.id

Dikutip dari laman ditpsd.kemdikbud.go.id, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan akun pembelajaran (belajar.id) untuk sekolah Anda. Penjelasannya adalah sebagai berikut :

Untuk Operator Satuan Pendidikan

  1. Buka laman pd.data.kemdikbud.go.id, lalu login
  2. Klik tombol “Unduh Akun”, pilih “Peserta Didik” atau “PTK” untuk mengunduh file csv berisi nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran untuk pengguna di satuan pendidikan Anda
  3. Buka file csv yang sudah diunduh, lalu berikan informasi akun (userID dan password) kepada pengguna yang bersangkutan secara pribadi

Untuk Siswa, Guru, dan Tenaga Kependidikan

  1. Dapatkan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran dari Operator Satuan Pendidikan di sekolah Anda
  2. Buka halaman mail.google.com, lalu masukkan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang Anda dapatkan
  3. Anda akan diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun Pembelajaran lalu mengganti akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran Anda
  4. Selamat! Anda sudah dapat menggunakan Akun Pembelajaran baru Anda

Berikutnya adalah cara mendapatkan akun belajar.id secara mandiri melalui website belajar.id adalah sebagai berikut :

Cara Mendapatkan Akun Belajar.id Untuk Pendidik dan Peserta Didik

  1. Buka halaman https://belajar.id/
  2. Masukkan data-data berikut:
    Nama Lengkap
    Nama Ibu Kandung
    Tipe Pengguna, pilih Peserta Didik atau Pendidik
    Tanggal Lahir
    Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN)
  3. Klik tombol “Periksa Akun Pembelajaran
  4. Berikutnya Anda akan mendapatkan informasi apakah Akun Pembelajaran sudah tersedia atau belum.
Baca juga:   Panduan Cara Pengisian dan Pengajuan Berkas Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahap 2 Tahun 2022

Penjelasan di atas adalah mengenai cara bagaimana mendapatkan akun belajar.id. Namun pada pelaksanaanya kemungkinan akan ditemukan beberapa kondisi yang mungkin akan Anda temui saat pembuatan akun belajar.id. Kondisi tersebut antara lain yaitu :

Pertama, Akun tersedia dan sudah aktif. Apabila muncul keterangan bahwa akun Anda tersedia dan sudah aktif, artinya Anda sudah bisa menggunakan akun pembelajaran (belajar.id) Anda untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran.

Kedua, Akun tersedia, namun belum aktif. Apabila akun Anda tersedia namun belum aktif, silakan ikuti langkah berikut: 1) Kirim detail akun ke email pribadi yang terdaftar apabila belum pernah mendapatkan password dengan klik “Kirim detail akun ke email pribadi saya“, Anda akan mendapatkan informasi berupa akun (User ID) dan kata sandi (password). Pendidik dan Tenaga Kependidikan juga dapat mengirimkan informasi akun ke nomor handphone yang terdaftar dengan klik “Kirim SMS detail akun ke nomor saya“. 2) Cek akun (User ID) dan kata sandi (password) pada email pribadi atau nomor handphone Anda yang terdaftar, dan yang terakhir 3) Lakukan aktivasi akun secara mandiri melalui Gmail.

Ketiga, Akun tidak ditemukan. Apabila muncul keterangan bahwa akun belum tersedia/tidak ditemukan, silakan pastikan kembali data yang Anda masukkan pada saat pemeriksaan sudah sesuai.

Kemudian apabila akun pembelajaran (belajar.id) tetap tidak ditemukan yang bisa dilakukan adalah dengan memeriksa status akun pembelajaran Anda ke Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) di sekolah Anda.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai akun belajar.id dari pengertian, manfaat serta cara mendapatkan akun belajar.id. Akun pembelajaran ini benar-benar memiliki banyak manfaat sehingga dihimbau untuk para guru, tenaga kependidikan dan lainnya untuk membuat akun belajar.id. Kemudian akun belajar.id tersebut ditautkan dengan SIMPKB. Agar segala sesuatunya menjadi terintegrasi. Khusus untuk guru yang mendaftar Program Profesi Guru (PPG) biasanya diwajibkan untuk menautkan akun belajar.id dengan SIMPKB masing-masing.

Baca juga:   Tips Membangun Komunikasi Harmonis dengan Peserta Didik

Berikutnya adalah pembahasan mengenai langkah-langkah menautkan akun belajar.id dengan SIMPKB. Adapun penjelasannya ada di bawah ini.

Langkah-langkah menautkan akun belajar.id dengan SIMPKB

Pertama, klik laman https://akun.simpkb.id/. Pastikan Anda benar-benar berada pada laman tersebut. Jadi, jangan sampai salah masuk laman.

Kedua, Pilih atau klik tombol Selengkapnya pada kolom Integrasi Layanan. Pada langkah kedua ini jangan sampai salah langkah ya. Jadi usahakan benar dalam mengklik tombol yang ada.

Ketiga, Pada laman Kelola data Integrasi layanan SIMPKB, klik tombol TAUTKAN. Nah ketika sudah berada pada integrasi layanan maka langkah selanjutnya adalah menekan tombol tautkan.

Keempat, langkah selanjutnya yaitu sistem akan mengarahkan pada laman login akun pembelajaran Anda. Nah ketika sudah masuk pada laman login, masukan email akun pembelajaran Anda pada form yang diberikan.

Kelima, masukan kata sandi atau pasword akun belajar Anda pada tahap selanjutnya. Karena pada tahap sebelumnya sudah memasukkan email akun, maka pada langkah ini harus memasukkan pasword akun. Pasword yang dimasukkan tidak boleh keliru apalagi salah. Jadi, harus benar-benar teliti ketika memasukkan kata sandi atau paswordnya.

Keenam, ketika sudah melakukan beberapa langkah sebelumnya dan sesuai dengan yang diinstruksikan maka itu artinya akun pembelajar Anda berhasil ditautkan.

Ketujuh, langkah terakhir adalah pilihan ketika ingin melepas tautan akun belajar.id dengan SIMPKB. Untuk melepas tautannya yaitu dengan cara klik tombol Hapus maka secara langsung akun belajar.id tidak lagi tertaut dengan SIMPKB Anda.

Demikian tadi pembahasan mengenai langkah-langkah menautkan akun belajar.id dengan SIMPKB. Semoga dalam praktiknya tidak mengalami kendala ya. Agar proses penautan berjalan lancar dan sukses. Kemudian untuk yang sudah berhasil menautkan akun belajar.id dengan SIMPKB maka selamat karena Anda sudah terintegrasi dan bisa memanfaatkan layanan yang tersedia.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik atau dengan Cara klik pada link INI

Share :

Baca Juga

Kiat-kiat menjadi siswa berprestasi

PPG

Info Penting : Resmi, Kisi-Kisi PPG Dalam Jabatan 2022 dan Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Membaca Kisi-Kisi.

PPG

Jadwal dan Prosedur Pelaksanaan Uji Coba Aplikasi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

PPG

Ini Dia Penyebab Penundaan Seleksi Akademik PPG Daljab 2022

PPG

Breaking News! Resmi Jadwal Cetak Kartu Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahap 2 Tahun 2022

PPG

Berkas Disetujui Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan 2022 Tahap 2, Segera Lakukan Ini!

PPG

Benarkah Seleksi Akademik PPG Daljab Tahap 2 Akan Dilaksankan Bulan Juni? Cek Faktanya Disini

PPG

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan 2022
PPPK

PPG

Tips Mengatasi Bosan Saat Mengajar
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.