Home / PPG

Sabtu, 16 April 2022 - 06:39 WIB

Panduan Cara Pengisian dan Pengajuan Berkas Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahap 2 Tahun 2022

Seleksi Administrasi  PPG Dalam Jabatan Tahap 2 Tahun 2022Sesuai jadwal pelaksanaan Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahap 2 Tahun 2022, pada tanggal 15-19 April 2022 diwajibkan bagi Anda, peserta calon PPG Daljab untuk melakukan pengisian dan pengajuan berkas sesuai persyaratan yang telah ditentukan.

Untuk melakukan pengisian dan pengajuan berkas dapat dilakukan melalui akun SIMPKB Anda masing-masing. Ada beberapa langkah-langkah yang harus diperhatikan ketika akan melakukan pengisian dan pengajuan berkas, agar tidak ada yang terlewatkan, dan administrasi Anda diterima atau dinyatakan lolos.

Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda perhatikan saat akan pengisian dan pengajuan Seleksi Administrasi  PPG Dalam Jabatan Tahap 2 Tahun 2022

1. Login Ke akun SIMPKB

Pertama, akses laman https://ppg.kemdikbud.go.id/ pada browser perangkat Anda. Klik menu Login untuk mengakses laman login Masukkan alamat surel dan kata sandi dari akun Anda, klik tombol Masuk. Jika alamat surel dan kata sandi yang dimasukkan sesuai, maka Anda akan diarahkan menuju laman beranda.

2. Lengkapi Biodata diri

Pada saat pertama kali Anda terundang sebagai calon peserta PPG Dalam Jabatan mengakses SIM PPG, Anda akan diminta untuk melengkapi Biodata diri dan mengunggah berkas-berkas pendukung. Berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk melengkapi biodata diri

  1. Login kedalam SIM PPG menggunakan akun dengan email no UKG Anda
  2. Saat pertama kali mengakses SIM PPG akan ditampilkan notifikasi status data persyaratan PPG Dalam Jabatan 2022, apabila data Anda sudah memenuhi persyaratan, maka Anda diwajibkan untuk melengkapi Biodata Diri dan Berkas Pendukung.
  3. Pilih dan klik pada tombol Lengkapi Profil. Kemudian, sistem akan menampilkan jendela konfirmasi pendaftaran, dan pilih tombol “YA”  untuk melanjutkan pengisian profil.
  4. Setelah itu, Anda akan diarahkan menuju laman biodata diri. Klik Lengkapi pada bagian biodata diri. Anda akan diminta mengisi dan melengkapi biodata diri berupa informasi dasar, instansi Awal, dan Informasi Rekening.
  5. Setelah selesai mengisi dan melengkapi biodata diri, jangan lupa untuk klik “Simpan”.
Baca juga:   Pengumuman Resmi Hasil Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 Bagi Tahap 1 dan Tahap 2

3. Mengisi dan Memilih Linieritas Guru dan Bidang Studi PPG

Selesai mengisi biodata diri Anda, selanjutnya Anda akan diminta mengisi dan memilih informasi Linieritas dan Bidang Studi PPG Anda. Berikut ini langkahnya

  • Selanjutnya lengkapi informasi Linieritas S1/D4 dengan Bidang Studi PPG dengan cara klik pada bagian Linieritas S1/D4 dengan Bidang Studi PPG. Klik Lengkapi pada bagian Linieritas. Isikan Data LinieritasAnda, kemudian klik Simpan. 

  • Kemudian, Anda akan diminta untuk mengunggah ijazah Sarjana S1/D4, dengan klik Unggah pada bagian Berkas Ijazah. Pilih berkas pindaian, kemudian klik Simpan. (Berkas yang diunggah berformat pdf dengan ukuran minimum 20 KB dan ukuran maksimum 1.5 MB) 

Sedangkan, untuk mengisi Bidang studi PPG, yakni sebagai berikut

    1. Selanjutnya silakan lengkapi informasi Bidang Studi PPG dengan cara klik pada bagian Bidang Studi PPG sesuai ijazah S1.Klik Lengkapi pada bagian Bidang Studi PPG.2. Dan setelah selesai,  jangan lupa untuk klik Simpan.

4. Mengunggah Berkas Dokumen Persyaratan

Setelah mengisikan informasi-informasi Biodata Diri Anda, langkah selanjutnya adalah mengunggah berkas pendukung. berkas yang harus diunggah diantaranya adalah

(1) Scan SK Pengangkatan Pertama sesuai dengan TMT yang tercantum pada data SIMPKB dan Dapodik Anda yang dilegalisir oleh Dinas Pendidikan Prov/Kab/Kota,

(2) Scan SK Kenaikan Pangkat Terakhir bagi Guru PNS dan Guru Honor Daerah. Dan Scan SK Pengangkatan terakhir (2 tahun terakhir dari 2020/ 2021 hingga 2021/2022) bagi Guru Non PNS (PPPK) dan GTY.

(3) Pindaian SK Pembagian tugas mengajar (2 tahun terakhir dari 2020/ 2021 hingga 2021/2022). Jika SK Pembagian tugas mengajar diberikan per-tahun, maka Anda melampirkan SK Pembagian tugas mengajar selama 2 tahun atau 2 lembar dokumen. Sedangkan, bagi Anda yang diberikan SK Pembagian tugas mengajar diberikan per-semester, maka Anda harus melampirkan 4 lembar dokumen. 

Baca juga:   PPG Dalam Jabatan Seleksi Administrasi Tahap 2 di tahun 2022 Telah Dibuka, Ini Syarat, Jadwal dan Cara Mendaftarnya!

(4) Pakta Integritas dengan bermaterai 10.000

Setelah mempersiapkan dokumen atau berkas-berkas yang telah disebutkan sebelumnya, berikutnya adalah mengunggah dokumen tersebut, begini caranya

  1. Klik tombol Unggah Berkas pada jenis berkas pindaian yang akan diunggah. Dan pilih berkas pindaian dengan format pdf.
  2. Setelah memastikan semua berkas dokumen telah terunggah, jangan lupa untuk klik Simpan

5. Melengkapi Survey dan Ajukan

Setelah melengkapi profil dan berkas pendukung, selanjutnya peserta diharuskan untuk mengisikan survey dan melakukan ajuan verifikasi biodata. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengisikan survey dan melakukan ajuan verifikasi biodata :

  1. Login kedalam SIM PPG menggunakan akun dengan email no UKG Anda
  2. Pilih menu Biodata Diri
  3. Pastikan Anda telah melengkapi profil dan status biodata dan berkas telah menjadi centang hijau dan tombol ajukan telah aktif.
  4. Klik pada tombol Ajukan Berkas.
  5. Anda ditampilkan survey peminatan, isikan survey dengan LPTK dan Program studi yang Anda minati, pilih minimal 1 dan maksimal 3 pilihan.  Kemudian klik lanjut,
  6. Setelah selesai, Klik Simpan. Ajuan Verifikasi Profil dan Berkas Pendukung peserta telah berhasil diajukan.

Untuk panduan lengkap mengenai cara pengisian dan pengunggahan berkas Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahap 2 Tahun 2022, Anda bisa klik link ini >>> Panduan Cara Pengisian dan Pengunggahan<<<

Video Sosialisasi Pengisian dan Pengunggahan Seleksi Administrasi PPG Daljab Tahap 2 Tahun 2022

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(Zuzun/ZH)

Share :

Baca Juga

PPG

Jadwal Terbaru Pendaftaran dan Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

PPG

PPG Kemenag 2022 Masih Dibuka, Ini Dia Syaratnya

PPG

Panduan Pendaftaran PPG 2022 Dalam Jabatan, Persyaratan, Cara Mengisi Biodata, dan Tanggal Pentingnya!

PPG

5 Tips Jitu Agar Lulus Pretest PPG Dalam Jabatan 2022
PPPK

PPG

Tips Mengatasi Bosan Saat Mengajar

PPG

Guru Wajib Tahu! 16 Perbedaan PPG Guru : PPG Mandiri, PPG Daljab dan PPG Prajabatan

PPG

10 Tahapan Alur PPG Dalam Jabatan 2022

PPG

Persiapkan Diri! PPG Prajabatan Tahap II Tahun 2022 Segera Dibuka