Home / PPG

Sabtu, 11 Juni 2022 - 13:51 WIB

Bagaimana Tahapan Seleksi PPG Prajabatan Tahun 2022? Cek Di Sini!

Tahapan Seleksi PPG Prajabatan Tahun 2022 terbagi menjadi tiga tahapan. Tahapan seleksi ini harus dipahami oleh seluruh calon mahasiswa yang ingin mendaftar program PPG Prajabatan tahun 2022.

PPG Prajabatan Tahun 2022 telah membuka pendaftaran. Berdasarkan surat pengumuman yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek nomor 2518/B/GT.00.03/2022 menjelaskan secara detail mengenai tahapan seleksi PPG Prajabatan tahun 2022. Selain itu juga terdapat gambaran mengenai masa perkuliahan serta biaya pendidikan PPG Prajabatan tahun 2022. Nah, untuk mengetahui info lebih lengkapnya silahkan dengan menyimak penjelasan di bawah ini.

Masa Perkuliahan dan Biaya Pendidikan PPG Prajabatan Tahun 2022

Perkuliahan PPG Prajabatan dilaksanakan selama 2 (dua) semester dan biaya pendidikan per-semester sebesar Rp. 8.500.000,00 (delapan juta lima ratus ribu rupiah). Dengan kata lain perkuliahan PPG Prajabatan menghabiskan waktu kurang lebih satu (1) tahun. Perlu diketahui juga bahwa biaya PPG Prajabatan tahun 2022 yang sudah tertera di atas akan terasa ringan karena Pemerintah menyediakan beasiswa untuk calon mahasiswa PPG Prajabatan yang lolos seleksi.

Calon mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi dan ditetapkan sebagai mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2022 akan memperoleh beasiswa dalam bentuk biaya pendidikan sebesar Rp.17.000.000,00 (tujuh belas juta rupiah) untuk mengikuti perkuliahan selama 2 (dua) semester atau 1 (satu) tahun.

Baca juga:   Persiapkan Diri! PPG Prajabatan Tahap II Tahun 2022 Segera Dibuka

Wah, beasiswa ini tentu sangat membantu sekali ya untuk Anda yang mungkin kesulitan dalam hal ekonomi namun ingin tetap melanjutkan pendidikan PPG. PPG Prajabatan ini harapannya dapat mencetak guru-guru yang profesional yang kelak dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia.

Nah, untuk Anda yang tertarik dan ingin mendaftar program PPG Prajabatan tahun 2022 bisa membaca terlebih dulu mengenai pesyaratan untuk menjadi peserta PPG Prajabatan tahun 2022. Apabila Anda memenuhi semua kriteria persyaratan PPG Prajabatan tahun 2022 maka tidak salahnya untuk Anda mendaftarkan diri pada program tersebut.

Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan diri agar bisa lolos seleksi. Untuk itu Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini mengenai tahapan seleksi PPG Prajabatan tahun 2022.

Tahapan Seleksi PPG Prajabatan Tahun 2022

Ada 3 (tiga) tahapan seleksi yang akan dilaksanakan selama mengikuti PPG Prajabatan tahun 2022 diantaranya yaitu:

Tahap I

Seleksi administrasi, yaitu proses penyeleksian kelengkapan berkas dan kesesuaian
persyaratan administrasi yang dilakukan secara daring/online melalui aplikasi Sistem
Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB).

Tahap II

Tes substantif, meliputi Tes Penguasaan Bidang dan Tes Kemampuan Dasar Literasi dan Numerasi yang dilaksanakan secara luring/offline pada Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang ditunjuk. Teknis pelaksanaan tes menggunakan aplikasi Computer Assisted Test Asesmen Nasional Berbasis Komputer (CAT ANBK).

Baca juga:   RESMI DIBUKA! Simak Syarat Pendaftaran dan Seleksi PPG Prajabatan Tahun 2022 Gelombang II

Tahap III

Tes wawancara, bertujuan untuk menggali lebih dalam kompetensi calon mahasiswa baik profesional dan personal, dilaksanakan secara daring/online melalui media/platform virtual meeting.

Tahapan seleksi bersifat sekuensial sehingga jika dinyatakan tidak lolos pada salah satu tahap,maka tidak dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Biaya pendaftaran dan seleksi tahap I danII sebesar Rp 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) ditanggung oleh calon mahasiswa.

Nah, dari ketiga tahapan seleksi di atas, semua calon mahasiswa harus melewati semua tahapan tersebut. Paling utama adalah calon mahasiswa harus lolos seleksi administrasi atau lolos tahap seleksi yang pertama agar bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Oleh sebab itu, persiapkan diri semaksimal mungkin agar bisa lolos semua tahap seleksi PPG Prajabatan 2022.

Demikian ulasan mengenai tahapan seleksi PPG Prajabatan tahun 2022. Untuk Anda yang berminat mendaftar PPG Prajabatan 2022 semoga dimudahkan dan dilancarkan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Penulis : (GST/GST)

Share :

Baca Juga

PPG

Peserta PPG Dalam Jabatan 2022 Bisa Didiskualifikasi Jika Melakukan Hal Ini

PPG

6 Tips Ampuh Lulus Mengerjakan Ujian Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

PPG

Hari Ini Terakhir Pengumpulan Berkas PPG Daljab Tahap 2 Tahun 2022. Ini Berkas yang Wajib Diupload!

PPG

Cara Menentukan Linieritas Bidang Studi Seleksi Administrasi PPG Daljab Tahap 2 Tahun 2022

PPG

Benarkah Seleksi Akademik PPG Daljab Tahap 2 Akan Dilaksankan Bulan Juni? Cek Faktanya Disini

Kenaikan Pangkat

Ingin Naik Pangkat? Kenali Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Kelebihan serta Kekurangannya bagi PNS

PPG

Ini Dia Bedanya PPG di Tahun 2022 Dengan PPG Sebelumnya

Guru Honorer

Juknis TPG 2022: Syarat dan Teknis Penyaluran Tunjangan Guru ASN
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.