Home / PPG

Jumat, 1 April 2022 - 06:31 WIB

Info Penting : Resmi, Kisi-Kisi PPG Dalam Jabatan 2022 dan Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Membaca Kisi-Kisi.

Kisi-Kisi PPG Dalam Jabatan 2022– Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan kembali memberikan kabar terbaru mengenai PPG Dalam Jabatan 2022. Kabar tersebut disampaikan melalui laman resmi https://ppg.kemdikbud.go.id/, pada tanggal 30 Maret 2022, pukul 11.30 WIB.

Dalam kabar tersebut, Direktorat Pendidikan Profesi Guru membagikan kabar mengenai kisi-kisi soal pretest atau seleksi akademik bagi peserta PPG Dalam Jabatan di tahun 2022. Kisi-kisi tersebut berbentuk file pdf yang dapat mudah diakses dan diunduh oleh siapa saja. Selain itu, kisi-kisi soal yang dibagikan juga cukup lengkap dan bervariatif dari berbagai bidang atau jurusan.

Kisi-kisi tersebut diharapkan dapat menjadi panduan belajar bagi Anda, yang merupakan peserta PPG Dalam Jabatan di tahun 2022. Sehingga, Anda bisa lebih siap, dan dapat mengerjakan soal-soal dengan mudah saat pelaksanaan seleksi akademik PPG Daljab 2022 berlangsung.

Dalam kisi-kisi soal PPG Daljab 2022, ada beberapa kolom penting yang perlu Anda perhatikan, yaitu

  1. CPBS (Capaian Pembelajaran Lulusan Bidang Studi) merupakan rumusan pernyataan dari standar kompetensi lulusan Program Studi PPG, berupa sejumlah kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan program PPG. Artinya, jika ingin lulus PPG Daljab 2022, Anda harus  memiliki dan memenuhi kompetensi minimum sesuai standar yang ditetapkan agar Anda dapat lulus PPG Daljab tersebut.
  2. CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah). CMPK ini merupakan rumusan pernyataan dari KI/ KD dalam setiap mata pelajaran Mata Kuliah yang nantinya akan diambil oleh peserta PPG Daljab 2022. Itu berarti Anda harus dapat memenuhi capaian pembelajaran dalam Mata Kuliah. Berupa kemampuan, keterampilan, atau pengetahuan yang akan dicapai setelah mengikuti perkuliahan mata kuliah tertentu, disusun oleh dosen besama kelompok dosen pada bidang keahliannya. Rumusan CPM dapat memuat karakter dan kekhasan program studi atau institusi yang menjadi keunggulannya
  3. Materi/Topik dan Sub Materi. Materi ini merupakan topik yang akan dipelajari dan dikuasai baik sebuah teori maupun praktik. Dalam materi tersebut akan di breakdown atau dijabarkan kedalam sub materi yang lebih spesifik.
  4. Indikator. Indikator ini adalah ukuran atau tolak ukur kompetensi materi yang harus Anda capai. Indikator ini memberikan gambaran secara jelas, kompetensi teori dan praktik dari materi dan sub materi yang harus kita capai.
  5. Level Cognitive. Level Cognitif ini merupakan toksonomi bloom yang memiliki tingkatan. Jika Anda amati, dalam kolom ini, akan berisi angka berupa 3,4, 5, 6. Itu berarti tipe soal ini memiliki kesulitan yang relatif dan bervariatif berdasarkan angkanya. Mengingat kembali sedikit tentang toksonomi bloom, pada angka 3 memberikan arti tipe soal akan bersifat aplikatif. Kemudian, angka 4 artinya tipe soal bersifat analisis, Anda memerlukan kemampuan analisis dalam menjawab soal tersebut. Tingkat selanjutnya, pada angka 5 mengartikan tipe soal yang bersifat evaluatif, itu berarti bisa jadi Anda harus membandingkan, menilai dan menyimpulkan suatu pertanyaan. Dan pada tingkat tertinggi, pada angka 6 yaitu tipe soal ini bersifat memghasilkan berupa mengklasifikasi, mengkategorikan, dan menyusun kembali. Seperti Anda akan diminta
    merancang strategi pembelajaran online.

Share :

Baca Juga

PPG

Breaking News! Resmi Jadwal Cetak Kartu Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahap 2 Tahun 2022

PPG

Breaking News ! Jadwal Pelaksanaan Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 Segera Dibuka Kembali

PPG

Breaking News ! Seleksi Akademik (Pretest) PPG Dalam Jabatan 2022, Ditunda

PPG

Bagaimana Cara Mengikuti PPG Daljab 2024 Secara Otomatis?

PPG

Cara Instalasi Aplikasi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 Tahap 2

PPG

Jadwal dan Prosedur Pelaksanaan Uji Coba Aplikasi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

PPG

Cara Menentukan Linieritas Bidang Studi Seleksi Administrasi PPG Daljab Tahap 2 Tahun 2022

PPG

Persiapkan Diri! PPG Prajabatan Tahap II Tahun 2022 Segera Dibuka