Home / PPG

Rabu, 25 Mei 2022 - 06:28 WIB

Cara Jawab Soal Pretest PPG Dalam Jabatan 2022, Ketika Tidak Tahu Jawabannya

Soal Pretest PPG Dalam Jabatan 2022 Bagi Anda, peserta PPG Dalam Jabatan Tahap 2, tentunya saat ini sedang bersiap untuk Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 mendatang. Nah, nantinya saat seleksi akademik PPG Daljab, Anda akan diberikan 120 soal Pretest yang harus Anda selesaikan dalam waktu 150 Menit.

Tentunya, Anda harus bisa menjawab soal dengan cepat dan tepat. Keterbatasan waktu dan panjangnya soal, ditambah dengan panjangnya soal yang harus dibaca sebelum menjawab soal. Serta terkadang Anda pun tidak tau jawaban mana yang benar.

Hal tersebut seringkali menjadi hambatan bagi peserta dalam mengerjakan soal pretest. Namun, Anda yang menjadi peserta pretest saat ini tidak perlu bingung. Karena ada beberapa cara yang mungkin bisa membantu Anda untuk mengerjakan soal Pretest PPG Daljab 2022 secara cepat dan tepat.

Ada beberapa cara yang mungkin dapat Anda coba terapkan saat Seleksi Akademik PPG Daljab Tahun 2022 khususnya Anda yang jadi peserta PPG Daljab Tahap 2.

1. Pilih Jawaban Yang Terpanjang

Cara pertama yang mungkin dapat Anda coba adalah Anda bisa langsung mencari kunci soal dan memilih pilihan jawaban yang terpanjang diantara opsi pilihan yang tersedia. Terkadang, jawaban soal yang panjang memiliki sangat lengkap dan mencakup jawaban dari opsi lainnya.

Seperti Contoh soal ini

Proses pembelajaran menurut pandangan teori konstruktivistrik yaitu usaha pemberian makna pengalaman peserta didik melalui asimilasi dan akomodasi yang menuju pada pembentukan struktur kognitif peserta didik dengan diberikan kesempatan untuk mengemumukakan ide-idenya secara luas. Kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran berdasarkan teori konstruktivistik yaitu

a. Guru dapat memfasilitasi peserta didik untuk membentuk pengetahuan sendiri melalui jalan pikiran atau cara pandang peserta didik

b. Guru mentrasfer pengetahuan secara langsung kepada peserta didik

c. Guru memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar

d. Memahami tahap-taahapan perkembangan peserta didik

c. Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru.

Nah, dari soal diatas, jawaban yang paling terpanjang adalah pada opsi A. “Guru dapat memfasilitasi peserta didik untuk membentuk pengetahuan sendiri melalui jalan pikiran atau cara pandang peserta didik”.

2.  Pilih Jawaban Dengan Pola Terbanyak

Cara lainnya adalah Anda dapat memilih jawaban dengan pola terbanyak jika Anda menemui soal yang diminta untuk mengurutkan sesuai prosedur.

Contoh Soalnya

Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini

  1. Mengomunikasikan Hasil
  2. Merumuskan Masalah
  3. Menganalisis Data
  4. Melakukan Percobaan
  5. Mengumpulkan Informasi
  6. Menyusun Hipostesis
  7. Membuat Kesimpulan
  8. Merencanakan Percobaan

Urutkan metode yang benar setelah menyusun hipotesis

a. 2-5-6-8-4

b. 2-5-6-7-1 c

. 8-4-5-7-1

d. 8-4-3-1-5

Baca juga:   Ini Dia Kunci Penting Lolos Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

e. 8-4-3-7-1

Dari soal diatas, Anda bisa amati jika pola terbanyak dalam opsi jawaban yaitu diawali dengan angka 8-4. Setelahnya, baru Anda analisis urutan setelah angka tersebut apakah merupakan jawaban yang tepat sesuai dengan pertanyaan soal. Jawaban dari soal diatas adalah opsi E. Terlihat pola yang paling banyak muncul dan angka setelahnya merupakan jawaban yang tepat sesuai urutan.  

3. Pilih Jawaban Semua Benar/ Tidak

Selain soal mengurutkan seperti tadi, Anda juga akan menemui soal yang akan meminta Anda untuk menentukan pernyataan yang benar dan salah. Anda bisa mencoba untuk menjawab soal dengan memilih opsi jawaban antara yang semua benar atau semua salah.

Karena terkadang, dari pembuat soal merasa kebingungan dalam membuat bentuk soal seperti tersebut. Sehingga, pembuat soal memilih untuk memberikan opsi jawaban semua benar atau salah. Namun memang tidak semua begitu, tetapi hal ini bisa menjadi peluang Anda untuk memudahkan Anda untuk menjawab soal.

Ini Contoh Soalnya

Perhatikan pernyataan-pernyataan dibawah ini

  1. Merencanakan berbagai alternatif tindakan yang mungkin dilakukan
  2. Merenungkan dampak dari tindakan-tindakan yang sudah dilakukan selama ini
  3. Mempertanyakan kepada diri sendiri mengapa permasalahan belajar bisa terjadi di kelasnya.

Dari pernyataan di atas, yang merupakan refleksi adalah

a. 1 dan 3 salah

b. 1 dan 2 benar

c. 2 saja yang benar

d. 2 dan 3 salah

e. Semua benar.

Sehingga, dari soal pernyataan di atas adalah opsi E, Semua Benar.

Kemudian contoh soal lainnya yang dapat Anda coba dengan cara ini, dengan bentuk soal yang sedikit berbeda namun sama-sama diminta untuk menentukan pernyataan yang tepat dan benar.

Seperti contoh soal ini

Perhatikan komponen RPP dalam pembelajaran berikut ini!

  1. Kompetensi Dasar (KD)
  2. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
  3. Tujuan
  4. Materi
  5. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  6. Penilaian Pembelajaran dalam RPP

Dari komponen diatas, komponen yang berorientasi HOTS terdapat pada….

a. 1-2-3-5-6

b. 1-2-4-5-6

c. 1-2-3-4-5

d. 2-3-4-5-6

e. 1-2-3-4-6

Jika diamati, opsi jawaban dalam soal tersebut memiliki pola terbanyak adalah 1-2. Kemudian, analisis urutan angka setelahnya hingga akhir urutan. Jika urutan benar sempurna, Anda bisa memilihnya. Jawaban dalam soal diatas adalah opsi A, 1-2-3-5-6.

4. Pilih Jawaban Dengan Menentukan Kata Dari Kunci Soal

Masih ada cara lainnya yang bisa Anda coba yaitu Anda bisa mencari jawaban dari kata kunci dalam bacaan soal. Seperti contoh soal dibawah ini

Dalam suatu teori menyebutkan bahwa kecerdasaan seorang anak menurun dari orang tuanya. Hal ini terjadi pada salah satu siswa yang sangat pintar dalam bidang akademik sehingga mengikuti banyak perlombaan baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional. Setelah ditelusuri bahwa orang tua anak tersebut serin mengikuti perlombaan juga.

Baca juga:   PPG Prajabatan Model Baru dan Tata Cara Pendaftarannya

Berdasarkan situasi diatas, anak tersebut sesuai dengan teori perkembangan…..

a. Teori psikoanalitis

b. Teori perilaku dan belajar sosial

c. Teori kognitif’

d. Teori ethologi

e. Teori ekologi

Nah, dari soal tersebut terdapat semacam kata kunci yang bisa Anda garis bawahi sebagai kunci atau fokus Anda dalam menjawab soal tersebut. Jawaban soal dari kata kunci yang telah dicetak tebal diatas adalah Opsi D, Teori ethologi.

Contoh soal lainnya yang dapat Anda amati

Perhatikan Tujuan Pembelajaran berikut ini : Melalui percobaan, siswa dapat menganalisis perubahan energi pada benda dengan benar. Maka Teknik penilaian yang tepat adalah

a. Penilaian Kinerja

b. Observasi

c. Laporan pratikum

d. Tes

Nah, jika Anda menemui soal seperti diatas. Anda bisa cari kata kunci utama dalam bacaan soal tersebut. Kata kunci dalam soal diatas adalah “menganalisis perubahan”. Menganalisis dalam hal ini berkaitan dengan Cognitive (C4) dalam teori bloom, untuk mengukur kemmapuan siswa yang berkaitan dengan cognitive adalah dengan Tes. Maka jawaban dari diatas adalah opsi D, Tes.

5. Pilih Jawaban Dengan Bagian Pertama Dan Terakhir

Berikutnya, Anda coba adalah memilih jawaban dengan menentukan urutan dari bagian pertama dan terakhir. Jadi, jika Anda menemui soal yang meminta Anda untuk mengurutkan atau prosedur sesuai dengan gambar. Anda bisa mengamati jawaban dari urutan bagian awal dan bagian akhir. Misalnya contoh soal seperti ini.

Perhatikan Gambar dibawah ini!

Berdasarkan gambar diatas, urutkan tulang penyusun rongga dada yang tepat adalah

a. Tulang rusuk-tulang dada-tulang belakang- tulang taju pedang

b. Tulang rusuk-tulang taju pedang-tulang belakang-tulang dada

c. Tulang dada-tulang rusuk-tulang belakang-tulang taju pedang

d. Tulang dada-tulang taju pedang- tulang belakang-tulang rusuk

e. Tulang taju pedang-tulang dada-tulang rusuk-tusuk belakang.

Dari jawaban diatas, gambar bagian awal pada no 1 menunjukan jawaban tulang rusuk. Kemudian, bagian terakhir pada no 4 menunjukan jika jawabannya adalah tulang taju pedang. Jadi, jawaban yang bisa dipilih adalah opsi A karena bagian awal dan akhir sesuai.

Nah itu dia beberapa tips yang dapat Anda coba untuk memudahkan Anda dalam mengerjakan soal Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022.

Sumber : Chanel Youtube Football Today 7Eleven

sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Ingin mendapatkan informasi mengenai pendidikan bisa langsung gabung melalui chanel telegram >>> https://t.me/gurubelajarmerdeka

(Zuzun/ ZH)      

Share :

Baca Juga

PPG

Persiapkan Diri! PPG Prajabatan Tahap II Tahun 2022 Segera Dibuka

PPG

PPG Prajabatan Dibuka, Ini Syarat, Jadwal dan Cara Mendaftarnya!

PPG

Cara Menentukan Linieritas Bidang Studi Seleksi Administrasi PPG Daljab Tahap 2 Tahun 2022

PPG

Kabar Terbaru Teknis Pelaksanaan PPG Daljab 2022

Guru Honorer

Juknis TPG 2022: Syarat dan Teknis Penyaluran Tunjangan Guru ASN

PPG

Pengumuman Seleksi Akademik PPG Daljab 2022 Resmi Ditunda!

PPG

Panduan Instalasi Aplikasi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 Daring Berbasis Domisili

PPG

Langkah-Langkah Menautkan Akun belajar.id dengan SIMPKB
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.