Home / PPG

Senin, 9 Mei 2022 - 17:25 WIB

Cara Instalasi Aplikasi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 Tahap 2

Aplikasi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022–  Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Kemendikbudristek telah mengumumkan surat edaran mengenai jadwal pelaksanaan Seleksi Akademik PPG, pada tanggal 30 April 2022, kemarin.

Setelah Anda mengunduh dan membaca surat tersebut. Tahap selanjutnya, Anda diharuskan untuk mengunduh kisi-kisi dan juga memasang atau menginstal aplikasi ujian seleksi Akademi PPG Dalam Jabatan 2022 di perangkat Anda.

Memasang atau menginstal aplikasi ujian seleksi akademi ini sangat penting dilakukan, mengingat dalam tata tertib pelaksanaan ujian seleksi akademi menyebutkan jika Anda tidak memasang aplikasi saat ujian berlangsung, Anda akan diberikan sanksi sedang yaitu Anda akan dibatalkan pada sesi tersebut dan dinyatakan tidak lulus.

Aplikasi ini juga sangat penting karena aplikasi ini yang akan digunakan dalam pelaksanaan ujian seleksi Akademik nantinya. Untuk itu, wajib bagi Anda untuk memasang dan menginstalnya segera.

Cara mengunduh Aplikasi Seleksi Akademi PPG Dalam Jabatan 2022

Lalu, bagaimana cara menginstal aplikasi ujian seleksi Akademi PPG Dalam Jabatan 2022 ini? Tak perlu khawatir karena untuk menginstalnya cukup mudah. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini

Baca juga:   3 Jenis Mata Kuliah Ini Wajib Diambil Guru Dalam PPG Prajabatan Model Baru 2022

Langkah pertama, kunjungi website atau klik langsung link ini https://uny.id/seleksi-ppg. Anda juga bisa mengunjungi website resmi ppg.kemdikbud.go.id dan pilih Unduh/download aplikasi pada menu Panduan dan Aplikasi Seleksi Akademik.

File aplikasi yang dapat Anda pilih sesuai sistem operasi perangkat Anda, jika perangkat Anda memiliki sistem operasi windows, silakan unduh file nama “Windows/” . Sedangkan, bagi Anda yang memiliki sistem operasi OS yang biasa hanya dimiliki perangkat bermerk “Apple” saja, silakan unduh file “MacOS/“.

Cara menginstal Aplikasi Seleksi Akademi PPG Dalam Jabatan 2022

Langkah ketiga, setelah semuanya terunduh. Selanjutnya, Anda perlu menginstal atau memasang aplikasi tersebut di perangkat Anda. Ada 2 aplikasi yang harus Anda unduh dan instal.


Selanjutnya, Cek pada folder Download dan install file aplikasi sesuai nomor urutan, klik file 1_SEB_SELEKSI_INSTALL_Windows.exe

Jika sudah muncul notifikasi seperti ini, silakan Anda klik tombol Yes. Kemudian, Anda pilih dan Klik tombol “Next.

Pilih “opsi I accept the term in the license agreement” kemudian, Anda klik tombol “Next”. Kemudian, Anda klik tombol install dan proses install SEB akan berjalan.

Baca juga:   Breaking News! Resmi Jadwal Cetak Kartu Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahap 2 Tahun 2022

 

Tunggu, beberapa saat lagi, setelah proses install selesai. Jika proses install selesai, akan ada tampilan seperti ini, klik tombol menu Finish untuk menutup tampilan installasi.

Oke, aplikasi pertama sudah selesai terinstall. Anda juga harus memasang aplikasi kedua, Cek pada folder Download dan install file aplikasi sesuai nomor urutan, klik file 2_MULAI_SELEKSI_Windows.seb

Selanjutnya, Masukkan password aplikasi : “seleksi”. Jika aplikasi ujian berhasil terinstall akan terdapat tampilan seperti dibawah ini,

Sebagai Informasi, Nomor peserta seleksi dan kode validasi didapatkan melalui kartu peserta ujian yang Anda cetak nanti di SIMPKB Anda.

Nah, begitu kira-kira tutorial cara mengunduh dan menginstal aplikasi seleksi akademi PPG Daljab 2022. Untuk mempermudah Anda dalam menginstal aplikasi, akan ditampilkan video serta buku panduannya.

Video tutorialnya

Panduan Buku Pedoman Cara Install Aplikasi

Bisa diunduh melalui link >>> Buku Pedoman <<<<

Share :

Baca Juga

PPG

Pengumuman Resmi Hasil Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 Bagi Tahap 1 dan Tahap 2

PPG

Ini Dia Kunci Penting Lolos Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

PPG

6 Tips Ampuh Lulus Mengerjakan Ujian Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

PPG

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan 2022

PPG

Breaking News ! Jadwal Pelaksanaan Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 Segera Dibuka Kembali
Teknik Belajar

PPG

PPG Dalam Jabatan Seleksi Administrasi Tahap 2 di tahun 2022 Telah Dibuka, Ini Syarat, Jadwal dan Cara Mendaftarnya!

PPG

Panduan Tata Tertib Peserta Ujian Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 Agar Tidak Didiskualifikasi

PPG

Breaking News ! Pelaksanaan Pretest PPG PAI Kemenag 2022 Diundur, Ini Jadwal Terbarunya