Home / PPG

Jumat, 8 April 2022 - 20:27 WIB

Siap-Siap! Kabar Terbaru Mengenai PPG Prajabatan Tahun 2022 Akan Segera Dibuka

PPG Prajabatan Model Baru Tahun 2022–  Setelah, pembukaan PPG Daljab 2022 dibuka, yang saat ini sedang  memasuki tahap seleksi akademik pada tanggal 9 April 2022, mendatang. Kini, ada kabar menggembirakan kembali dari Kemendikbudristek. Pasalnya, Kemendikbudristek tidak hanya akan membuka PPG Daljab saja di tahun ini, namun juga akan membuka pendaftaran PPG Prajabatan di tahun 2022.

PPG Prajabatan di tahun 2022 ini, mengalami perubahan baru. PPG Prajabatan Model Baru di tahun 2022 akan memiliki alur yang sedikit berbeda dibanding tahun lalu. PPG Prajabatan Model Baru ini akan terintegrasi dengan rekuitmen ASN. Dengan mengikuti PPG, Anda  yang belum menjadi Guru PNS, akan berpeluang lebih besar lolos seleksi CPNS. Tentu, ini menjadi hal yang banyak ditunggu banyak orang, terutama para guru honorer di Indonesia.

PPG Prajabatan Model Baru Tahun 2022

Kabar terbaru mengenai PPG Prajabatan Model Baru ini, kabarnya akan segera dibuka. Anda dapat mengecek langsung pendaftaran PPG Prajabatan Model Baru tahun 2022 melalui website resmi ppgprajab.simpkb.id pada situs tersebut terdapat 2 pilihan yaitu daftar peserta dan daftar sebagai Asesor. Namun, saat ini, pilihan pada peran menjadi peserta, belum dibuka sehingga Anda belum dapat memilih pada pilihan tersebut.

Kapan Pendaftaraan Peserta PPG Prajabatan Model Baru Tahun 2022?

Nah, bagi Anda yang penasaran kapan PPG Prajabatan 2022 akan dibuka bagi Peserta?

Pendaftaran dan pelaksanaan untuk menjadi peserta PPG Prajabatan Model Baru ini, diperkirakan akan dijadwalkan mulai bulan Agustus hingga Desember di tahun 2022 dalam waktu dua semester. Setelah, serangkaian proses PPG Daljab 2022 selesai. PPG Prajabatan Model Baru ini akan menyasar bagi guru baru TMT pada tahun 2020 hingga tahun 2022. Kuota yang disediakan untuk PPG Prajabatan Model Baru ini sekitar 45.590 peserta, tetapi bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca juga:   RESMI DIBUKA! Simak Syarat Pendaftaran dan Seleksi PPG Prajabatan Tahun 2022 Gelombang II

 

Jadi, PPG Prajabatan ditujukan agar guru-guru baru bisa langsung mendapatkan sertifikasi dan bisa menjadi PNS atau PPPK setelah mengikuti PPG Prajabatan ini. Hal tersebut juga memudahkan bagi guru-guru lama yang belum bersertifikasi, bisa mendapatkan kuota lebih banyak dalam PPG Daljab. Karena proses PPG Daljab ini dibuka dengan sistem kuota dengan mempertimbangkan TMT (Tanggal Mulai Tugas) Guru mengajar. Makanya dari itu, bagi guru-guru yang telah lama mengajar dan belum bersertifikasi harus sabar mengantri.

Pendaftaraan Asesor PPG Prajabatan Model Baru Tahun 2022

Tetapi, bagi Anda yang berminat menjadi Asesor PPG Prajabatan, sudah dapat mendaftar sekarang ini. Proses rekruitmen asesor ini akan dilakukan melalui pelatihan/sertifikasi Targeted Selection  Interviewer® (TSI®) oleh tim ahli independen yang diselenggarakan bertahap . Pelatihan akan  dilaksanakan secara daring pada bulan April s.d. Juli 2022 (jadwal akan diberitahukan  kemudian).

Anda bisa langsung mendaftar melalui SIMPKB pada tautan https://ppg-prajab.simpkb.id/pendaftaran, paling lambat tanggal 16 April 2022 pukul 23.59 WIB. Pendaftaran menjadi Asesor ditujukan bagi Dosen, Widyaiswara/ Widyaprada, Guru Penggerak, Pengawas Sekolah dan Praktisi Pendidikan atau Guru.

Baca juga:   Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan 2022

Namun, sebelum mendaftar, sebaiknya Anda memahami beberapa persyaratan yang harus dipenuhi baik persyaratan umum maupun persyaratan khusus. Persyaratan umum yang harus Anda penuhi untuk menjadi Asesor adalah sebagai berikut.

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. memiliki kualifikasi akademik minimal S-1/D-4;
  3. memilik akses internet yang stabil;
  4. mampu mengoperasikan aplikasi Google (Google Drive, Google Mail, dll.);
  5. mampu mengoperasikan aplikasi konferensi video (Zoom dan Google Meet); f. memilik komitmen, semangat perbaikan berkelanjutan, jiwa kolaborasi, dan terbuka  pada hal-hal baru;
  6. tidak sedang menjadi atau mengikuti Proses Rekrutmen Peserta/ Pengajar Praktik/  Pendamping/ Fasilitator dalam Program Guru Penggerak;
  7. tidak sedang menjadi atau mengikuti Proses Rekrutmen Kepala Sekolah Pelaksana  ataupun Pelatih Ahli pada Program Sekolah Penggerak;
  8. tidak berstatus sebagai asesor Program Guru Penggerak maupun asesor Program  Sekolah Penggerak; dan
  9. jika terpilih menjadi calon asesor, bersedia meluangkan waktu penuh selama 4 (empat)  hari kerja (Senin s.d. Kamis, pukul 08.00 17.00 WIB), untuk mengikuti proses  pelatihan dan sertifikasi asesor secara daring sesuai jadwal yang ditetapkan.
  10. Persyaratan khusus calon asesor menyesuaikan dengan asal unsurnya (sebagaimana  terlampir).

Demikian, informasi mengenai PPG Prajabatan Model Baru 2022, Semoga PPG Prajabatan Model Baru ini akan segera dibuka.

Download Syarat menjadi Asesor >>> Klik Disini<<<<


Sumber : Chanel Youtube Mas Guru

Penulis : (Zuzun/ZH)

 

 

 

 

 

Share :

Baca Juga

PPG

3 Jenis Mata Kuliah Ini Wajib Diambil Guru Dalam PPG Prajabatan Model Baru 2022

PPG

Anda Ingin Lulus Seleksi Akademik PPG Daljab, Hindari 3 Hal Ini

PPG

Ini Dia Bedanya PPG di Tahun 2022 Dengan PPG Sebelumnya

PPG

Breaking News ! Seleksi Akademik (Pretest) PPG Dalam Jabatan 2022, Ditunda

PPG

Alur PPG Pra Jabatan Model Baru 2022
tips lulus pendaftaran ppg dalam jabatan 2023

PPG

Tips Lulus Pendaftaran PPG Dalam Jabatan 2023, Apa Saja?

PPG

Hari Ini Terakhir Pengumpulan Berkas PPG Daljab Tahap 2 Tahun 2022. Ini Berkas yang Wajib Diupload!

PPG

Panduan Cara Pengisian dan Pengajuan Berkas Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahap 2 Tahun 2022