Home / PPG

Minggu, 1 Mei 2022 - 00:00 WIB

Berkas Disetujui Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan 2022 Tahap 2, Segera Lakukan Ini!

Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan 2022 Tahap 2– Sesuai jadwal, pengumuman Seleksi Administrasi PPG Daljab tahap 2, dilakukan pada tanggal 29 April 2022, hari ini. Pengumuman ini dapat dilihat melalui SIMPKB Anda masing-masing. Bagi Anda yang belum lolos, tak perlu berkecil hati karena masih ada kesempatan bagi Anda ikut PPG Daljab berikutnya. Sedangkan, bagi Anda dinyatakan lolos Seleksi Administrasi PPG Daljab, Anda harus melakukan beberapa langkah berikutnya lagi.

Langkah-langkah yang dilakukan Setelah Berkas Seleksi Administrasi Disetujui

Setelah, Berkas Anda telah disetujui dan dinyatakan lolos Seleksi Administrasi PPG Daljab 2022. Ada tahapan selanjutnya yaitu

1. Melihat Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi

Setelah, berkas Anda disetujui, nantinya Anda akan diberikan notifikasi pengumuman bahwa Anda dinyatakan lolos Seleksi Administrasi. Anda bisa mengeceknya pengumuman secara personal melalui SIMPKB/ SIMPPG Daljab Anda masing-masing. Dan bisa juga melalui data rekapitulasi pengumuman seleksi administrasi secara keseluruhan melalui laman ppg.kemendikbud.go.id. Cara melihat pengumuman hasil Seleksi Administrasi secara personal yaitu

  1. Kunjungi laman https://ppg.kemdikbud.go.id/
  2. Masuk atau login SIMPKB
  3. Isi alamat surel dan password Anda, kemudian klik Masuk
  4. Secara otomatis akan ada notifikasi pengumuman seleksi administrasi.

2. Update dan Lengkap Biodata 

Tahap selanjutnya, Anda akan diminta untuk melengkapi biodata diri. Saat notifikasi pengumuman lulus Seleksi Administrasi, terdapat petujuk untuk pemuktahiran data atau mengisi data mengenai Nomor Whatsapp, Pas photo, tautan ke akun belajar.id pada profil SIMPKB Anda. Tujuan pemuktahiran data ini adalah agar panitia mudah mengkoordinasi peserta PPG Daljab, khususnya ketika sesi koordinasi dengan pengawas untuk melakukan sesi uji coba/ gladi bersih sebelum pretest. Serta data pengisian tersebut akan muncul dalam kartu peserta Anda nantinya. Sehingga, Anda segera lakukan pemuktahiran data pada profil SIMPKB Anda.

Baca juga:   Pengumuman Resmi Hasil Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 Bagi Tahap 1 dan Tahap 2

3. Cetak Kartu Peserta PPG Daljab

Nantinya, panitia akan menentukan jadwal untuk pencetakan kartu peserta PPG Daljab. Kartu peserta tersebut akan berisi biodata diri Anda, pilihan prodi, jadwal pretest (per-sesi), dan link masuk grup whatsapp untuk koordinasi dengan pengawas Anda. Untuk itu, Anda perlu mengisi pemuktahiran data secara benar dan teliti.

Anda bisa mengunduh kartu peserta, jika di SIMPKB Anda sudah terdapat fitur Unduh Kartu Ujian, seperti pada gambar. Bagi Anda yang telah lolos seleksi administrasi PPG tahap 2, akan diminta mengunduh kartu ujian pada tanggal 16-17 mei 2022. Untuk itu, pantau SIMPKB Anda secara berkala.

4. Install Aplikasi Ujian Pretest

Pretest atau Seleksi Akademik akan dilakukan secara daring di tempat Anda masing-masing menggunakan aplikasi. Untuk itu, Anda diminta untuk mengunduh dan menginstal aplikasi SEB Ujian Seleksi Akademik. Untuk mengunduhnya, setidaknya Anda harus memiliki laptop dengan minimal sistem operasi Windows 8 dan diatasnya. Dan juga bisa diinstal di laptop dengan sistem OS yang biasa Anda temui di laptop jenis Macbook atau Apple. Tenang, bagi Anda yang merasa gaptek, sudah tersedia panduan mengenai tata cara menginstal aplikasi ujian ini. Ditambah, akan ada sesi uji coba aplikasi sebagai gladi bersih sebelum pelaksanaan pretest PPG Daljab. Sehingga, Anda tidak akan gugup dan lebih siap untuk mengikuti pretest nanti.

Baca juga:   Panduan Tata Tertib Peserta Ujian Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 Agar Tidak Didiskualifikasi

5. Belajar Kisi-Kisi Seleksi Akademik

Setelah, semua langkah-langkah persiapan sebelum ujian pretest telah Anda lakukan. Selanjutnya, Anda bisa belajar materi dan soal-soal berdasarkan kisi-kisi seleksi Akademik. Kisi-kisi soal akan memberikan Anda petunjuk mengenai apa saja yang harus Anda pelajari dan apa saja yang kira-kira akan keluar dalam soal. Soal yang diujian tidak akan jauh berbeda dari kisi-kisi yang diujikan. Demikian mengenai informasi tahapan setelah berkas Anda disetujui dan lolos seleksi akademik. Semoga Bermanfaat Sumber : Calon Guru (Kanjeng Mariyadi Ngawi) Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Ingin mendapatkan informasi mengenai pendidikan bisa langsung gabung melalui chanel telegram >>> https://t.me/gurubelajarmerdeka

(Zuzun/ ZH)

 

 

Share :

Baca Juga

PPG

5 Tips Jitu Agar Lulus Pretest PPG Dalam Jabatan 2022

PPG

Siap-Siap! Kabar Terbaru Mengenai PPG Prajabatan Tahun 2022 Akan Segera Dibuka
Inilah Jadwal dan Syarat Pretest PPG Daljab Kemenag 2022

Kenaikan Pangkat

Inilah Jadwal dan Syarat Pretest PPG Daljab Kemenag 2022

PPG

Panduan Tata Tertib Peserta Ujian Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 Agar Tidak Didiskualifikasi

PPG

Apa itu Syarat dan Tujuan Sertifikasi Guru Tahun 2022

PPG

Jadwal dan Prosedur Pelaksanaan Uji Coba Aplikasi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

PPG

Mengenal Apa itu PPG, Jenis dan Tujuannya

PPG

Breaking News! Resmi Jadwal Cetak Kartu Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahap 2 Tahun 2022
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.