Home / PPG

Rabu, 23 Maret 2022 - 01:57 WIB

Alur PPG Pra Jabatan Model Baru 2022

Alur PPG Pra Jabatan 2022PPG Pra Jabatan bisa diikuti oleh para mahasiswa yang berminat menjadi guru. Di mana PPG Pra Jabatan ini merupakan program pemerintah Indonesia, untuk memberikan pendidikan profesi guru, kepada pihak-pihak yang berminat untuk berprofesi sebagai tenaga pengajar di Indonesia.

Menurut laman PPG Kemendikbud, program PPG Pra Jabatan ini memang menyasar para mahasiswa yang telah lulus S1 atau D4, dengan ketentuan semua bisa jadi guru. Yaitu tiap sarjana yang telah mengambil ilmu dalam bidang pendidikan maupun non pendidikan. Hal ini seperti solusi, daripada semua mahasiswa yang menginginkan menjadi guru.

Ketentuan Mahasiswa PPG Pra Jabatan

Mahasiswa PPG Pra Jabatan wajib untuk mengikuti pendidikan selama satu tahun atau dua semester, dalam program pendidikan guru. Hal ini bertujuan untuk mendidik para peserta secara khusus. Di mana teknik dalam  penguasaan kompetensi sebagai seorang guru.

Jadi tiap mahasiswa yang tertarik menjadi guru, harus menambah masa belajarnya, yaitu mengikuti PPG Pra Jabatan selama satu tahun atau 2 semester, agar piawai dalam mengajar nantinya.

Panjangnya Alur PPG 2022

Tidak sedikit mahasiswa atau peserta PPG Pra Jabatan 2022 yang mengeluhkan tentang panjangnya alur, yang harus ditempuh untuk mengejar cita-cita menjadi seorang guru. Di mana guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa dan jika berhasil lolos seleksi CPNS, maka bisa memiliki gaji tetap dan berbagai tunjangan dari pemerintah Indonesia, di samping juga menawarkan gaji selama masa pensiun nanti.

Baca juga:   Ini Dia Penyebab Penundaan Seleksi Akademik PPG Daljab 2022

Alur Pendidikan Profesi Guru atau PPG Pra jabatan dengan model terbaru 2022, memang tidak kalah panjangnya dengan PPG dalam jabatan. Meskipun ada kesamaan hasil, yaitu sertifikasi.

Di mana PPG Pra Jabatan, ternyata memiliki perbedaan dengan PPG Dalam Jabatan. Namun keduanya tetap akan mendapatkan sertifikasi dan mempengaruhi gaji sebagai seorang guru nantinya.

Perbedaan PPG Pra Jabatan dan PPG Dalam Jabatan

Hal mendasar yang membedakan PPG Pra Jabatan dan PPG Dalam Jabatan adalah hanya dari segi pengkategoriannya saja. Di mana PPG Dalam Jabatan atau Daljab, peserta harus sudah mengabdi terlebih dahulu kepada instansi pendidikan. Yaitu dengan TMT pertamanya berada antara tahun 2015. Sementara untuk TMT yang  kedua, yaitu antara tahun 2016-2019.

Sementara untuk PPG Pra Jabatan, memang diperuntukkan bagi semuanya. Yaitu siapa saja yang berkeinginan menjadi guru. Di mana sudah mengabdi ataupun belum mengabdi sama saja. Semua boleh menjadi peserta PPG Pra Jabatan, dengan ketentuan TMT 2020-2022.

Alur PPG Pra Jabatan Terbaru 2022

Berikut susunan alur PPG Pra Jabatan terbaru 2022:

  1. Calon mahasiswa atu peserta PPG Pra Jabatan yang mendaftar, harus memenuhi beberapa persyaratan. Seperti memiliki ijazah S1 atau D4 dari universitas.
  2. Untuk peserta calon mahasiswa baru, harus melengkapi administrasi, seperti pas foto terbaru, scan KTP dan ijazah, transkrip S1, serta mengunggah CV atau Curriculum Vitae.
  3. Peserta lolos di tahap awal tes. Seperti tes pedagogical, pengetahuan dan penguasaan konten, kemampuan dasar literasi serta numerik.
  4. Peserta calon PPG Pra Jabatan juga harus lulus tes tahap akhir, yang meliputi tes psikologi dan wawancara.
  5. Peserta PPG Pra Jabatan yang lulus, wajib mengkonfirmasi kesediaannya di LPTK dan lokasi PPL.
  6. Pada tahap keenam, ada penetapan peserta yang dinyatakan lulus.
  7. Jika telah dinyatakan lulus, maka peserta PPG Pra Jabatan wajib lapor, terkait beberapa hal. Yaitu mengikuti pelaksanaan mata kuliah inti sekitar 18 SKS, pelaksanaan mata kuliah selektif sekitar 4 SKS, pelaksanaan mata kuliah efektif sekitar 4 SKS, pelaksanaan PPL sekitar 18 SKS, serta pelaksanaan seminar Pendidikan Profesi Guru atau PPG.
Baca juga:   Anda Ingin Lulus Seleksi Akademik PPG Daljab, Hindari 3 Hal Ini

 

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

 

Share :

Baca Juga

Guru Honorer

Juknis TPG 2022: Syarat dan Teknis Penyaluran Tunjangan Guru ASN
program besar

PPG

Bagaimana Tahapan Seleksi PPG Prajabatan Tahun 2022? Cek Di Sini!

PPG

Pengumuman Resmi Hasil Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 Bagi Tahap 1 dan Tahap 2

PPG

Apa itu Syarat dan Tujuan Sertifikasi Guru Tahun 2022

Kenaikan Pangkat

Ingin Naik Pangkat? Kenali Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Kelebihan serta Kekurangannya bagi PNS

PPG

Cara Instalasi Aplikasi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 Tahap 2

PPG

Breaking News! Resmi Jadwal Cetak Kartu Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahap 2 Tahun 2022

PPG

Breaking News ! Jadwal Pelaksanaan Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 Segera Dibuka Kembali
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.