Home / Kenaikan Pangkat / PPG

Jumat, 15 April 2022 - 18:39 WIB

Inilah Jadwal dan Syarat Pretest PPG Daljab Kemenag 2022

Inilah Jadwal dan Syarat Pretest PPG Daljab Kemenag 2022

Inilah Jadwal dan Syarat Pretest PPG Daljab Kemenag 2022

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kemenag akan segera mengadakan seleksi akademik atau pretest PPG Daljab Kemenag 2022. Prestest tersebut dijadwalkan terlaksana pada tanggal 22-27 April 2022.

Berdasarkan surat edaran Kemenag Nomor B-901/DJ.I/Dt. I.IV/HM.01/04/2022 yang diterbitkan pada 11 April 2022 lalu, disebutkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka percepatan Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan bagi seluruh guru PAI.

Terdapat beberapa hal yang disyaratkan untuk mengikuti pretest ini. Syarat untuk mengikuti pretest PPG Daljab Kemenag 2022 selengkapnya adalah sebagai berikut.

  1. Calon peserta merupakan guru yang terdaftar di akun SIAGA (https://www.siagapendis.com/login ) dan memiliki status data portofolio lengkap, status jadwal mengajar aktif, serta status guru belum sertifikasi.
  2. Calon peserta belum terdaftar sebagi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang lulus seleksi akademik pada tahun 2018 atau 2019.
  3. Calon peserta dapat mengikuti kegiatan secara daring sesuai domisili masing-masing pada tanggal 22 hingga 27 April 2022.

Agar dapat mempersiapkan diri dengan baik, guru dapat mengakses contoh soal pretest PPG Daljab Kemenag 2022 pada link ini atau link dua (soal arsip tahun sebelumnya).

Baca juga:   3 Jenis Mata Kuliah Ini Wajib Diambil Guru Dalam PPG Prajabatan Model Baru 2022

Sedangkan untuk informasi terbaru mengenai pretest PPG Daljab Kemenag 2022, guru dapat memantaunya langsung pada laman resmi Dirjen Pendis Kemenag (https://pendis.kemenag.go.id). Dan untuk materi ajar pendidikan agama Islam, dapat juga di unduh pada laman https://cendikia.kemenag.go.id/.

Sebagai informasi, program PPG Dalam Jabatan Kemenag merupakan salah satu kebijakan pemerintah untuk menyelesaikan sertifikasi guru. Hal ini sebagaimana yang terlampir dalam UU No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Pretest PPG Daljab Kemenag 2022 merupakan tes tahap awal yang perlu guru jalankan agar bisa mendapatkan sertifikat sebagai pendidik. Para tenaga pendidik yang telah memiliki sertifikat pendidik kemudian akan diberikan hak penuh atas tunjangan profesi guru sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Secara lebih rinci, sertifikasi pendidik memiliki tujuan untuk menetukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik profesional, meningkatkan proses serta hasil pembelajaran, meningkatkan kesejahteraan guru, dan meningkatkan martabat guru dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu.

Sedangkan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah program yang mengintegrasikan penyajian materi, workshop serta praktik lapangan yang diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan guru agar dapat menguasai kompetensi secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan hingga akhirnya dapat memperoleh sertifikat pendidik.

Baca juga:   Bingung Mau Ice breaking Apa? Yuk, Simak Beberapa Contoh Ice breaking yang Bisa Dilakukan oleh Guru

Sasaran dari program pendidikan profesi guru (PPG) pada lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) meliputi guru pada tingkat Raudlatul Athfal (RA),guru kelas dan guru bidang studi yang mengajar pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan mata pelajaran umum Madrasah Tsanawiyah (MTs), serta guru pada tingkat Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).

Selain itu, guru pendidikan agama dan guru mata pelajaran keagamaan pada satuan pendidikan keagamaan juga termasuk.

Demikian informasi mengenai  jadwal dan syarat pretest PPG Daljab Kemenag 2022. Dengan adanya informasi ini, semoga guru dapat mempersiapkan diri dengan maksimal, baik itu persiapan materi maupun fasilitas dan jaringan. Karena kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara daring.

SE Kemenag Pendaftaran Seleksi Akademik (pre-test) PPG PAI

Ingin mendapatkan pelatihan-pelatihan guru secara GRATIS? Jadilah bagian member e-guru.id dan Anda akan dapat mengakses pelatihan-pelatihan guru tiap minggunya. Klik LINK INI untuk mendaftar.

pelatihan guru

pelatihan guru

Penulis : Agriantika Fallent

Share :

Baca Juga

Kenaikan Pangkat

Benarkah Gaji Ke-13 Untuk PNS Akan Cair Mulai Bulan Juli?

Karya Inovatif

Manfaat makalah best practice untuk kenaikan pangkat

PPG

Siap-Siap! Kabar Terbaru Mengenai PPG Prajabatan Tahun 2022 Akan Segera Dibuka

Karya Inovatif

Karya Inovatif untuk Kenaikan Pangkat Guru

Kenaikan Pangkat

Penelitian Tindakan Kelas Untuk Naik Pangkat Guru : Pengertian, Teknik, Kriteria, dan Cara Penulisannya

PPG

Panduan Cara Pengisian dan Pengajuan Berkas Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahap 2 Tahun 2022

Kenaikan Pangkat

IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) : Guru Tidak Dibiarkan Sendiri

PPG

Pengumuman Resmi Hasil Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 Bagi Tahap 1 dan Tahap 2
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.