Home / PPG

Minggu, 24 April 2022 - 06:42 WIB

Anda Ingin Lulus Seleksi Akademik PPG Daljab, Hindari 3 Hal Ini

Seleksi Akademik PPG Daljab 2022 dilaksanakan daring berbasis domisili. Banyak peserta yang sudah mengikuti seleksi akademik PPG Daljab karena sudah dimulai sejak tanggal 9 April 2022. Nah tentu sudah menjadi harapan bagi setiap peserta agar bisa lulus seleksi akademiki ini. Karena memang seleksi akademik menentukan untuk lanjut atau tidaknya peserta ke tahap berikutnya.

Pelaksanaan seleksi akademik PPG Daljab 2022 kali ini dilaksanakan secara daring. Artinya, setiap peserta usahakan untuk selalu baik jaringan internetnya agar tidak menghambat jalannya ujian. Ujian seleksi akademik membutuhkan waktu sekitar 150 menit. Dengan kata lain, setiap peserta harus benar-benar memperhatikan kiranya data yang digunakan cukup untuk mengerjakan ujian hingga selesai.

Selain itu, pelaksanaan seleksi akademik ini begitu penting dan harus bisa lulus agar bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Kemudian, jika Anda sudah berulang kali mendaftar PPG Daljab namun belum lulus pada seleksi akademik di tahun sebelumnya, maka tahun 2022 ini menjadi penentuan yang sangat penting. Oleh sebab itu jangan lewatkan kesempatan baik ini.

Jika Anda ingin lulus seleksi akademik PPG Daljab 2022, maka jangan lakukan tiga (3) hal ini :

1. Mengabaikan Jaringan Internet

Jangan mengabaikan jaringan internet yang akan Anda gunakan. Karena jaringan internet sangat dibutuhkan guna menunjang keberhasilan pelaksanaan seleksi akademik PPG Daljab. Selain itu, jika Anda mengabaikan jaringan internet yang Anda gunakan tentu Anda tidak akan mengetahui apa yang bisa terjadi. Bisa saja terjadi misalnya listrik di sekitar Anda padam sehingga mengganggu jaringan internet Anda.

Baca juga:   RESMI DIBUKA! Simak Syarat Pendaftaran dan Seleksi PPG Prajabatan Tahun 2022 Gelombang II

Oleh sebab itu, Anda harus memiliki rencana lain atau menyediakan jaringan internet yang kiranya masih kuat ketika listrik padam. Memang biasanya banyak peserta yang menggunakan jaringin Wifi, akan tetapi ketika banyak yang menggunakan jaringan Wifi pasti akan menghambat jalannya ujian. Padalah waktu yang dibutuhkan hanya 150 menit, dan Anda harus bisa fokus mengerjakan soal dengan baik jadi usahakan Anda menggunakan internet yang maksimal dan selalu ada jaringan internet di manapun tempat berada.

2. Melanggar Aturan Tata Tertib

Aturan tata tertib sudah dibuat dan ditetapkan untuk diperhatikan dan dijalankan oleh setiap peserta. Ada poin penting bagi peserta jika ingin lulus yakni menghindari untuk tidak membagikan soal dan jawaban ujian kepada peserta lain. Karena sudah tertera jelas bahwa peserta akan menerima sanksi berat berupa diskualifikasi dan langsung dianggap tidak lulus. Jadi usahakan Anda perhatikan betul setiap aturan tata tertib yang sudah ada agar tidak ada satu poin pun yang Anda langgar. Aturan tata tertib ini sudah bersifat baku dan wajib dipatuhi oleh setiap peserta. Meskipun berbasis daring tentu dari sistem akan mengetahui siapa peserta yang melanggar aturan tata tertib.

Baca juga:   Inilah Jadwal dan Syarat Pretest PPG Daljab Kemenag 2022

3. Terlalu Banyak Waktu Berpikir

Waktu pengerjaan tes sekitar 150 menit. Waktu tersebut untuk mengerjakan kurang lebih 120 soal. Nah, jika ingin lulus hindari untuk terlalu banyak menggunakan waktu berpikir dalam mengerjakan setiap soal. Perhatikan waktu dan perkirakan waktu tersebut cukup untuk menyelesaikan setiap soal. Biasanya bagi orang yang perfeksionis begitu banyak waktu digunakan untuk berpikir sehingga untuk soal terakhir-terakhir bisa saja waktunya sedikit dan biasanya akan menjadikan gugup dan bisa jadi menjawabnya hanya asal. Selain itu, harus ada waktu juga untuk memperbaiki jawaban. Jadi usahakan untuk tidak terlalu banyak berpikir ya, ketika sudah yakin dan mantap dengan jawaban Anda maka langsung klik dan pilih saja. Dan Anda bisa mengerjakan soal yang berikutnya.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Dan semoga Anda termasuk peserta yang lulus seleksi akademik PPG Daljab tahun 2022.

Penulis : Gesti Rosdiana

 

 

Share :

Baca Juga

PPG

3 Jenis Mata Kuliah Ini Wajib Diambil Guru Dalam PPG Prajabatan Model Baru 2022

PPG

Guru Wajib Tau! Tips Menjadi Guru Kreatif dan Inspiratif

PPG

Cara Jawab Soal Pretest PPG Dalam Jabatan 2022, Ketika Tidak Tahu Jawabannya

PPG

Pengumuman Resmi Hasil Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 Bagi Tahap 1 dan Tahap 2

Kenaikan Pangkat

Ingin Naik Pangkat? Kenali Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Kelebihan serta Kekurangannya bagi PNS

PPG

Pengumuman Seleksi Akademik PPG Daljab 2022 Resmi Ditunda!
Teknik Belajar

PPG

PPG Dalam Jabatan Seleksi Administrasi Tahap 2 di tahun 2022 Telah Dibuka, Ini Syarat, Jadwal dan Cara Mendaftarnya!
Inilah Jadwal dan Syarat Pretest PPG Daljab Kemenag 2022

Kenaikan Pangkat

Inilah Jadwal dan Syarat Pretest PPG Daljab Kemenag 2022
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.