Home / PPG

Senin, 29 Agustus 2022 - 14:08 WIB

Guru Wajib Tau! Tips Menjadi Guru Kreatif dan Inspiratif

Saat ini menjadi guru kreatif sangat dituntut untuk perkembangan pendidikan di Indonesia, terlebih pasca pandemi seperti sekarang ini. Akan tetapi, tidak jarang untuk menjadi seorang guru kreatif para guru bingung harus mulai dari mana lagi.

Tenang saja dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa tips cara menjadi guru yang kreatif dan menginspirasi. Yuk kita langsung ke pembahasannya!

Perluas Wawasan

Di masa pasca pandemi seperti sekarang ini, para guru bisa menambah wawasan mereka dengan mengikuti beragam webinar dan pelatihan online. Tidak hanya itu saja, para guru juga bisa mempelajari hal baru yang sesuai dengan perkembangan zaman saat ini.

Misalnya seorang guru yang mengajar mata pelaharan bahasa Inggris, ia harus mengembangkan media pembelajaraannya sesuai dengan zamannya saat ini. Misalnya dengan menggunakan lagu bahasa Inggris yang hits saat ini.

Selanjutnya, seorang guru mengajarkan isi dari lagu tersebut kepada siswa supaya mereka bisa mengerti setiap makna dari kata-kata sulit yang ada di dalamnya. Cara ini terbukti menyenangkan dalam proses belajar mengajar.

Diskusi dan Lakukan Sharing Session dengan Guru Lainnya

Kami menganjurkan Anda sebagai guru untuk sering mengadakan sharing session dan diskusi, tujuannya adalah untuk berbagi pengalaman dengan beberapa bidang pelajaran dari guru lainnya. Sehingga, nantinya seorang guru bisa menemukan ilmu baru dan inspirasi baru dari pengalaman lainnya sesama guru.

Dari kebiasaan sederhana ini diharapkan dapat tercipta juga ide kreatif baru yang mungkin belum pernah ditemukan sebelumnya. Ide tersebut bisa membantu Anda untuk improve pada metode pengajaran dan pendidikan lainnya ketika proses belajar mengajar.

Catat Ide-Ide Kreatif dan Jangan Sampai ada yang Terlewatkan

Kami juga menyarankan pada guru untuk selalu membawa buku catatan, tujuannya untuk apa? Salah satu tujuannya adalah untuk mencatat setiap ide kreatif yang muncul dan jangan sampai terlewatkan untuk mencatatnya.

Ide bisa saja datang dari mana saja entah itu dari orang lain, buku, webinar dan pengalaman. Catatan ini nantinya digunakan sebagai pedoman bagi para guru dalam merealisasikan ide mereka, sehingga penting untuk dicatat sedetail mungkin, agar tidak lupa.

Jangan Malas Melatih Kreativitas

Jika Anda ingin menjadi guru kreatif dan menginspirasi, jangan malas untuk melatih kreativitas. Kenapa? Karena kreativitas perlu dilatih agar tidak hilang begitu saja dan tentu saja agar bisa terus berkembang juga.

Tapi, bagaimana cara melatih kreativitas guru? Salah satu caranya adalah dengan memainkan beberapa permainan yang membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi seperti bermain permainan sudioku, scrabble dan juga jenis permainan puzzle lainnya.

Baca juga:   PPG Prajabatan Model Baru dan Tata Cara Pendaftarannya

Tidak hanya itu saja, cara melatih kreativitas juga adalah dengan membuat suatu karya berdasarkan hobi masing-masing. Misalnya saja membuat beberapa bait pusi, lukisan dan lain sebagainya. Dengan rutin melatih kreitivitas, nantinya seorang guru akan lebih terbiasa berfikir kritis dan bisa dengan mudah menemukan solusi yang efektif disetiap permasalahan.

Jangan Takut untuk Melakukan Eksperimen

Tahukah Anda jika Anda menerapkan metode belajar mengajar yang itu-itu saja akan membuat siswa dan gurunya sendiri merasa bosan? Apabila sudah merasa bosan dengan satu metode tersebut, Anda bisa melakukan eksperimen metode lainnya dengan mengeksekusi beberapa metode dengan ide kreatif lainnya yang telah Anda pelajari dan catat sebelumnya.

Jangan takut untuk melakukan eksperimen dan jangan takut menemui kegagalan dikarenakan kegagalan bukan akhir dari segalanya. Jika memang gagal, Adan bisa belajar dan mengevaluasi dari kegagalan tersebut untuk melakukan perbaikan lagi ke depannya.

Tidak Menggurui, Tapi Belajar Bersama

Saat siapapun bisa mendapatkan beragam informasi yang ia butuhkan, berkat adanya internet juga jangkauan informasi semakin luas dan semakin mudah di akses bahkan sampai ke pelosok negeri. Sehingga, siapapun bisa belajar apapun dan mendapatkan pengetahuan.

Tidak menuntut kemungkinan siswa Anda juga akan mengetahui banyak hal dalam bidang tertentu dibanding dengan guru mereka sendiri. Maka dari itu, saat ini guru bukan lagi menjadi sumber informasi melainkan teman berdiskusi untuk siswanya.

Saat ini metode dengan cara menggurui bukan lagi metode yang tepat,melainkan sekarang yang paling efisien adalah metode belajar bersama. Saat ini guru dan siswa harus lebih banyak berdiskusi dan juga saling bertukar pikiran satu sama lainnya.

Salah satu cara menerapkan metode belajar bersama ini adalah dengan bertanya kepada siswa dan mendengarkan apa yang mereka ketahui. Hasilnya, Anda akan terkejut karena mungkin disetiap pertemuan akan menghasilkan kreativitas.

Dari hal tersebut juga, nantinya Anda akan menemukan beragam potensi yang ada pada siswa. Dari situlah Anda hanya tinggal mengarahkannya untuk mengembangkan potensi mereka. Metode ini menghadirkan Anda sebagai guru ditengah mereka dan mengajak mereka untuk berdiskusi, memberikan ia semangat dan menyakinkan bahwa apa yang ia ketahui ini bisa membantu mereka untuk menjadi kreaitf.

Berkolaborasi dengan Siswa

Tips yang berikutnya adalah berkolaborasi dengan siswa, jika Anda biasanya membagi siswa menjadi beberapa kelompok siswa. Sekarang saatnya dimana Anda membagi beberapa siswa yang membuat grup dengan beberapa guru.

Baca juga:   3 Dokumen Penting Dalam Pelaksanaan Ujian Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

Misalnya Anda berkolaborasi dengan siswa dalam pembuatan karya film pendek. Anda dan juga siswa bisa berakting bersama setelah beberapa siswa nantinya mencurahkan ide mereka dalam membuat film yang di dalamnya terdapat banyak pelajaran.

Ide yang dicurahkan siswa tersebut dihasilkan dari diskusi Anda dengan siswa dan mendengarkan apa yang ingin diutarakan siswa, sehingga bisa berkolaborasi dengan baik.

Jadikan Ruang Terbuka Media Pembelajaran

Jika selama ini siswa menganggap bahwa sekolah hanya tempat belajar satu-satunya. Maka tugas Anda adalah mengubah mindset tersebut dengan cara menjadikan ruang terbuka media pembelajaran.

Anda perlu melakukan beragam modifikasi bahwa tidak hanya sekolah saja tempat belajar, sesekali boleh berpindah ke ruangan terbuka untuk melakukan pembelajaran. Anda bisa menghubungkan setiap yang ada di alam dengan materi pembahasan.

Anda juga bisa memberikan contoh dengan memanfaatkan apa saja yang ada disekeliling tempat Anda berkumpul dengan siswa. Dengan begitu siswa bisa membawa ilmu dari sekolah ke mana saja setiap saat dan apa yang ada diluar sekolah juga bisa dipelajari di sekolah untuk bahan diskusi.

Menarik bukan?

Maksimalkan Penggunaan Internet

Sadarkah Anda bahwa saat ini banyak siswa menghabiskan waktu mereka di media sosial? Bahkan tidak hanya untuk mengisi waktu luang saja, media sosial saat ini juga seringkali digunakan sebagai alat komunikasi utama dan sumber informasi yang utama.

Dan para siswa juga lebih nyaman melakukan kegiatan browsing dengan memanfaatkan internet, sehingga mereka semakin asyik menjelajahi media sosial. Tugas guru dalam hal ini adalah hadir untuk mengarahkan mereka dalam memanfaatkan internet dan media sosial dengan baik dan tepat.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan mereka tantangan kepada siswa di media sosial. Anda bisa mengarahkan untuk membuat postingan menarik di status mereka masing-masing setiap harinya.

Jika ada perkembangan, Anda bisa membuat tantangan baru dengan mengajak mereka menuliskan sesuatu yang bermanfaat di postingan media sosial mereka selama 40 hari secara berturut-turut. Setelah cukup lama, Anda bisa meminta mereka untuk mengumpulkan tulisan tersebut dan mengubahnya menjadi buku yang bisa dicetak kapan saja.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(RAW)

Share :

Baca Juga

PPG

Pengumuman Seleksi Akademik PPG Daljab 2022 Resmi Ditunda!
Teknik Belajar

PPG

PPG Dalam Jabatan Seleksi Administrasi Tahap 2 di tahun 2022 Telah Dibuka, Ini Syarat, Jadwal dan Cara Mendaftarnya!

PPG

Breaking News ! Seleksi Akademik (Pretest) PPG Dalam Jabatan 2022, Ditunda

PPG

10 Tahapan Alur PPG Dalam Jabatan 2022

PPG

Anda Ingin Lulus Seleksi Akademik PPG Daljab, Hindari 3 Hal Ini

PPG

Mengenal Apa itu PPG, Jenis dan Tujuannya

PPG

Breaking News ! Pelaksanaan Pretest PPG PAI Kemenag 2022 Diundur, Ini Jadwal Terbarunya

PPG

Berita Terkini ! Ini Hasil Pengumuman Bagi Peserta PPG Dalam Jabatan Tahun 2022
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.