Home / PPG

Senin, 4 April 2022 - 14:39 WIB

Panduan Tata Tertib Peserta Ujian Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 Agar Tidak Didiskualifikasi

Tata Tertib Peserta Ujian Seleksi Akademik PPG Daljab 2022– Pelaksanaan Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022, sudah didepan mata. Tinggal beberapa hari lagi, Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 akan segera dilaksanakan. Untuk itu, bagi Anda, peserta PPG Dalam Jabatan diharapkan untuk bersiap dan menyiapkan beberapa hal untuk ujian seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022.

Sebelum pelaksanaan seleksi Akademik PPG Daljab 2022, sebaiknya Anda perlu membaca beberapa tata tertib agar Anda tidak melanggar aturan mengenai pelaksanaan ujian seleksi akademik PPG, karena jika Anda melanggar, Anda akan diberikan sanksi oleh panitia.

Sanksi tersebut dapat berupa sanksi ringan hingga sanksi beratnya yaitu didiskualifikasi dari pelaksanaan seleksi akademik dan tidak dapat melanjutkan tahap selanjutnya. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dan mematuhi aturan tata tertib pelaksanaan ujian seleksi akademik PPG Dalam Jabatan 2022.

Tata Tertib Ujian Seleksi Akademik PPG Daljab 2022

Berikut ini ada beberapa aturan tata tertib bagi Anda peserta ujian seleksi akademi PPG Daljab 2022, sebagai berikut.

Sebelum Ujian Dilaksanakan 

  • Anda sudah harus sudah harus memasang aplikasi ujian seleksi akademik PPG Daljab 2022 ke dalam laptop Anda. Bagi yang belum akan diberi sanksi, Anda tidak dapat ujian pada sesi tersebut.
  • Anda tidak boleh terlambat. Selambat-lambatnya 30 menit memasuki ruang Zoom sebelum pelaksanaan ujian.
  • Anda harus mengikuti ujian sesuai jadwal dan waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.
  • Anda harus mengenakan pakaian sopan dan rapi, dilarang menggunakan kaos.
  • Anda disarankan mencari tempat yang tenang, nyaman, dan dengan pencahayaan cukup tanpa ada orang lain saat akan mengerjakan ujian.

Saat Ujian Akan Dilaksanakan atau Dimulai

  • Anda harus memposisikan diri dengan jarak kurang lebih dua meter dari kamera Zoom di HP, agar tidak terlalu jauh dan terlalu dekat. Sedangkan untuk posisi HP berada di samping depan kanan atau kiri dari laptop Anda. Di atas meja Anda hanya diperbolehkan ada laptop, botol/gelas air minum transparan, obat-obatan pribadi (bagi peserta yang sedang sakit), kertas kosong, dan satu alat tulis. Laptop bersih dari kabel lain (kecuali kabel charger).
  • Anda juga harus mengikuti dan menaati pengawas dalam proses verifikasi dan selama pelaksanaan ujian. Proses verifikasi data, ruang, dan kepengawasan dilakukan dengan menggunakan aplikasi Zoom.
  • Apabila pada saat pelaksanaan ujian, tampilan peserta di aplikasi Zoom tidak sesuai petunjuk dan/atau aplikasi Zoom peserta mengalami masalah sehingga video tidak tampil di aplikasi pengawas, proses ujian dari peserta tersebut akan dihentikan untuk sementara waktu. Peserta akan diizinkan untuk melanjutkan ujian setelah kendala tersebut teratasi dalam waktu maksimal sepuluh menit. Apabila peserta tetap tidak bisa menampilkan videonya dalam batas waktu yang ditetapkan, maka ujian dihentikan dan peserta dinyatakan tidak lulus.
Baca juga:   Panduan Cara Pengisian dan Pengajuan Berkas Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahap 2 Tahun 2022

Pelaksanaan Ujian Sedang Berlangsung

  • Anda harus mengerjakan ujian secara mandiri dan tidak dibantu oleh orang/alat lain.
  • Selama mengerjakan ujian, Anda harus selalu fokus menghadap ke layar monitor dengan menampakkan 100% wajah pada laptop.
  • HP yang digunakan untuk Zoom disetting dalam posisi “hening” untuk panggilan telepon, dan unmute untuk zoom.
  • Anda tidak boleh berfoto atau mendokumentasikan bahkan menyebarluaskan soal seleksi berbasis Domisili dalam bentuk apapun.
  • Peserta dilarang melakukan kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan pelaksanaan UJI daring berbasis domisili selama pelaksanaan seleksi akademik calon mahasiswa PPG Daljab.
  • Anda dilarang meninggalkan tempat duduk yang terpantau oleh kamera HP. Bahkan Anda juga dilarang untuk  pergi ke toilet selama ujian berlangsung (silahkan lakukan sebelum dan/atau setelah ujian).
  • Anda dilarang makan dan/atau merokok pada saat mengerjakan ujian. Anda hanya diperbolehkan minum air putih dari botol transparan atau minum obat pada saat mengerjakan ujian (silakan siapkan terlebih dahulu).
  • Panitia/pengawas berhak menghentikan pelaksanaan UJI yang sedang berjalan untuk peserta (secara individu), jika ada peserta yang melakukan tindakan kecurangan atau melanggar ketetapan dan peraturan.
Baca juga:   Berkas Disetujui Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan 2022 Tahap 2, Segera Lakukan Ini!

Setelah Pelaksanaan Ujian Berakhir

  • Kemudian, Anda juga diminta untuk menunjukkan kepada pengawas terkait coretan-coretan yang ditulis di kertas kosong saat mengerjakan soal UP dan selanjutnya merobek coretan-coretan tersebut di hadapan pengawas
  • Peserta mengakhiri Ujian sesuai arahan pengawas.

Sanksi Bagi Pelanggar Tata Tertib Pelaksanaan Ujian 

Sedangkan, untuk sanksi. Ada beberapa kategori sanksi yang dikenakan bagi Anda yang ketahuan melanggar aturan tata tertib pelaksanaan ujian seleksi akademik PPG Dalam Jabatan.

Sanksi ringan

Sanksi ringan diberikan berupa peringatan dari pengawas. Sanksi ringan diberikan jika Anda lupa mematikan suara di zoom atau lupa meng-unmute. Serta, Anda tidak berpakaian kurang sopan dan rapi.

Sanksi Sedang

Bentuk sanksi sedang yang diberikan adalah Anda tidak dapat mengikuti sesi tersebut dan dinyatakan tidak lulus. 3 hal yang membuat Anda bisa mendapatkan sanksi sedang ini, yaitu Anda terlambat masuk di ruang Zoom saat ujian sudah mulai atau sedang berlangsung, Anda tidak memasang aplikasi saat ujian, Anda meninggalkan ruang ujian sebelum sesi waktu berakhir.

Sanksi Berat

Sanksi berat akan diberikan bagi Anda yang ketahuan menyimpan dan menyebarluaskan soal ujian kepada siapapun. Hal ini akan berakibat Anda akan dinyatakan tidak lulus dan didiskualifikasi sebagai peserta uji (dapat diproses hukum sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan)

Dengan membaca dan memahami tata tertib ujian serta sanksi yang akan dikenakan bagi Anda sebagai peserta ujian seleksi akademik PPG Daljab 2022. Harapannya, agar Anda selalu menyiapkan segala hal saat ujian serta untuk selalu berhati-hati saat pelaksanaan berlangsung.

Bagi Anda yang membutuhkan, Anda bisa unduh dokumen mengenai tata tertib ujian seleksi Akademik PPG Daljab 2022, atau bisa mengunduh melalui link ini >>>tata tertib ujian<<<

 

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

PPG

PPG Prajabatan Model Baru dan Tata Cara Pendaftarannya

PPG

Alur PPG Pra Jabatan Model Baru 2022

PPG

Jadwal dan Prosedur Pelaksanaan Uji Coba Aplikasi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

Guru Honorer

Juknis TPG 2022: Syarat dan Teknis Penyaluran Tunjangan Guru ASN

PPG

Guru Wajib Tau! Tips Menjadi Guru Kreatif dan Inspiratif
Teknik Belajar

PPG

PPG Dalam Jabatan Seleksi Administrasi Tahap 2 di tahun 2022 Telah Dibuka, Ini Syarat, Jadwal dan Cara Mendaftarnya!

PPG

Berita Terkini ! Ini Hasil Pengumuman Bagi Peserta PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

PPG

Guru Wajib Tahu! 16 Perbedaan PPG Guru : PPG Mandiri, PPG Daljab dan PPG Prajabatan
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.